Sederet Fakta Mistis Yang Mengiringi Kesuksesan Film The Conjuring 2, Bikin Merinding !!

The Conjuring 2 merupakan ‘sequel’ dari film horror The Conjuring (2013) yang disutradari James Wan, yang kembali lagi menangani film ini. Kali ini Ed dan Lorraine Warren kembali di film ini, yang seperti film sebelumnya, membawa ciri khasnya yaitu cerita yang berdasarkan kisah nyata. Kali ini kisah yang dibawa merupakan Enfield Haunting atau Amytville of England, yang bercerita tentang teror yang dialami oleh keluarga Hodgson. Kisah nyata tersebut tentang sebuah keluarga yang dihantui di rumah mereka sendiri. Berikut beberapa fakta menarik yang terkuak dibalik kisah film The Conjuring 2:

1. Kasusnya sempat mengguncang Inggris tahun 1977-1979.

Kisah horror dari keluarga Hodgson dimulai pertama kali pada Agustus 1977 di kediaman mereka di 284 Green Street, London Utara. Janet dan adiknya Johnny pertama kali mendengar suara aneh di dalam kamar tidur mereka sebelum akhirnya mereka menemukan lemari mereka yang bergerak sendiri. Mulai saat itu dan seterusnya, mereka mulai dihantui secara terus menerus. Tidak hanya polisi yang mengunjungi rumah mereka pertama kali yang menjadi saksi mata, namun Maurice Grosse, seorang peneliti paranormal juga mengalami beberapa kejadian aneh selama di rumah ini. Dia bahkan sempat membuat beberapa rekaman terkait kejadian paranormal di rumah itu. Tetangga mereka juga turut merasakan kejadian aneh yang terjadi di rumah itu. Vic, melihat sendiri lego terbang sendiri dan menghantamnya secara tiba- tiba. Peggy juga mengalami beberapa kejadian seperti pintu yang terbuka secara sendirinya maupun toilet yang berbunyi sendiri. Bahkan adik dari Peggy Hodgson juga pernah melihat kejadian aneh, seperti saat dia menemui salah satu dari ponakannya yang tertidur diatas perabotan rumah dengan kaki yang terangkat ke tembok. Tidak hanya itu, anak ketiga Peggy Hodgson yang bernama Janet sering memperlihatkan perilaku aneh dan kerap berbicara dengan suara seorang laki-laki tua.

2. Kasus ini menjadi kasus paranormal paling banyak didokumentasikan dalam sejarah

Saking fenomenalnya, kasus fenomenal tersebut hingga sampai ke telinga Roz Morris, jurnalis
BBC, kemudian ia meliputnya. Kasus tersebut menjadi fenomenal lantaran diselidiki oleh sejumlah pakar dan media. Banyaknya foto dan rekaman audio dari penyelidikan tersebut membuat peristiwa Enfield disebut sebagai kasus paranormal yang paling banyak didokumentasikan dalam sejarah. Dikatakan oleh fotografer Graham Morris, dia sendiri tak menyangka jika perjalanannya ke Enfield kala itu akan membuat cerita ini dikenal di seluruh dunia. Morris sendiri adalah fotografer yang mengabadikan foto Janet, anak perempuan Peggy Hodgson yang dirasuki iblis, dalam posisi melayang. Foto tersebut telah menyebar luas dan membuat kasus supranatural di Enfield ini menjadi terkenal.

3. Mengapa Janet?

Banyak yang bertanya, mengapa Janet? Ketiga saudara Janet lainnya memang mengalami hal- hal mistis juga, namun tak sekuat apa yang dialami Janet. Rupanya, aktivitas poltergeist bisa dibilang akan mengingatkan pada seseorang yang akan masuk pada kedewasaan. Dan memang, Janet baru saja mendapat menstruasi untuk pertama kalinya dua bulan setelah hal-hal mistis dimulai. Pada siklus tersebutlah puncak seseorang mudah didekati arwah jahat.

4. Hantu Bill Wilkins

Seperti dalam film, di kisah nyata Janet juga sering dirasuki oleh orang tua bernama Bill Wilkins. Dari rekaman sesungguhnya, sama seperti di film, Wilkins berbicara lewat Janet dan menyatakan “Just before I died, I went blind, and then I had a hemorrhage and I fell asleep and I died in the chair in the corner downstairs.” Anak dari Bill, Terry Wilkins pun mengkonfirmasi bahwa ayahnya memang meninggal seperti itu. Dari rekaman lain yang berisi percakapan lain dengan Wilkins, Grosse memintanya untuk mengetok dua kali untuk menyatakan iya setiap pertanyaan yang diberikan. Wilkins mengetok dua kal ketika ditanya apakah dia laki laki yang pernah tinggal disini, menyatakan kebenaran itu. Dia juga mengatakan bahwa dia meninggal sekitar lebih dari 50 tahun lalu dan di rekaman asli ini dia menyatakan bahwa dia tidak memiliki pesan khusus untuk keluarga Hogdson namun hanya senang ‘mempermainkan’ mereka. Dia bahkan menolak untuk pergi ketika diminta. Dalam kejadian nyata, roh lain bernama Stuart sering menggunakan Janet untuk menyampaikan pesan, juga untuk bermain knock-knock, dikatakan bahwa Stuart melakukan itu untuk ‘mengisengi’ keluarga mereka. Janet menyatakan bahwa suara yang dikeluarkan darinya sebenarnya tidak berasal darinya namun berasal dari belakang lehernya, seperti ada seseorang yang berbicara di belakangnya. Bahkan dia tetap bisa berbicara walau saat mulut Janet sengaja dimasuki air. Biar begitu, banyak yang tidak percaya kepada Janet dan Grosse yang masih mengatakan bahwa hal tersebut bisa saja dilakukan, layaknya ventriloquists. Namun Grosse menyatakan bahwa mustahil Janet bisa mengeluarkan suara seperti itu secara konstan selama berjam jam tanpa merusak pita suaranya.

5. Paranormal Ed dan Lorraine Warren

Tokoh utama dalam film, yaitu pasangan suami istri, Ed dan Lorraine Warren juga mendapatkan beberapa rekaman suara ini. Banyak diantara yang juga dapat dilihat di featurette yang terdapat di akhir film, beberapa dapat dilihat di video diatas. Sama seperti di film, Lorraine mengatakan bahwa keluarga ini sangat membutuhkan bantuannya. Bahkan Janet yang asli mengatakan bahwa kejadian kejadian yang terjadi benar benar sangat mengancam nyawanya, bahkan jika dia sekarang mengalami kejadian seperti dulu lagi, mungkin itu akan membunuhnya. James Wan pun banyak berdiskusi tentang kasus yang dihadapi dengan Lorraine Warren. Lorraine kini masih hidup setelah ditinggal lebih dulu oleh sang suami, Ed. Kasus yang diangkat dalam ‘The Conjuring 2’ menjadi kasus supranatural terberat yang pernah dihadapi oleh pasangan itu.

6. Lukisan sosok setan berwujud biarawati benar adanya

Dalam film, sosok iblis berwujud biarawati ditampilkan dalam bentuk lukisan. Dalam peristiwa
nyata, lukisan itu benar adanya. Wan bersama penulis skenario Chad dan Carey Hayes kemudian memasukkan simbol lukisan itu ke film. Lukisan tersebut digambar oleh Ed Warren sebelum diminta menangani kasus supraranatural yang dialami keluarga Hodgson.

Meskipun beberapa adegan dibuat lebih artistik untuk kepentingan film, sebagian besar cerita filmnya sangat akurat, begitu ungkapan Lorraine. Dan hasilnya film The Conjuring 2 ini pun berhasil menduduki puncak box office diseluruh dunia dengan pendapatan sekitar 300 milyar hanya dalam satu pekan.