7 Telfon Pintar Tercanggih dan Spektakuler Di Tahun 2015, Yang Menggebrak Dunia Gadget

Mungkin kamu sudah bisa menebak beberapa smartphone yang akan disebutkan nanti. Beberapa adalah jajaran smartphone Android eksentrik dan tidak biasa. Dengan rangkuman ini, kamu bisa menyimak seberapa ketat persaingan dan pesatnya perkembangan smartphone sekarang ini. Jika anda bosan dengan smartphone saat ini yang memiliki bentuk hanya itu – itu saja, maka kali ini ada salah satu vendor smartphone yang menawarkan dengan bentuk yang sangat terlihat unik dan sangat menarik. Dari fitur- fitur pendukungnya pun sangat membuat masyarakat terkagum- kagum. Berikut beberapa smartphone dengan teknologi unik dan tercanggih di masa kini.

1. Monohm Runcible

Ada hal baru dan cukup menarik perhatian para pengunjung Mobile World Congress 2015 yang digelar di Barcelona, Spanyol pada 2-5 Maret 2015 lalu. Di saat semua vendor smartphone saling berlomba untuk menarik perhatian konsumen dengan menciptakan smartphone layar lebar dan berbagai fitur, hal ini tidak terjadi pada The Runcible. Runcible, smartphone bundar bersistem operasi Firefox, dikembangkan oleh Monohm Inc, sebuah perusahaan startup yang bermarkas di Berkeley, Kalifornia, Amerika Serikat. Smartphone Runcible ini di bekali dengan OS FireFox, smartphone ini juga di bekali dengan fitur yang sama pada umumnya yang terdapat pada smartphone saat ini dengan di lengkapi browsing internet, pangilan suara, sms, WiFi, bluetooth, jaringan 4G LTE dan masih banyak lagi. Masih belum dapat di ketahui seperti apa ketangguhan yang akan di tawarkannya. Keunikan pada smartphone ini adalah tidak akan mengeluarkan suara atau bahkan getar pada saat ada panggilan atau sms namun hanya akan menampilkan peta layaknya pada peta yang ada di pasaran. Smartphone ini di desain dengan cover berbahan kayu sehingga terlihat klasik dan juga menawan. Diperkenalkan pada ajang MWC 2015, Runcible bisa digunakan untuk melakukan panggilan, berselancar di dunia maya, mengirim pesan berbasis teks dan angka, serta mampu mengambil foto dengan kualitas baik. benar-benar berfungsi seperti smartphone pada umumnya, namun dengan desain gila dan unik yang tidak biasa. Untuk harga yang di tawarkannya diperkirakan sekitar Rp 8.000.000.

2. Huawei Honor 7i

Huawei Honor 7i atau dikenal juga sebagai Huawei ShotX adalah smartphone terunik yang dikeluarkan oleh Huawei. Smartphone ini terbilang unik karena membawa kamera 13 MP yang bisa dilipat untuk dijadikan kamera depan atau belakang. Bukan hanya itu saja, Huawei Honor 7i juga unik karena membekali sensor sidik jadi pada tombol Power/Lock, bukan pada bagian belakang atau tombol home seperti smartphone lainnya. Sebagai koneksi utama, ponsel pintar ini dibekali dengan jaringan data super cepat 4G LTE. Jaringan data 4G pada Huawei Honor 7 ini akan membawa kamu melaju di dunia internet dengan kecepatan mencapai 50 Mbps (upload) hingga 300 Mbps (download). Smartphone ini memiliki 3 GB RAM, prosessor Qualcomm Snapdragon 616, Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A5, dan sistem operasi berbasis Android OS, v5.1 (Lollipop). Harga yang ditawarkan smartphone ini sekitar Rp 5.500.000.

