Serba-Serbi Perayaan Idul Fitri Di Tahun 2016 Yang Lebih Istimewa Dibanding Tahun Kemarin

Tidak disangka-sangka, hari raya Idul Fitri segera dirayakan oleh seluruh umat islam di seluruh dunia. Tentu hal ini sangat di nanti – nanti, mulai dari berita mudik sampai aturan THR terbaru banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Berikut beberapa informasi seputar lebaran yang berbeda dari tahun sebelumnya:

1. Lebaran dilakukan serempak
Kalau dihitung berdasarkan kalender masehi, tanggal 1 Syawal ini selalu jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2000 lalu, umat Islam merayakan Idul Fitri sebanyak dua kali: di bulan Januari dan Desember. Hal ini akan terjadi lagi di sekitar tahun 2035 dan 2036. Untuk tahun ini, Idul Fitri jatuh pada hari Rabu tanggal 6 Juli 2016 dalam kalender Masehi dan tanggal 1 Syawal 1437 dalam kalender Hijriyah.

2. Ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 2016
Menjelang hari raya, kumpulan kata ucapan selamat lebaran Idul Fitri 1437 H bertebaran dimana-mana karena hari raya tidak hanya dijadikan ajang bertemunya keluarga besar dari berbagai daerah untuk melakukan silaturahmi sesuai dengan tuntunan aplikasi perintah agama islam, namun juga mengirim ucapan selamat idul fitri kepada teman yang jauh di sana melalui SMS, BBM, email, atau medsos lainnya.

Di Indonesia sudah terbiasa mendengar atau berucap Minal Aidin Wal Faizin yang kemudian disambungkan dengan kalimat ‘Mohon maaf lahir dan batin’. Seolah-olah Minal Aidin Wal Faizin mempunyai arti mohon maaf lahir dan batin. Tidak jelas asal muasal tradisi ucapan ini, namun sebenarnya secara harfiah Minal Aidin Wal Faizin berarti ‘Semoga Anda termasuk orang-orang yang kembali (ke jalan Tuhan) dan termasuk orang yang menang (melawan hawa nafsu)’.

Disebutkan bahwa ucapan berbahasa Arab ini tidak pernah diucapkan di Arab. Bahkan tidak ada hadis atau ayat yang menjelaskan tentang kewajiban umat muslim mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin. Sebaliknya para Imam besar, seperti Imam Hanafi, Syafi’i dan Hanbali, umat Islam dianjurkan untuk mengucapkan kalimat lain. “Diperbolehkan menyampaikan ucapan selamat Taqabbalallahu Minna wa Minkum atau semoga Allah menerima ibadah kita semua dan Anda,” dikutip dari buku Rahasia Puasa Menurut 4 Mahzab karangan Thariq Muhammad Suwaidan. Atau juga ‘Taqabbalallahu minna wa minka’ menurut riwayat Khalid bin Ma’dan.

3. 5 Film Indonesia siap sambut libur lebaran
Lima film Indonesia meramaikan libur lebaran tahun ini, yaitu Sabtu Bersama Bapak (Maxima Pictures), I Love You From 38.000 Feet (Screenplay Film), Koala Kumal (Kharisma Starvision ), Jilbab Traveller: Love Sparks ini Korea (Rapi Films) , dan Rudy Habibie (MD Pictures). Libur hari raya termasuk ditunggu-tunggu pembuat film, mengingat masa Lebaran orang akan lebih leluasa secara ekonomis.

4. PT Kereta Api Indonesia menawarkan 14.088 tiket promo selama masa Lebaran 2016
Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro dalam konferensi pers di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (29/1/2016) menjelaskan untuk menambah antusiasme masyarakat menggunakan moda transportasi KA sebagai pilihan mudik dan balik memberikan program ‘Promo Mudik Lebaran 2016 dengan jumlah total kursi promo sebanyak 14.088 kursi.

Edi mengatakan promo mudik Lebaran 2016 untuk 14.088 kursi yang berlaku untuk pemesanan mulai 30 April sampai dengan 17 Juli 2016. Terdapat 40 kereta yang disiapkan untuk kursi promo Lebaran, di antaranya Argo Bromo Anggrek (Stasiun Surabaya Pasarturi-Gambir), Bima (Stasiun Malang Gambir), Turangga (Stasiun Surabaya Gubeng-Bandung), Gajahwong (Stasiun Lempuyangan Yogyakarta-Pasar Senen) dan lainnya.

