7 Fakta Yang Perlu Kamu Tahu dari Sosok Lemmy Kilmister, Legenda Band Metal Motorhead

Industri musik dunia kembali berduka dengan kehilangan salah satu musisi heavy metal terbaik, Lemmy Kilmister. Lemmy selama ini dikenal sebagai punggawa di grup band Motorhead yang mengusung aliran heavy metal dan hard rock. Berikut fakta yang perlu kamu tahu tentang sosok Lemmy Kilmister :

1. Kelahiran dan Kematian Lemmy Kilmister
Lemmy Kilmister lahir di Staffordshire, Inggris pada malam natal, 24 Desember 1945, pria bernama asli Ian Freser Kilmister itu seakan sudah tahu bahwa takdirnya adalah musisi metal sejati. Ikon metal dunia itu meninggal pada Senin (28/12/2015) di usia 70 tahun, setelah lelah berjuang melawan kanker dan penyakit komplikasi lain di tubuhnya. Salah satunya adalah penyakit hematoma atau penggumpalan darah di luar pembuluh darah akibat rusaknya dinding pembuluh darah.

2. Awal Menjadi Musisi
Kenangannya menonton The Beatles manggung di Cavern Club pada 1961, semakin menjadi pemicu baginya untuk menjadi seorang musisi. Tetapi tidak semudah itu karena perjalanan Lemmy jatuh bangun.

3. Pernah Gabung Di Beberapa Band
Sebelum mendirikan Motorhead, Lemmy Kilmister sempat bergabung dengan beberapa band yakni The Rockin’ Vickers (1966) ia muncul dalam single yang dibawakan oleh Rockin’ Vickers. Cover dari lagu Band Who yang berjudul It’s All Right itu sangat buruk, namun permainan gitar solo Lemmy mengagumkan. Pada 1967, dirinya lebih dulu bergabung dengan grup The Jimi Hendrix Experience sebagai kru. Kemudian Lemmy bergabung dengan Sam Gopal (1968), bernyanyi dan memainkan lead gitar untuk lagu Escalator. Band ini diambil dari nama pria kelahiran Malaysia, Sam Gopal, yang memainkan tabla India sebagai pengganti drum. Lemmy kemudian diminta untuk bergabung dengan band Hawkwind yang berbasis di London dan bermain sebagai basis  sebuah instrumen yang tidak pernah ia mainkan sebelumnya pada tahun 1972. Grup band ini berhasil menelurkan hits Silver Machine. Hawkwind mencapai kesuksesan besar bersama Lemmy, namun tingkah lakunya menjadi semakin tidak menentu. Dia ditahan di perbatasan Kanada karena membawa obat-obatan yang dipercaya sebagai kokain. Tidak lama setelah ditahan, Lemmy dibebaskan namun Hawkwind memecatnya. Lagu terakhir yang ditulis Lemmy untuk band tersebut adalah Motorhead.

4. Pendiri Band Motorhead
Awalnya Lemmy bertemu dengan gitaris Larry Wallis dan Lucas Fox untuk membentuk band bernama Bastard. Nama tersebut dirasa kurang membawa keberuntungan dan sering menjadi alasan penolakan banyak acara. Karena itu, Lemmy pun mengubah nama band tersebut menjadi Motorhead yang berasal dari salah satu lagu ciptaannya dulu ketika bersama Hawkwind. Formasi ini kemudian mencetak album debut Motorhead bertajuk ‘On Parole’ yang memuat sembilan lagu bermuatan rock tanpa ampun. Larry Wallis dan Lucas Fox hanya bertahan satu tahun, mereka diganti oleh Eddie Clarke dan Phil Taylor. Di formasi kedua ini Motorhead gemilang di kancah metal dunia. Lagu paling ikonik dari band ini adalah Ace of Spades. Lagu ini adalah lagu yang sempurna. Lirik lagu, tempo, dan riff yang membombardir. Kualitas vokal Lemmy saat itu sudah lebih kuat. Posisi gitaris terus berganti tapi Lemmy dan drummer Phil Taylor terus pasang badan untuk Motorhead. Sampai akhirnya kematian yang memisahkan mereka semua, Phil Taylor meninggal dunia lebih dulu, tepatnya pada November 2015 dan disusul Lemmy Kilmister pada 28 Desember 2015. Lemmy Kilmister, adalah satu-satunya orang di dunia yang bertanggung jawab atas 23 album Motorhead dari 1976 sampai 2015.

