Spekulasi Umpetin Teroris Buronan, Pria Asal Aceh Ini Ditahan

Petugas imigrasi Malaysia mencegah 12 WNI yang hendak berkunjung ke Suriah. Salah satu dari mereka diduga terlibat menyembunyikan buronan terorisme Dulmatin dan Umar Patek.

Dari 12 WNI yang ditahan, kini  sembilan orang diantaranya sudah dipulangkan ke daerah masing- masing pada 19 dan 20 Desember 2014. Dan tiga WNI lain masih dimintai keterangannya secara mendalam oleh penyidik di Brimob Kelapa Dua, Depok.

“Yang namanya Muhamad Shibghotulloh masih diproses karena terkait kejahatan yang dulu, yang bersangkutan menyembunyikan Dulmatin dan Umar Patek,” kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie, Rabu (24/12/2014).

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jendral Badrodin Haiti mengatakan selain terlibat menyembunyikan Dulmatin dan Umar Patek, MS diduga terlibat dalam pelatihan militer di Ambon. Dan meskipun begitu, Badrodin belum bisa memastikan dugaan keterlibatan MS terkait kelompok Islamic State Iraq Syria (ISIS).

Muhamad Shibghotulloh sendiri diketahui merupakan bekas narapidana kasus perampokan Bank CIMB Niaga Medan pada 2010. Dugaan saat itu perampokan yang dilakukannya untuk aktifitas pendanaan gerakan teroris atau faiq.

Kelompok Islamic State Iraq Syria ini memang perlu diwaspadai karena tindakan mereka yang tidak berperikemanusiaan. Jadi tidak heran jika saat ini banyak negara- negara yang was-was dengan kelompok ini. Seperti yang dilakukan petugas imigrasi di Malaysia, mereka memeriksa setiap orang yang hendak menuju ke Suriah untuk mengidentifikasi dugaan keterlibatan dengan jaringan terorisme.