Bertemu 8 Dubes Susi Tanpa Penerjemah

Hampir dua pekan dilantik menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti langsung didatangi sejumlah duta besar negara sahabat. Hingga hari ini, terhitung 8 Duta Besar (Dubes) negara sahabat telah menemuiĀ  Susi.

Saat bertemu dengan 8 Dubes tersebut, Susi aktif berbicara menggunakan bahasa Inggris tanpa dipandu penerjemah.

“Ibu sangat lancar berbicara bahasa Inggris saat pertemuan dengan 8 Dubes. Termasuk yang terakhir dengan Dubes Amerika Serikat (AS), tanpa penerjemah,” ungkap salah satu pegawai di Kementerian Kelautan dan Perikanan di kantornya, Kamis (6/11/2014).

Tidak hanya dengan para Dubes, bahasa Inggris sering digunakan Susi saat rapat internal dengan para pejabat KKP. Pegawai tersebut menilai bahasa Inggris Susi sangat lancar.

“Sangat lancar bahasa Inggris. Bahkan kalau bertemu media dan konferensi pers, Ibu selalu menggunakan bahasa Inggris,” imbuh pegawai itu.

Percakapan Susi yang sering menggunakan bahasa Inggris juga sering terdengar oleh seluruh media yang meliput aktivitasnya di kantor pusat KKP.

Seperti makan siang antara Susi dan 6 Dubes pada Selasa (4/11/2014), Susi terdengar menggunakan 100% bahasa Inggris sebagai media komunikasi. Kemudian saat konferensi pers berlangsung, Susi masih menggunakan bahasa Inggris meskipun mayoritas media yang hadir adalah media lokal.

Sosok menteri seperti Susi yang dibutuhkan di Indonesia. Yang terpenting saat ini adalah orang – orang hebat dan berpengalaman. Semua mampu dilakukan susi karena sudah terbiasa, seperti Susi menumui duta besar dari negara sahabat tanpa harus didampingi penerjemah Susi mampu berkomunikasi dengan lancar.