3. LG V10

Secara resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2015 lalu, LG V10 dibekali dengan layar tambahan yang memiliki fungsi mandiri. Alih-alih menghadirkan layar lengkung seperti yang diusung oleh Samsung Galaxy S6 Edge+, smartphone ini justru dibekali dengan layar tambahan diatas layar utamanya. Berbeda dengan layar yang bisa digunakan untuk akses smartphone, layar tambahan dengan lebar 2.1 inci di bagian atas smartphone ini digunakan sebagai lahan untuk menampilkan notifikasi dan juga sebagai jalan pintas menuju aplikasi. Material yang digunakan pada LG V10 melainkan bahan stainless steel dan silicon. Display visual menggunakan  layar utama IPS LCD berukuran 5.7 inci yang sanggup menghasilkan resolusi 1440 x 2560 pixels dengan kerapatan layar mencapai 515 ppi. layar kedua pada LG V10 ditempatkan di atas layar utama dengan ukuran lebih kecil, yakni 2.1 inci. Ketika layar utamanya mati, layar tambahan dapat menampilkan informasi cuaca, waktu dan tanggal, serta kapasitas baterai. Pada bagian inti mesin, LG V10 dibekali dengan prosesor Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 yang berkekuatan CPU Hexa-core atau enam inti. LG V10 pun juga dipersenjatai dengan RAM berkapasitas 4 GB, di sektor dapur pacu juga didukung oleh kehadiran OS Android Lollipop 5.0. Memiliki kamera primer 16 MP dengan fitur fotografi canggih dan kamera sekunder 5 MP dengan multiview. Untuk harga, smartphone ini masih terbilang mahal yaitu sekitar Rp 8.500.000.

4. BlackBerry Priv

Mungkin masyarakat akan terkejut saat mengetahui BlackBerry akhirnya beralih menggunakan sistem operasi Android. Dari yang awalnya menawarkan sistem operasi yang menegaskan tentang sistem keamanan, akhirnya BlackBerry terjun ke platform yang dianggap paling banyak celah di keamanannya. Namun bukan itu saja, yang unik adalah fakta bahwa BlackBerry Priv menawarkan pengalaman yang baru bagi para pengguna Android. Lewat desain slide berlayar lengkung yang dibekali dengan tombol fisik, pengguna BlackBerry Priv diberi keleluasaan untuk bernavigasi menggunakan keyboard atau di layarnya yang luas. BlackBerry Priv hadir dengan konsep sliding, BlackBerry terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan layar 5.4″ inci beresolusi QHD 2560×1440 piksel. Sektor dapur pacu tersedia dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 808 dengan mengusung prosesor Hexa Core quad core ARM Cortex-A53 1.5Ghz dan dual core ARM Cortex-A57 1.8Ghz. Untuk memori RAM berkapasitas 3Gb. Sistem operasi berbasis OS android 5.0 Lollipop. Untuk kamera utama dilini belakang memiliki resolusi 18MP dengan sensor sensor BSI (BackSide Illuminated). Kamera tersebut juga disertai dengan phase-detection autofokus dan OIS (Optical Image Stabilization), serta dual LED flash. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 5MP. Untuk harga BlackBerry Priv di pasar global dibanderol dengan harga sekitar 10 juta rupiah.

5. Sony Xperia Z5 Premium

Mengusung resolusi 4K yang dipadukan dengan layar seluas 5.5 inci, Xperia Z5 Premium akan menyajikan kerapatan piksel hingga 806 ppi. Meski demikian, dengan resolusi layar yang tinggi, tentu akan memberikan kenyaman bagi kamu untuk menonton berbagai video dan juga melihat gambar yang ada di smartphone kamu. Jangan khawatir dengan fiturnya, karena Xperia Z5 Premium juga unik berkat sensor sidik jari yang disematkan di samping smartphone ini. Smartphone ini juga dibekali dengan sertifikat IP68 anti debu maupun air hingga kedalaman 1,5 meter dalam jangka waktu 30 menit. Pada bagian layar berukuran 5.5 inches beresolusi 4K UHD 2160 x 3840 pixels. Resolusi yang ditawarkan ini jauh melampaui smartphone yang ada saat ini dan Sony Xperia Z5 Premium adalah yang pertama mencapai tingkat 3840 pixel. Kualitas layar terbaik juga disajikan dengan panel IPS yang menjadi senjata andalan menikmati berbagai jenis konten digital. Sensitivitas layar juga memiliki nilai tinggi karena berkemampuan Multitouch hingga 10 fingers sekaligus. Dapur pacu ponsel ini adalah Octa Core dimana terdiri dari 2 buah inti processor Quad Core, yaitu  masing masing Quad-core berkecepatan 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core bertenaga 2 GHz Cortex-A57. Performa maksimal juga dimunculkan dengan dukungan RAM sebesar 3 GB, kapasitas sebesar 32 GB, dan disediakan slot microSD yang dapat diisi hingga 200 GB. Dengan ketebalan 7.8 mm, dan memakai Android Lollipop terbaru yaitu versi 5.1.1. Ponsel ini juga akan mendapat upgrade ke Marshmallow. Berbekal kamera utama 23 MP dan kamera depan 5.1 MP, smartphone ini beresolusi monster 5520 х 4140 pixels tentunya mampu mengalahkan ponsel android dari vendor lain. Dengan spesifikasi maupun fitur nampaknya harga Sony Xperia Z5 Premium wajar bila dibandrol mahal, yaitu sekitar 12 juta rupiah.

