Lagi, Gempa 6,7 SR Hantam Halmahera Barat, Tak Berpotensi Tsunami

Halmahera barat kembali dilanda Gempa terjadi pukul 17.10  itu berlangsung 5 detik dan dirasakan sangat kuat.

“Gempa ini dirasakan 5 detik. Sangat kuat,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Saat terjadi gempa, masyarakat langsung berhamburan keluar. BNPB menjelaskan gempa 6,7 SR itu, tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Dalam sepekan ini Halmahera Maluku Utara tercatat mengalami 2 kali guncangan yang Hebat. Pertama tanggal 15 November 2014, terjadi gempa dengan kekuatan 7,3 SR di perairan Maluku Utara. Pusat gempa berada di laut, 132 kilometer sebelah barat laut Halmahera Barat, Maluku Utara.

Dan hari ini, gempa kembali terjadi dengan skala 6,7  SR yang berpusat di 115 km barat laut Halmahera, atau tepatnya di laut Maluku Timur dan gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Dalam sejarahnya, Halmahera telah tercatat berulang kali mengalami gempa. Gempa yang berpotensi tsunami terbesar diantaranya terjadi tahun 1858 dilaporkan gempa 7,4 SR dan 1932 dengan perkiraan kekuatan 8,3 SR.

Indonesia memang tergolong wilayah yang rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami.  Bahkan sepekan ini Halmahera telah mengalami gempa 2 kali. Meskipun gempa itu tidak berpotensi tsunami, kita harus selalu berwaspada dan bersiaga untuk menghadapi gempa susulan yang kemungkinan akan terjadi.