5. Bekerjasama Dengan Banyak Musisi
Lemmy terkenal banyak bekerjasama dengan musisi lain. Dia pernah nulis lagu berjudul “R.A.M.O.N.E.S” untuk band Ramones. Bareng Ozzy, Lemmy juga diajak menulis lagu buat album Ozzy, “No More Tears”. Beberapa lagu yang ia buat adalah “Hellraiser”, “Desire” dan “I Don’t Want to Change the World” and the single “Mama I’m Coming Home.” Lemmy juga pernah berkolaborasi dengan rapper Ice T di lagu “Born To Raise Hell”.

6. Penggemar Janet Jackson
Lemmy ingin sekali membuat cover version dari lagu “Black Cat”, tetapi pihak label Sony tidak memberikan izin. Lemmy juga pernah mengatakan ia suka banget dengan lagu tersebut dan ingin rekaman bersama Janet Jackson bawain lagu “Black Cat”.

7. Hubungan Lemmy Kilmister dengan Sepak bola
Lemmy mengaku tidak menyukai sepakbola dan lebih menggemari olahraga rodeo. Meskipun demikian ternyata Lemmy yang lahir di Stoke-on-Trent, kota asal Stoke City, memiliki keterkaitan erat dengan dunia sepakbola. Ayah tiri Lemmy, George Willis, yang dinikahi Ibunda Lemmy kala usia sang bintang rock berusia 10 tahun ini berprofesi sebagai pesepakbola. George Willis diceritakan aktif bermain sepakbola pada medio 1940-an hingga 1950-an. Namun ada hal lain yang lebih mengejutkan dibandingkan fakta bahwa ayah tiri Lemmy adalah seorang pesepakbola.  Pada 2006, Lemmy bersama bandnya Motorhead memutuskan untuk menjadi sponsor penuh sebuah klub sepakbola usia muda Greenbank FC. Greenbank FC sendiri adalah sebuah tim asal timur Inggris tepatnya di North Hykeham yang merupakan bagian dari East Midlans. Greenbank berlaga Lincoln Sunday Football League atau kompetisi amatir usia muda di daerah Lincolnshire. Pasca didanai oleh Lemmy, terjadi perubahan besar dalam tim tersebut. Jersey mereka mulai berwarna hitam-hitam seperti warna khas Motorhead. Kemudian mereka juga memiliki maskot baru yaitu Snaggletooth yang terinpirasi dari logo Motorhead. Dan setiap Greenbank memasuki lapangan dalam sebuah laga, lagu Ace of Spades akan berkumandang di udara. Yang menjadi alasan Lemmy bersama Motorhead mau mendanai Greenbank FC yakni manajer tim, Gary Weight yang sudah lama mengenal Lemmy, karena pernah menjadi Tour Manager Motorhead pada medio 1980an. Selain itu Lemmy terinspirasi klub sepakbola usia muda lain, yaitu Maiden Youth. Maiden Youth adalah sebuah kesebalasan U-10 yang berasal dari London Timur dan berlaga di liga Essex.

Selamat jalan Lemmy Kilmister semoga diterima disisi Allah SWT, diampuni segala dosa – dosanya dan keluarga yang ditinggalkan dilapangkan dadanya. Dan semoga ada penerus sosok Lemmy Kilmister di aliran heavy metal dan hard rock lebih berkembang dan sukses lagi.