Sumpah Pemuda, Upacara di Kementerian Sekretariat Negara Tidak Khidmat

Perayaan Sumpah Pemuda di seluruh Indonesia dilakukan dengan melakukan upacara oleh semua kalangan.

Begitu juga bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Yang kali ini mengikuti upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (28/10/2014). Namun yang terjadi adalah peserta upacara tidak mengikuti jalannya upacara dengan khidmat.

Meskipun upacara sudah berlangsung, namun di barisan belakang, beberapa PNS perempuan tampak masih terlihat duduk-duduk di atas trotoar sambil mengobrol satu sama lain. Bahkan, tiga orang PNS perempuan masih tampak melakukan foto “selfie”, saat akan berlangsung pengibaran bendera merah putih.

Sedangkan PNS pria, tampak berdiri di balik mobil yang terparkir di bagian belakang lapangan upacara, dan asyik mengobrol sambil merokok.

Upacara di Kementerian Sekretariat Negara diikuti oleh PNS dari beberapa Kementerian yang berada di sekitar Kemensetneg.

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda harusnya diikuti dengan khidmat, namun para pegawai negeri sipil tersebut tidak memberi contoh yang baik untuk para pemuda. Bagaimana bisa pemuda – pemuda Indonesia menjadi pemuda yang hebat, jika yang memberi contoh saja bersikap tidak baik seperti itu.

Mungkin mereka yang melakukan hal yang sama seperti PNS tersebut tidak mengerti arti dan makna sumpah pemuda.