10 Film Kartun Bisu Yang Tetap Eksis dan Diminati Masyarakat Dunia Hingga Kini

Kartun identik dengan anak kecil, namun banyak orang dewasa yang juga menyukai kartun sebagai sarana hiburan. Kartun bisu atau Silent Cartoon pertama kali diproduksi oleh Walt Disney, rumah produksi film animasi dan fantasi terbesar didunia pada tahun 1923. Sampai saat ini kartun bisu mengalami banyak perkembangan dan tetap diminati. Berikut kartun bisu yang tetap diminati masyarakat hingga kini :

1. Bernard Bear

Bernard Bear
Serial yang pertama terbit pada tahun 2007 ini berkisah tentang kehidupan sehari-hari seekor beruang kutub bernama Bernard lengkap dengan semua kekonyolan yang dilakukannya. Ia sebenarnya cukup pintar, namun sifatnya yang ceroboh lebih dominan sehingga nasibnya cenderung apes. Setiap episode terdapat keluguan Bernard dalam menyelesaikan masalah. Selain Bernard, ada Eva si penguin dan Lloyd si kadal yang juga sering bertingkah lucu. Serial ini ini diproduksi oleh RG Animation Studios asal Korea dengan kerjasama BRB Internacional SA dari Spanyol dan M6 Metropole Televicion dari Prancis. Serial animasi bisu ini pernah dinominasikan untuk beberapa international awards, termasuk Best Animation Series di Sttugart Festival of Animated Film (2006), Mipcom Jr. Licensing Challenge Award (2004), Prize in Children and Education di Dong A International Festival of Cartoon and Animation (2004) dan menjadi finalis dalam Annecy International Animation Festival (2003).

2. Larva

Larva
Sebuah film animasi yang diproduksi oleh Tuba Entertainment di Seoul, Korea Selatan. Larva, seri pendek yang hanya berdurasi 2 menit ini menghadirkan dua ekor larva atau ulat dengan segala kekonyolan yang mereka lakukan setiap harinya. Kedua larva ini tidak disebutkan namanya, hanya saja seekor larva kecil berwarna merah dan satunya lagi lebih besar berwarna kuning.  Dalam film kartun bisu ini bnyak menampilkan adegan – adegan jorok seperti ketut, bab dan masih banyak lagi. Selain 2 karakter larva, ada juga karakter lucu yang lain yaitu kumbang, kodok, siput dan serangga pembawa kotoran dalam film tersebut.

3. Shaun the Sheep

Shaun the Sheep
Shaun The Sheep menggambarkan domba atau biri-biri yang cerdas, kreatif dan bisa melakukan kegiatan layaknya manusia dengan seting sebuah peternakan. Animasi yang tayang perdana di TV Inggris pada Maret 2007 ini diproduksi CBBC, Inggris. Tidak ada dialog dalam animasi berjumlah 80 episode ini. Meski demikian, banyak yang senang menontonnya.

4. Tom and Jerry

Tom and Jerry
Sebuah serial animasi Amerika Serikat hasil produksi MGM yang bercerita tentang seekor kucing (Tom) dan seekor tikus (Jerry) yang selalu bertengkar. Seri animasi ini telah memenagkan penghargaan Academy Award (Piala Oscar) dan membentuk dasar dari seri sukses studio Metro-Goldwyn-Mayer (MGM).

5. Oscar’s Oasis

Oscar’s Oasis
Oscar’s Oasis berkisah tentang petualangan Oscar, seekor kadal yang selalu menjelajah gurun pasir bersama 3 musuhnya yaitu Buck (burung pemakan bangkai), Harchi (seekor hyena, beberapa situs menyebutnya Harachi) dan Poppy (musang betina). Ketiganya selalu mengikuti kemanapun Oscar pergi. Mereka juga selalu ingin mengambil apa yang diperoleh Oscar. Namun Oscar selalu lebih cerdik dan gesit menghalangi niat buruk mereka. Tujuan Oscar sebenarnya sederhana, mencari air untuk minum, tempat berteduh dan sesuatu untuk dimakan. Namun misi itu menjadi sulit karena ia tinggal di gurun pasir yang gersang. Serial ini telah tayang sejak 2008 silam, dibuat 7 episode dengan durasi sekitar 90 detik. Baru pada 2010 dibuat versi dengan durasi rata-rata 7 menit per episode, dengan total 78 episode.

