Blusukan Jokowi Sebagai Presiden ke Sinabung, Bagikan Kartu Tabungan Elektronik

Joko Widodo melakukan blusukan perdana sebagai Presiden dengan mengunjungi tempat pengungsian korban letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera pada Rabu (29/10).

Pengungsi Sinabung tersebar di tiga posko, dan ketiga posko tersebut yaitu Posko Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Jl Kutacane, Kabanjahe, GBKP Asrama Kodim Kabanjahe, dan Gedung KNPI Kabanjahe, rencananya akan dikunjungi Presiden Jokowi.

Tujuan kedatangan Jokowi ialah untuk memberikan bantuan tabungan dengan penggunaan kartu elektronik.

Menurut Sekretaris Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Bambang Widianto, pemberian bantuan kepada para pengungsi akan tercatat seperti penerima bantuan langsung, sementara kartu elektronik tersebut berfungsi sebagai saldo yang dapat dicek melalui telepon seluler.

“Korban Sinabung yang masih tetap sebanyak 3.284 jiwa atau 1.018 kepala keluarga (KK) itu sudah dipadatkan di hanya 12 titik dari 16 lokasi selama ini,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkatnya, Minggu 26 Oktober lalu.

Para pengungsi berharap Jokowi memberikan masa depan yang lebih baik bagi para pengungsi. Sistem pemberian bantuan kepada pengungsi Sinabung ini diharapkan menjadi model bagi pemberian bantuan warga miskin lainnya. Sedangkan untuk pencairannya, antara lain dapat melalui penarikan melalui mesin anjungan tunai mandiri atau penyaluran melalui sejumlah toko waralaba atau kantor pos.

Semoga para pengungsi semakin lebih baik dengan bantuan tabungan yang diberikan, dan lebih efektif dengan bentuk kartu elektronik ini.

Dan pendapat pengungsi, bahwa kedatangan Jokowi merupakan harapan besar bagi masa depan mereka.