Guncangan Gempa Manado Runtuhkan Hotel Lion

Guncangan gempa berkekuatan 7,3 skala richter di Halmahera, Maluku Utara dirasakan warga di Manado, Sulawesi Utara. Guncangan gempa juga membuat kerusakan pada bangunan Hotel Lion.

Tembok hotel yang berada di Jalan Piere Tendean No 19, Boulevard Manado ini mengalami kerusakan dan reruntuhan tembok menimpa mobil yang terparkir, Sabtu (15/11/2014).

Reruntuhan batu bata berserakan, sementara kanopi hotel juga rusak. Personel polisi sudah berada di lokasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara Noldy Liow sebelumnya mengaku mendapat laporan kerusakan di Hotel Lion. Namun BPBD masih melakukan pendataan terkait dampak gempa.

Data terkini dari BMKG, gelombang tsunami terdeteksi di Manado dengan ketinggian 0,03 meter.

Prakirawan Gempa Stasiun Meteorologi, BMKG Sulut Nur Fitriani mengatakan, masyarakat harus tetap waspada walau gempa sudah melewati masa kritis.

Daerah di Sulut, termasuk Manado, sempat ditetapkan dalam status Siaga Tsunami. Daerah-daerah yang terancam di antaranya Manado, Sanghie, Bolsel, dan Minahasa Utara.

BMKG masih terus melakukan pantauan setelah gempa yang menimpa kota Manado. Karena itu sebaiknya warga yang beraktivitas di dalam maupun luar ruangan harus tetap waspada dengan datangnya gempa susulan.