Ajaib, 202 “Gigi” Tumbuh di Gusi Anak Asal India

Mengherankan, itulah kata yang pas untuk peristiwa yang aneh ini. Di India, seorang gadis cilik berusia 7 Tahun memiliki 202 “gigi” yang tertanam dalam gusi.

Gadis kecil yang tinggal di kawasan Gurgaon, India ini, awalnya mengeluh nyeri dan bengkak di gusinya. Sempat dikira akan tumbuh gigi, namun setelah diperiksa ternyata ratusan gigi dengan berbagai varian ukuran tertanam di gusi tersebut.

Menurut dokter Ajoy Roychoudary, kepala bedah mulut dan maksilofasial di All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), New Delhi ratusan gigi yang tumbuh tersebut diakibatkan Compound Odontama, sebuah tumor kompleks yang memunculkan jaringan akar gigi secara tidak beraturan dan penyakit ini terbilang langka.

“Biasanya kami mendapatkan hanya beberapa gigi saja, namun pada pasien anak tersebut ditemukan sekitar 202 gigi. Kami sadar tugas utama kami adalah untuk menyingkirkan semua ‘gigi’ itu,” ungkap Dr Ajoy Roychoudhary.

Selepas operasi yang berlangsung selama 2 jam itu, kini kondisi si anak telah membaik dan sudah mampu untuk mengunyah makanan dengan normal.

Tanpa kita sadari penyakit itu membahayakan nyawa kita. Jangan pernah menganggap remeh sesuatu hal yang tidak wajar, seperti halnya bocah pemilik 202 gigi di India, yang awalnya hanya mengeluhkan nyeri dan bengkak di bagian gusi, seletah di periksa ternyata sebuah penyakit tumor yang langka.