6. Motorola Droid Turbo

Diperkenalkan Oktober 2015 di Amerika Serikat, Motorola Droid Turbo 2 menjadi smartphone pertama yang dibekali dengan layar anti pecah! Membekali smartphone dengan layar anti pecah ini tentu ditujukan untuk pengguna yang aktif dengan kegiatan ekstrim.  Ponsel ini bisa dibilang sebagai Smartphone terbaik yang pernah dirilis Motorola. Dengan menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 805 dan Ram berukuran 3 GB. Layarnya beresolusi Quad HD dengan bentang layar 5.2 inch. Disektor dapur pacuh mengandalkan penggunaan chipset processor Qualcomm Snapdragon 805 Krait 450 dengan landasan 64bit, mesin ini memiliki tenaga Quad Core yang mampu melontarkan akselerasi sebesar 2,7Ghz. Dibekali fitur kamera berlensa utama 21 Mp dibelakang dan 2 MP di depan, bodi ditambah teknologi pendukung aperture f/2.0,OIS, autofokus, juga dua lampu LED mampu merekam video dalam resolusi 4K.  Motorola Droid Turbo terlahir dengan teknologi Wireless Charger yang diklaim masih
sangat jarang atau mungkin belum ada smartphone yang memakai kecanggihan mengisi daya tanpa kabel itu. Smartphone ini berbasis Android Lollipop. Untuk harga dibandrol sekitar Rp 8.500.000,-.

7.  Apple iPhone 6s Plus

Dengan dibekali fitur Force-Touch, tak salah rasanya Jaka memasukan iPhone 6s ke dalam daftar smartphone terunik dan tergila di tahun 2015. Siapa yang pernah terpikir untuk menyematkan fitur Force Touch di smartphone sebelum iPhone 6s? Tidak ada. Yang unik dari Force Touch ini adalah kemampuannya untuk merespon tekanan pada layar. Dengan Force Touch di iPhone 6s, kamu bisa menggunakan smartphone ini sebagai timbangan. iPhone 6 Plus ini memiliki sedikit keunggulan ketimbang iPhone 6, yaitu ukuran 5.5 inch, dengan teknologi LED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen. Resolusi yang dimiliki dari layar ini adalah 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan mencapai 401 ppi pixel density. Perangkat ini juga didukung dengan multitouch yang juga dilapisi dengan perlindungan layar Shatter proof glass, oleophobic coating yang akan mencegah layar lebar dari iPhone ini lecet karena goresan ataupun benturan. iPhone 6 Plus ini juga cukup berkelas dengan material metal yang membungkus bodinya, dan memiliki desain melengkung dengan ketebalan 7.1 mm. iPhone ini tertanam lensa kamera berukuran 8 MP dengan resolusi 3264 x 2448 pixels, dan kamera depan 2.1 MP. Apple telah membekali iPhone 6 Plus ini dengan penyimpanan internal yang cukup besar dalam 3 pilihan yakni varian internal 16 GB, 64 GB dan 128 GB, dengan ram sebesar 2GB. IPhone ini dibekali dengan chipset Apple A8 yang didalamnya terdapat processor Dual-core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based). Sementara sistem operasi yang dibawakan adalah iOS 8 dengan browser khas Apple yakni Safari. Untuk menghasilkan grafis tajam bagi penggunanya, Apple membekali perangkat ini dengan pengolah grafis PowerVR GX6650 (hexa-core graphics. Untuk harganya dibandrol sekitar Rp 12.000.000,- s/d Rp 14.500.000,-.

Dunia teknologi memang berkembang sangat pesat tahun ini, terutama dalam bidan telepon genggam. Dibuktikan dengan munculnya berbagai telfon pintar dengan berbagai merk dan fitur- fitur canggihnya. Namun, sebagai masyarakat kita juga harus pintar- pintar memanfaatkan teknologi yang ada. Sehingga, teknologi dan sumber daya manusia sama- sama dapat berkembang dan maju. Semoga di tahun selanjutnya makin banyak teknologi bermunculan yang lebih canggih.