7 Fakta Mengenai Habib Selon Wakil Ketua FPI Yang Penuh Kontroversi

Habib Salim Alatas alias Habib Selon mantan ketua DPD FPI DKI Jakarta menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin pagi akibat sakit jantung. Meninggalnya Habib Selon turut meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, sanak saudara, murid dan kerabat. Tidak heran kediaman beliau di Bukit Duri Tebet terus didatangi para pelayat. Berikut fakta mengenai Habib Selon :

1. Habib Selon mempunyai nama asli yaitu Habib Salim Alatas. Habib Selon merupakan mantan ketua Tanfidzi Dewan Perwakilan Daerah Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta. Sebelum tutup usia Habib menjabat sebagai wakil ketua bidang dakwah DPP FPI.

2. Habib Selon meninggal di Rumah Sakit Mitra Jatinegara pada pukul 05.00 WIB Senin (28/12/2015) karena serangan jantung. Keluarga tidak ada yang menyangka jika Habib Selon bakal berpulang. Ini lantaran almarhum tidak pernah mengeluh sakit selama hidupnya. Habib Selon wafat di usia 46 tahun. almarhum dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat setelah Ashar (28/12).

3. Hubungan Ustad Guntur Bumi atau sering disapa UGB dengan Habib Selon sangat dekat terbukti dari pesan yang diberikan Habib Selon ketika UGB dapat ujian (dipenjara) yaitu untuk meneruskan dakwah, UGB juga diingatkan agar tidak komersiil saat menjadi pendakwah. “Pesannya terus dakwah. Pesan itu beliau ucapkan saat saya dapat ujian (dipenjara). Lalu, katanya kalau jadi pendakwah, jangan cari nafkah di dakwah,” tutup Guntur Bumi. UGB juga mengaku sudah lama mengetahui riwayat penyakit yang diderita almarhum “Saya tahu beliau sakit sudah lama. Dapat info kesehatannya sudah lama, sakit diabetes dan jantung, tapi beliau nggak menunjukkan sakitnya,” ujar UGB.

4. Selain UGB sederet artis juga dekat dengan almarhum Habib Selon seperti halnya Billy Syahputra. Billy mengaku sangat sedih kehilangan almarhum. Menurut Billy Habib Selon mirip seperti Olga Syahputra. Almarhum tidak pernah memberi tahu ke orang-orang tentang penyakitnya. Almarhum benar-benar tegar, kalau lagi sakit tidak pernah dirasain. Selain itu  kemiripan lain yaitu sosok Habib dan Olga yang sering bercanda dan humoris. Selain Billy, Banyak kenangan yang dirasakan Julia Perez (Jupe) usai meninggalnya Habib Selon. Jupe mengaku belum bisa mewujudkan semua keinginan sang Habib. Salah satunya, niat umrah bareng di awal 2016 mendatang. Bagi Jupe, sosok Habib Selon bukan sekedar pemberi nasihat yang baik. Jupe menilai sang habib sebagai penengah masalah yang bijak. Selain itu ada permintaan Habib Selon yang masih diingat Julia Perez. Beberapa waktu sebelum meninggal, Habib Selon meminta untuk menjadi wali nikah jika pelantun Belah Duren itu menikah. Dan juga Jupe diajarkan melakukan bisnis yang baik. Karena jadi artis tidak akan tahu sampai kapan, sehingga harus mulai berdagang. Bagi Jupe, sosok Habib Selon bukan sekedar pemberi nasihat yang baik. Jupe menilai sang habib sebagai penengah masalah yang bijak.

5. Perseteruan antara Soleh Mahmud alias Ustad Solmed dengan Habib Selon masalah tarif dakwah dimana Ustad Solmed memasang tarif berceramah senilai Rp 150 juta saat diminta berdakwah di Hong Kong. Akibat hal tersebut Ustad Solmed dituding berkeinginan menembaknya. Kendati suami artis April Jasmine itu telah membantah isu tersebut. Ustad Solmed pernah menuturkan bahwa pimpinan FPI Habib Rizieq marah atas pernyataan Habib Selon perihal ancaman Solmed yang akan menembak dirinya. Atas fitnah tersebut, Habib Selon berencana melaporkan Solmed ke Mabes Polri. Selain itu, ia juga meminta polisi mengusut perihal kepemilikan senjata api yang dimiliki Solmed. Sebelum membawa kasus ini ke polisi, Habib Selon masih membuka pintu maaf seandainya Ustad Solmed mau berdamai.

6. Semasa hidup Habib Selon kerap berbicara lantang, secara tegas dia juga menolak DKI dipimpin Basuki T Purnama. Bersama massa FPI, Habib Selon pernah menggelar demo di depan gedung DPRD DKI. Aksi ini juga diikuti Forum Umat Islam (FUI), Lembaga Pembela Islam (LPI) dan Gerakan Reformasi Misi Islam (GRMI) tersebut merupakan aksi damai, bukan aksi anarkis. Habib Selon di depan massa menegaskan sikapnya menolak Ahok jadi gubernur. Bahkan, dia mengancam akan rutin menggelar demo sampai mantan bupati Belitung Timur itu mundur.

7. Habib Selon pernah membuat heboh publik karena pernyataannya yang kontroversi. Sekitar Mei 2012 lalu, Habib Selon pernah melontarkan pernyataan bahwa penyanyi asal Amerika Serikat, Lady Gaga, beraliran setan. Saat itu, pernyataan Habib Selon membuat gempar. Karena di saat yang sama, artis seksi itu memang menjadwalkan konser di Indonesia. Penolakan terhadap konser Lady GaGa saat itu memang begitu gencar disuarakan FPI. Habib Selon menegaskan tidak mau aliran setan yang disebut-sebutnya akan disebarkan Lady GaGa saat konser merusak kehidupan umat beragama di Indonesia.

Yah semoga amal dan ibadah almarhum diterima disisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan dilapangkan kesabarannya. Selamat jalan Habib Selon semoga ditempatkan ditempat terbaik di alam sana.