6. Pingu

Pingu
Seri yang diciptakan oleh Otmar Gutmann ini diproduksi oleh Grup Pygos dan Trickfilmstudio di Swiss. Berkisah tentang keluarga penguin di kutub Selatan dimana karakter utamanya adalah salah satu anak dalam keluarga itu yang bernama Pingu. Acara ini hanya berlangsung selama 4 musim dari 1986-1998. Pada 1998, ada 2 episode Pingu yang dibuat namun tidak ditayangkan karena masalah jadwal. Setahun setelahnya, seri ini kembali diproduksi namun hanya ditayangkan antara iklan.

7. Ooglies

Ooglies
Ooglies menampilkan sketsa humor dengan barang – barang peralatan rumah tangga, buah, dan makanan yang memiliki sepasang mata. Pertama tayang pada tanggal 10 Agustus 2009 di dua stasiun TV Skotlandia, CBBC dan BBC HD. Komisi tersebut adalah untuk dua serial dari 13 acara, masing-masing 15 menit panjangnya.

8. Minuscule

Minuscule
Serial ini unik karena menggabungkan pemandangan nyata dengan karakter animasi. Serangga menjadi tokoh utama disini, dimana kehidupan sehari – hari merekalah yang diangkat menjadi tema cerita. Audio yang ditampilkan dapat menambah hidup jalan ceritanya. Audio adalah kombinasi dari serangga asli dan efek suara seperti mobil, helikopter, mesin pesawat, disentis buzzing dll. Pengaturan background sebagian besar adalah pedesaan Prancis, mengingat negara asal Minuscule adalah Prancis. Termasuk rumah pertanian, pagar, mobil, permukaan jalan, saluran air, selokan dan bak sampah. Minuscule tayang di Disney Channel pada tahun 2006-2008.

9. Road Runner

Road Runner
Karakter utama pada serial film ini yaitu Wile E. Coyote dan Road Runner yang merupakan karakter dari serial kartun Looney Tunes yang berasal dari Amerika Serikat. Karakter dari Kedua hewan ini digagas oleh animator Chuck Jones. Film ini bercerita tentang seekor anjing hutan(Coyote) dan burung unta(Road Runner), yang coyote ingin selalu menangkap road runner yang kemudian dijadikan santapan, tapi entah kenapa si coyote ini selalu gagal dalam menagkap road runner dengan berbagai cara. Karena Kesialan yang selalu dialami coyote inilah yang menjadi sisi lucu. Sering kali terdapat adegan dimana road runner terlihat pintar atau coyote yang bodoh sehinnga selalu menghadapi kegagalan untuk menangkap road runner.

10. Rabbids Invasion

Rabbids Invasion
Film kartun ini animasi asal 2 perushaan Amerika Serikat dan Perancis. Film ini tayang perdana pada tanggal 3 Agustus 2013 di Nickelodeon. Film animasi ini menceritakan tentang sekawanan kelinci yang tingkah lakunya yaitu menggangu kegiatan orang disekitarnya. Karena tingkah laku yang lucu dari para kelinci ini yang membuat tertawa. Dan serial animasi rabbids invasion ini diambil dari game buatan Ubisoft yaitu game Raving Rabbids.

Yah semoga film kartun bisu tetap ada untuk menghibur masyarakat. Dan film kartun bisu di kemudian hari lebih baik lagi seperti ada unsur mendidik bagi anak – anak.