10 Pesta Kembang Api Yang Spektakuler Menyambut Tahun Baru 2016

Malam pergantian tahun baru 2016, dilakukan dengan beragam cara oleh masyarakat di belahan dunia. Mulai dari pesta kembang api, berkumpul bersama keluarga, makan bersama dengan teman, hingga berekerasi ke tempat yang sudah disepakati. Banyak masyarakat yang menanti di malam pergantian tahun yang ditandai dengan pesta kembang api. Berikut pesta kembang api spektakuler di dunia :

1. Dubai

Dubai
Malam pergantian tahun telah usai dan dirayakan seluruh dunia tidak terkecuali dengan Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. Burj Khalifa menjadi tuan rumah tahunan dari pesta kembang api malam tahun baru sekaligus menasbihkannya menjadi yang paling glamor dan megah. Kembang api akan dipasang setiap lantai hingga puncaknya di menara tertinggi di dunia dengan sensasi seperti api percikan api yang berjalan dari bawah menuju puncak. Karena tingginya menara tersebut kembang api yang diluncurkan dari Burj Khalifa bisa dilihat dari jarah puluhan kilometer. Selain Burj Khalifa ada juga di Palm Jumeirah dan World Islands, suatu kawasan pulau buatan yang ada di tengah laut kota Dubai yang dibangun menyerupai pohon palem dan peta dunia. Dari sanalah sekitar 479.000 kembang api akan diluncurkan secara bersamaan yang menghasilkan pemandangan malam yang sangat terang dengan warna-warni ceria. Percik api tersebut kian nampak indah jika dilihat dari ketinggian yang mana akan membentuk pulau itu sendiri.

2. Sydney, Australia

Sydney, Australia
Letak geografisnya yang ada di belahan bumi sebelah timur membuat Sydney menjadi salah satu daerah yang akan mengalami tahun baru paling awal. Jutaan orang pada akhir Desember hingga Awal Januari dini hari akan berkumpul di sepanjang kawasan Sydney Opera House, Harbor dan Bridge. Banyak traveler yang camping di sekitar lokasi hanya agar mendapatkan posisi terbaik untuk menyaksikan peluncuran kembang api spektakuler.

3. London, Inggris

London, Inggris
London selain sebagai ibukota Inggris juga menjadi pusat perayaan malam tahun baru di negara tersebut. Setiap tahun kawasan wisata di sepanjang sungai Thames selalu dipadati ratusan ribu pengunjung dari berbagai daerah di dunia. Pemandangan terbaik yang menjadi pusat kerumunan turis antara lain di kawasan Big Ben dengan kembang api yang diluncurkan dari London Eye, sebuah bianglala raksasa dan salah satu yang tertinggi di dunia.

4. Beijing, China

Beijing, China
Dari stadion sarang burung yang ada di kota Beijing pada akhir tahun menjelang tahun baru selalu diadakan pertunjukan kembang api. Pemilihan stadion sarang burung sebagai lokasi peluncuran kembang api bukan tanpa alasan. Selain memiliki arsitektur yang unik, jejak kembang api yang dihasilkan dari sudut-sudut stadion tersebut memang super keren.

5. Paris, Prancis

Paris, Prancis
Sebagai kota mode sekaligus kota paling romantis, Paris di Prancis memiliki cara sendiri dalam menyambut tahun baru. Bertempat di kawasan Menara Eiffel, kembang api akan diluncurkan dari masing-masing tingkat menara. Warna-warni bunga api di udara akan menerangi menara Eiffel dengan anggunnya. Acara tersebut menjadi salah satu yang paling mengesankan dengan latar belakang landmark paling tersohor di dunia yang dikunjungi puluhan juta turis setiap tahunnya.

6. Jakarta, Indonesia

Jakarta, Indonesia
Setiap akhir tahun kawasan Monemen Nasional (Monas) selalu dipadati pengunjung yang antusias menyambut tahun baru dan pesta kembang api. Sebelum pertunjukan kembang api dimulai pada tengah malam, pengunjung yang datang ke lapangan Monas terlebih dahulu akan dihibur oleh artis-artis ibukota serta band-band tanah air. Saat malam pergantian tahun barulah kembang api yang diluncurkan dari seputaran Monas akan menghiasi langit malam Jakarta dengan warna-warni dari kembang api.

7. Rio de Janeiro, Brazil

Rio de Janeiro, Brazil
Malam tahun baru di Brazil warga dan wisatawan menyaksikan kembang api spektakuler sambil berendam di pantai Copacabana, Rio de Janeiro. Sebanyak 30 ribu kembang api dinyalakan di pesta tersebut. Semuanya diangkut 11 kapal tongkang yang parkir sejajar di sepanjang pantai. Parade yang berlangsung 16 menit tersebut menghabiskan tidak kurang 24 ton kembang api.

8. New York, Amerika Serikat

New York, Amerika Serikat
Perayaan megah saat tahun baru di Times Square kota New York, berawal sejak tahun 1904 hingga saat ini masih menjadi salah satu ikon perayaan tahun baru termegah di dunia. Dengan festival kembang api membuat suasana meriah dan menjadi malam yang indah untuk menyambut tahun baru. Tidak hanya kembang api, saat memasuki malam hari, new year’s eve ball berukuran jumbo yang memancarkan sinar gemerlap akan dibawa ke atas Times Square untuk menambah euforia malam tahun baru.

9. Singapura

Singapura
Singapura menyambut 2016 saat ribuan orang berkumpul di Marina Bay untuk merayakan Tahun Baru. Marina Bay Singapore Countdown menggelar bermacam kegiatan seperti pesta kembang api, pertunjukan proyeksi cahaya di bagian depan Fullerton Hotel, Marina Waterfront Bazaar dan lain-lain. Pesta kembang api menakjubkan selama delapan menit mengantar rakyat negeri itu memasuki 2016 dengan semangat baru yang positif. Kembang api menghiasi udara Marina Bay selama penghitungan kedatangan 2016 dan orang yang merayakan dapat melihat kembang api dari lokasi lain di teluk tersebut.

10. Taipei, Taiwan

Taipei, Taiwan
Pesta kembang api luar biasa diadakan pada malam pergantian tahun. Pesta kembang api paling spektakuler di Taipei, setiap tahunnya diadakan di Gedung Taipei 101. Gedung pencakar langit yang memiliki 101 lantai ini berada di Distrik Xinyl, Kota Taipei, Taiwan. Menjulang 508 meter, Taipei 101 menjadi gedung tertinggi di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. Acara Tahun baru sudah menjadi acara tahunan yang diakan besar-besaran di Taiwan. Bermacam kembang api terpancar dari gedung tersebut memberi kesan menyala yang indah.

Perayaan malam pergantian tahun di berbagai negara dilakukan dengan cara yang berbeda – beda, namun pasti meriah dan membuat bahagia dengan harapan baru ditahun yang baru pula. Selamat tahun baru 2016 semoga lebih baik lagi dari tahun – tahun sebelumnya.