Messi Antar Barca Lolos 16 Besar Dengan Dua Gol

Pada pertandingan yang berlangsung di Amsterdam ArenA, Kamis (6/11/2014) dinihari WIB, Ajax dan Barca sama-sama tampil dengan formasi 4-3-3. Kedua tim juga tampil dengan garis pertahanan tinggi, membuat beberapa serangan balik menjadi sangat berbahaya.

Tampil di hadapan pendukung sendiri, Ajax tampak nyaman menekan pertahanan Barca. Ajax mengandalkan Lucas Andersen di sisi kiri dan Anwar El-Ghazi di sisi kanan untuk melakukan penyerangan ke dalam kotak penalti Barca. Pada menit ke-18, Andersen mendapatkan peluang, namun sepakan masih melenceng tipis di sebelah kanan gawang Barca.

Serangan Barca belum berakhir, pada menit ke-36, Sebuah umpan lambung dilepaskan kepada Marc Bartra yang berada di dalam kotak penalti Ajax. Bartra memenagi perebutan bola dengan Cillessen yang maju meninggalkan gawangnya dan melepaskan umpan lambung. Umpan lambung tersebut kemudian disambut Messi. Melalui sundulan Messi gawang Ajax pun bobol dan kedudukan menjadi 1-0.

Ketika tengah berusaha mengejar ketertinggalan, Ajax harus bermain dengan 10 pemain setelah Joel Veltman mendapatkan kartu merah. Veltman mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-70 setelah melakukan pelanggaran terhadap Messi.

Pada menit ke-74, pelatih Barca, Luis Enrique, memasukkan Pedro Rodriguez untuk menggantikan Neymar. Di menit ke-76, Pedro yang berdiri tidak terkawal di sisi kiri menerima bola sodoran dari Messi. Pedro kemudian mengembalikan bola kepada Messi yang masuk ke area di depan gawang Ajax. Messi menerima bola dari Pedro dan membobol gawang Ajax untuk kedua kalinya. Barca unggul 2-0.

Berkat kemenangan di laga ini Barca lolos ke babak 16 besar Liga Champions. El Barca kini duduk di urutan kedua Grup F dengan nilai 9, tertinggal satu angka di belakang Paris Saint-Germain yang menempati puncak klasemen.

Melalui laga ini Messi tidak hanya mengantarkan Barca lolos ke babak 16 besar Liga Champions, tetapi juga mengantarkan Messi untuk menyamai rekor Raul Gonzalez. Dan usaha Messi pun berhasil lewat laga ini Messi mampu mencetak dua gol dan menyamai rekor Raul Gonzalez sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions.