Press "Enter" to skip to content

7 Fakta Terkait Gedung Baru KPK Yang Menakjubkan Publik

Comments

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya meresmikan gedung barunya yang berjarak sekitar 500 meter dari gedung lama. Peresmian yang dilakukan pada Selasa, 29 Desember 2015 tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo bertepatan dengan ulang tahun ke-12 KPK. Berikut fakta mengenai gedung baru KPK :

1. Gedung lama KPK sudah tidak dapat lagi menampug jumlah pegawai lembaga anti korupsi tersebut sehingga KPK memutuskan untuk membuat gedung baru. Tercatat saat ini KPK memiliki lebih dari 1.000 orang pegawai.

2. Gedung baru KPK dirancang dengan konsep smart building, green building, dan secure building diatas lahan seluas 8.663 meter persegi.

3. Gedung baru KPK ini menggunakan pendingin dan listrik yang jauh lebih hemat karena menggunakan sensor gerakan manusia yang ada di dalam gedung sesuai dengan konsep smart building. konsep smart diwujudkan dengan penggunaan sistem keamanan terintegrasi berupa kamera pengawasan, pengontrolan terhadap akses masuk, manajemen pengaturan pengunjung, dan pengawasan berkeliling, serta mampu mengendalikan semua aktivitas peralatan utama dan penunjang di dalam gedung. Konsep ini menjadi contoh bagi yang lain dalam hal membuat gedung yang efisien terhadap penggunaan listrik dan tenaga surya.

4. Konsep green building diwujudkan dengan mengedepankan penghematan penggunaan energi, misalnya penggunaan air hujan untuk keperluan toilet dan penyiraman tanaman. Air hujan tidak akan mengalir di gedung merah-putih tersebut karena adanya resapan.

5. Gedung baru KPK memiliki pengamanan yang ketat. Seperti konsepnya, yakni secure building, gedung tersebut hanya dapat dimasuki oleh orang-orang yang berkepentingan. Ruang pemeriksaan yang berada di lantai dua memiliki 70 ruangan khusus. Setiap terperiksa yang tengah diperiksa di satu ruangan tidak dapat mengakses ruangan lain.

6. Di samping gedung baru KPK terdapat penjara untuk para koruptor. Kapasitas penjara sebanyak 50 orang, 40 orang untuk koruptor pria dan 10 ruang untuk koruptor wanita. Fasilitas yang berada dalam ruang tahanan tidak akan jauh berbeda dengan yang ada sebelumnya, sepeti lemari, tempat tidur, dan exhaust fan.

7. Biaya yang dikeluarkan oleh KPK untuk membuat gedung barunya menggunakan dana anggaran pendapatan dan anggaran belanja negara (APBN) sebesar Rp 315,15 miliar. Gedung baru KPK terdiri dari 16 lantai.

Gedung baru KPK tersebut akan beroperasi dengan penuh mulai Maret 2016 nanti. Warga Indonesia berharap semoga dengan segala fasilitas gedung baru itu bisa meningkatkan kinerja KPK di masa mendatang dan bermanfaat dalam hal positif.