“Tiket promo ini tidak dapat ditunda atau diganti dan dibatalkan serta tidak dapat digabung dengan reduksi atau diskon lainnya,” katanya. Dia mengatakan pihaknya juga menyediakan 22.360 tiket tambahan per hari untuk 38 perjalanan yang bisa dipesan mulai Sabtu (30/4/2016) pukul 00.00 WIB. Total jumlah kursi yang disediakan Lebaran tahun ini, yaitu 217.364

5. Aturan THR karyawan terbaru
Tunjangan Hari Raya atau yang biasa kita sebut dengan THR, menjadi salah satu hal yang mungkin sangat ditunggu bagi setiap tenaga kerja/buruh di Indonesia. Pada dasarnya, setiap perusahaan berkewajiban untuk membayarkan THR bagi setiap pegawainya, karena jika tidak maka perusaahaan akan dikenakan denda sebesar 5% dari total THR yang seharusnya dibayarkan untuk setiap pegawainya. Terdapat beberapa perbedaan pada aturan THR sebelumnya dengan aturan THR terbaru yang berlaku sejak Maret 2016.

Yaitu jika pada tahun sebelumnya, seorang pekerja/buruh yang akan mendapat THR diwajibkan untuk bekerja minimal 3 bulan secara terus menerus terhitung dari hari pertama masuk kerja, pada peraturan baru yang sekarang hanya diperlukan 1 bulan secara terus menerus terhitung dari hari pertama masuk kerja. Apabila masa kerja masih kurang dari 12 bulan (1 tahun) sebelum tanggal jatuhnya Hari Raya, maka Tunjangan Hari Raya (THR) yang akan diterima akan dihitung secara proporsional, dengan penghitungan: (Masa kerja (dalam bulan) / 12) x Upah selama 1 bulan

6. Tol-tol baru yang siap dipakai mudik 2016
Musim mudik Lebaran tahun 2016, pemudik di Pulau Jawa bakal memiliki banyak pilihan alternatif jalur mudik. Selain telah beroperasinya Jalan Tol Cikopo-Palimanan, sejumlah ruas tol baru di pulau terpadat ini juga mulai bisa dilewati. Menurut data Direktorat Jenderal Bina Marga, total ada 95 km Jalan Tol baru di Pulau Jawa baik yang telah beroperasi maupun yang berstatus fungsional bisa digunakan pada musim mudik lebaran nanti.

Berikut rincianya:
Pejagan-Pemalang/Tegal Barat di Provinsi Jawa Tengah telah beroperasi sepanjang 26 km,
Bawen-Salatiga di Provinsi Jawa Tengah siap fungsional 17,57 km,
Solo-Kertosono di Provinsi Jawa Tengah siap Fungsional 10 km
Surabaya-Mojokerto di Provinsi Jawa Timur telah beroperasi 18 km
Kertosono-Mojokerto/Mojokerto Barat-Mojokerto Utara di Provinsi Jawa Timur telah beroperasi 5 km
Gempol-Pasuruan/Rembang di Provinsi Jawa Timur siap fungsional 13 km
Cinere-Jagorawi Seksi II Raya Bogor-Kukusan siap beroperasi 6 km

7. BI siapkan Rp 6,2 Triliun untuk penukaran uang Idul Fitri 2016
ank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau menyiapkan Rp 6,2 triliun dalam berbagai pecahan untuk persiapan Idul Fitri 1437 Hijriyah, Juli 2016. Adapun perkiraan kebutuhan uang tunai saat Ramadhan tahun ini mencapai Rp 2,8 triliun.
“Kita perkirakan meningkat Rp 400 miliar dari tahun sebelumnya,” kata Kepala BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra dalam acara buka bersama di Kantor BI, Selasa (14/6).
Menurutnya dari segi komposisi kebutuhan pecahan, kemungkinan ada perubahan. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau. Ia proyeksikan terjadi kenaikan 10 persen di tiap pecahan.

“Tahun ini BI juga bekerjasama dengan BPR. Sehingga lebih banyak pilihan masyarakat untuk tempat penukaran uang. Dengan begitu diharapkan tidak terjadi antrean panjang,” kata Kepala BI Kepri, Gusti Raizal Eka. Hal senada diungkapkan Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kepri, Uzersyah. Menurutnya, pengembangan kerjasama ini juga bertujuan untuk meminimalisir risiko perdagangan uang. Serta mengurangi biaya penukaran, karena masyarakat bisa memilih bank terdekat dari tempat tinggal.

Begitulah kabar-kabar mengenai lebaran Idul Fitri yang akan kita rayakan di bulan Juli. Untuk libur lebaran, dimulai tanggal 4 Juli hingga 8 Juli menurut kalender. Selamat menikmati libur lebaran tahun 2016, dan selamat dalam perjalan mudik hingga tiba ketempat tujuan kalian.