Press "Enter" to skip to content

Sederet Fakta Atraktif Dalam Turnamen EURO 2016 di Prancis

Comments

Tahun ini pagelaran paling bergengsi antar negara di Benua Biru sedang berlangsung. Kompetisi empat tahun sekali ini akan berlangsung pada bulan Juni hingga Juli di Paris, Prancis. Adapun sederet fakta menarik mengenai EURO 2016 yakni :

1. Bertambahnya jumlah tim yang bertanding
Bertambahnya jumlah tim yang bertanding
Sejak pagelaran Euro 1996, ada 16 tim yang ikut berpartisipasi di turnamen sepak bola terbesar di Eropa ini dan untuk pertama kalinya, piala EURO akan diperebutkan oleh 24 tim dengan 6 grub yang berbeda.

2. Perancis menjadi tuan rumah terbanyak selama piala EURO hingga saat ini
Perancis menjadi tuan rumah terbanyak selama piala EURO hingga saat ini
Euro 2016 merupakan Euro ketiga yang diselenggarakan di Perancis setelah Euro edisi 1960 dan 1984. Prancis mendapat kehormatan kembali menjadi tuan rumah Piala Eropa setelah berhasil mengalahkan Italia dan Turki. Dalam proses voting, Perancis mendapat 43 poin, sementara Turki mendapat 38 poin dan Italia 23 poin. Perancis dan Turki pun maju ke babak final, dan Perancis mengungguli Turki dengan perolehan suara 7 berbanding 6. Perancis pun resmi menjadi tuan rumah Euro 2016.

3. Logo, Slogan, Maskot, dan Bola yang menarik

Logo, Slogan, Maskot, dan Bola yang menarik
Logo merupakan hal yang sangat penting. Tema yang diusung logo Euro 2016 adalah “Merayakan seni sepak bola.” Logo ini menampilkan trofi Henri Delaunay yang nantinya akan diberikan pada tim juara. Trofi ini mengandung unsur warna biru, putih, dan merah yang merupakan warna bendera nasional Perancis, yang dikelilingi dengan campuran bentuk dan garis yang mewakili berbagai gerakan seni dan elemen sepak bola yang berbeda.

Slogan Euro 2016 adalah Le Rendez-Vous yang sudah sangat jelas artinya merujuk pada fakta bahwa Perancis akan menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya.

Maskot EURO 2016 yang bersemangat yaitu Super Victor. Nama Super Victor dapat dijelaskan dari victor yang mengacu pada kata ‘victory’ (kemenangan), dan super mengacu pada kekuatan supernya. Super Victor menjadi maskot berbentuk manusia keempat yang dijadikan maskot Euro.

Bola EURO 2016 adalah Adidas Beau Jeu, yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 12 November 2015 oleh mantan bintang Perancis, Zinedine Zidane. Beau Jeu memiliki arti “permainan yang indah.”

4. Belanda tidak lolos di babak kualifikasi piala Eropa 2016

Kegagalan Belanda menuju Euro 2016 ini menjadi yang pertama bagi tim Orange sejak tahun 1984. Hal ini dikarenakan pasukan The Orange menuai hasil buruk di babak kualifikasi piala Eropa 2016. Selama babak kualifkasi,Belanda hanya mampu mengoleksi 13 poin dari 10 laga yang dimainkan oleh tim Orange.

5. Gibraltar ikut babak kualifikasi untuk pertama kalinya

Gibraltar ikut babak kualifikasi untuk pertama kalinya

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Gibraltar turut bertanding di ajang EURO. Wilayah persemakmuran Inggris yang berada di pantai selatan Spanyol ini telah resmi menjadi anggota UEFA sejak Mei 2013 lalu. Meskipun tidak terdengar nama-nama jagoan dari tim sepakbola Gibraltar, namun keikutsertaannya di ajang EURO 2016 adalah sebuah lompatan besar yang patut diapresiasi.

6. Harga Tiket EURO 2016
Harga Tiket EURO 2016
Harga termurah untuk mendapatkan tiket Piala Eropa 2016 adalah 25 euro (sekitar Rp 368.000) dan tersedia untuk 43 dari 51 pertandingan. Sementara harga tiket termahal untuk laga final adalah 895 euro.

7. Stadion yang megah dan canggih

Stadion yang megah dan canggih

Sebagai tuan rumah, Prancis tidak ragu merogoh kocek hingga 1,6 miliar euro, atau sekitar Rp 23,9 triliun untuk membangun dan merenovasi stadion di 10 kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan EURO 2016. Deretan stadion baru yang ramah lingkungan dibangun di kota Lille, Nice, Bordeaux, dan Lyon. Sedangkan stadion di kota Marseilles, Paris, Saint-Etienne, Lens, dan Tolouse direnovasi secara besar-besaran. Stadion baru dilengkapi dengan sistem energi terbarukan dari panel matahari. Adapun untuk stadion lama yang direnovasi, ditambahkan sistem drainasi air hujan yang lebih baik untuk kemantapan berpijak saat bertanding di bawah hujan.

Kini telah memasuki babak perempat final dimana 8 tim yang lolos yaitu Polandia akan melawan Portugal, Wales melawan Belgia, Jerman melawan Italia, dan Prancis melawan Islandia.