Kronologi Lagak Mahasiswi Tasik Libas Penjambret Di Jalanan, Bandit Dibekuk

Aksi kejahatan jalanan kembali marak. Namun tidak semua bandit berhasil menaklukkan korbannya. Di Tasikmalaya, ada seorang mahasiswi bernama Citra (22) yang melawan penjambret hingga tertangkap dan babak belur.

Herman, ayahanda Citra, menceritakan kronologi kejadian tersebut Kamis (11/12/2014), Sebab Citra masih  istirahat belum dapat diwawancarai setelah sempat cedera pasca insiden tersebut.

Saat itu, Citra baru saja mengambil uang di ATM dekat Jl RE Martadinata, Tasikmalaya, sekitar pukul 16.30 WIB, hari Sabtu (6/12). Di perjalanan menuju arah pulang, Citra mulai merasa ada motor yang mengikutinya. Motor Suzuki Satria 150 cc itu berisi dua pria.

Di tengah jalan, tiba-tiba pria itu menjambret tas Citra. Mahasiswi Universitas Siliwangi tersebut spontan mengejar penjambret sambil berteriak. Aksi kejar-kejaran pun terjadi.

“Sempat ketemu lampu merah arus juga padat, terus penjambret belok kiri, terus dikejar. Kemudian di dekat apotek arus kendaraan padat, motor jambret jadi melambat, di situ kendaraannya ditendang Citra, sempat oleng tapi nggak jatuh,” papar Herman.

Sadar kekuatan tendangannya tidak bisa merobohkan motor, Citra yang pernah belajar taekwondo ini nekat menabrakkan motor matik putihnya ke motor si jambret. Braakk! Motor bandit pun roboh.

“Orang yang mengemudikan motornya jatuh. Sementara yang diboncengnya kabur lewat gang, Penjambret sempat menuding Citra sebagai pelaku tabrak lari, namun langsung ditimpali oleh sang mahasiswi dengan teriakan ‘jambret!’, cerita Herman.

Warga sekitar membantu menangkap jambret tersebut. Sempat terjadi aksi main hakim sendiri sebelum akhirnya si jambret dibawa ke pos polisi terdekat untuk diamankan kepolisian.

Aksi berani Citra ini menuai pujian dari berbagai pihak. Kita tidak boleh takut dan pasrah ketika kita mengalami masalah atau kejadian tindak kejahatan. Setidaknya kita meminta pertolongan kepada warga sekitar dan tidak menghakimi, tetapi diserahkan kepada pihak yang berwajib.

Meski demikian, tidak semua bandit bisa dilawan. Untuk itu para korban kejahatan harus selalu waspada. Semoga kejadian ini membuat pelajaran untuk kita untuk selalu waspada akan situasi dan kondisi dimanapun kita berada.