Dunia Digemparkan Dengan Industri Penyamakan Kulit Ular Di Cirebon

Banyak industri dan pengrajin yang saat ini bermunculan seperti halnya industri penyamakan kulit ular kobra di Cirebon yang baru-baru ini menggegerkan dunia.

Industri seperti ini memang sangat menjanjikan untuk digeluti, karena banyak barang yang bahan dasarnya dari kulit, banyak diminati dan identik dengan nilai yang cukup tinggi.

Setiap hari industri ini memantai ratusan ular dan empedunya diambil, ular-ular tersebut diambil kulitnya dengan cara yang cukup brutal, para pekerja menyebutnya sebagai pembantaian. Usaha ini setiap harinya mendapatkan pasokan ular dari berbagai daerah, juga dari lingkungan sekitarnya.

Biasanya industri penyamakan kulit di Cirebon ini mengekspor hasil produksinya dalam bentuk kulit mentah. Selain kobra, beragam jenis ular juga diterima para perajin ini, bahkan juga ular sanca kembang yang keberadaannya saat ini dilindungi.

Miris melihat ular-ular itu terus diburu untuk kepentingan sendiri, memang benar produk-produk yang berbahan dasar kulit memang menjadi primadona. Akan tetapi, jika industri seperti ini terus berjalan tanpa ada pengendalian takutnya akan merusak ekosistem yang ada, karena bagaimana pun juga, ular merupakan predator utama hama seperti tikus. Memusnahkan ular, berarti membiarkan hama semakin berkembangbiak dan tidak terkendali.