Meme-Meme Yang Paling Populer Dan Menjadi Trending Topik Di Tahun 2015

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial kini semakin kreatif dalam menanggapi berita maupun isu yang tengah ramai diperbincangkan. Mereka bahkan menjadikan isu tersebut sebagai materi lelucon untuk dijadikan sebuah meme yang dapat menarik perhatian banyak pasang mata. Dan disepanjang tahun 2015 ini, banyak sekali meme yang bermunculan, dan berikut meme-meme yang terpopuler:

1. Meme Sidang MKD

Meme Sidang MKD
Sidang yang digelar Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) pelanggaran kode etik terkait kasus pencatutan nama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terlalu bertele-tele sehingga membuat publik jengkel. Saking banyaknya publik yang merespons berita tersebut, perbincangan sidang MKD pun menjadi topik yang paling ramai di bahas onliner hingga tagar #PertanyaanMKD dan #BobrokMKD pun menjadi viral di internet. Untuk mengutarakan kekesalannya, para anonim medsos pun langsung beraksi dengan membuat beragam meme guyonan bertema sidang MKD. Mereka nampak memakai gambar sang hakim untuk dijadikan objek meme tersebut. Dalam meme yang tersebar, tercantum tulisan “Saudara Pengadu” untuk mengawali kalimat lanjutan lainnya yang berisi humor, nyeleneh hingga menyindir dengan khas yang menggelitik.

2. Meme Kemenangan Mayweather

Meme Kemenangan Mayweather
Pada pertengahan tahun lalu, dunia dihebohkan dengan pertarungan antara petinju Floyd Mayweather dan Manny Pacquiao yang digadang-gadangkan sebagai “Pertandingan Abad Ini”. Pertandingan ini pun dimenangkan oleh Mayweather. Namun, sebagai pemegang rekor 47 pertandingan, sangat menyedihkan ketika penonton menyaksikan Mayweather harus bertanding dengan gaya pengecut. Alhasil, netizen berotak usil pun membuat cibiran dengan gaya permainan petinju asal Amerika Serikat tersebut ke dalam bentuk meme.

3. Meme Disitu Kadang Saya Merasa Sedih

Meme Disitu Kadang Saya Merasa Sedih
Munculnya sosok polisi wanita bernama Dewi Sri Mulyani dalam promo program 86 yang tayang di salah satu televisi swasta ini nyatanya ditanggapi guyon oleh masyarakat. Dialog Dewi yang berbunyi “Disitu kadang saya merasa sedih” yang ia ungkapkan pun menjadi lelucon dengan berbagai meme yang dibuat para anonim sosmed. Bahkan, para onliner tak menyangka kalimat “Disitu Kadang Saya Merasa Sedih” sangat pas dengan ekspresi yang ditunjukkan Dewi.

4. Meme Sudah Kuduga

Meme Sudah Kuduga
Beredarnya gambar seorang pria yang menunjukkan ekspresi wajah polos dengan senyum manis sambil menaruh tangah di bawah dagu membuat publik menjadikannya sebagai guyonan melalui berbagai meme-meme lucu. Nampak, para onliner mencantumkan tulisan “hmmm, sudah kuduga” dalam meme tesebut. Sontak para anonim medsos pun langsung membuat beragam gambar dengan menambahkan kalimat kreatif yang berbau humor, nyeleneh hingga menyindir.

5. Meme Papa Minta Saham

Meme Papa minta saham
Ketua DPR Setya Novanto menjadi sasaran bully di situs micro bloggin Twitter dengan hastag ‘Papamintasaham’. Politikus yang disebut mencatut nama Presiden Joko Widodo untuk meminta saham di PT Freeport Indonesia itu menjadi korban meme.

6. Meme Jakarta Banjir

Meme Jakarta Banjir
Banjir telah menjadi pemandangan yang tak asing lagi bagi warga Jakarta di setiap musim penghujan. Hujan yang mengguyur sejak Minggu malam memang membuat Jakarta sempat lumpuh. Bahkan hashtag #JakartaBanjir memuncaki urutan pertama pada trending topik di Twitter. Netter pun banyak yang membuat berbagai meme lucu terkait banjirnya Jakarta kali ini. Gambar yang tersebar pun sangat beragam. Mulai dari munculnya Ultraman saat banjir di Bundaran HI hingga meme lucu seorang pria yang sedang memancing buaya.

7. Meme Save Haji Lulung

Meme Save Haji Lulung
Siapa yang tidak kenal Haji Lulung, ia sempat menjadi “model” kreatif para netizen dan sempat menjadi meme yang booming serta hashtag paling trending di dunia maya dengan hashtag #SaveHajiLulung . Wakil ketua DPRD DKI yang mempunyai nama asli Abraham Lunggana yang kerap disapa lulung ini sempat tenar dengan tema memenya bisa melakukan apapun yang mustahil terjadi menjadi mungkin (Impossible to possible).

8. Meme Gue Mah Gitu Orangnya

Meme Gue Mah Gitu Orangnya
Tak pernah habis ide para anonim membuat kreasi meme yang tiap minggu berganti topik, begitu juga dengan “gue mah gitu orangnya” yang menjadi kalimat awal kejahilan untuk dijadikan meme parodi. Terlihat meme yang mendeskripsikan seseorang yang melenceng di dunia nyata itu berisi beragam objek gambar yang ditambahkan dengan “gue mah gitu orangnya”. Saking banyaknya ciapan dengan menggunakan tagar #guemahgituorangnya, membuat perbincangan tersebut menjadi topik yang paling banyak dibahas para onliner. Terlihat hastag tersebut berada di jajaran teratas trending topic Twitter.

9. Meme Lo Ga Asik

Meme Lo Ga Asik
Foto seorang pria yang tidak diketahui namanya ini nyatanya menarik perhatian para onliner. Pasalnya, pria ini menunjukkan ekspresi wajah serius nan polos dengan potongan rambut ala 90-an sambil menunjuk tangannya ke arah kamera yang membuat publik menjadikannya sebagai guyonan melalui beragam meme. Dalam meme-meme tersebut nampak para onliner mencantumkan tulisan “Lo Ga Asik”. Tak sampai disitu, mereka juga menambahkan beragam kalimat kreatif yang berbau humor, nyeleneh hingga menyindir. Saking banyaknya onliner yang menyebarkan meme “Lo Ga Asik” dalam akun sosmed, meme tersebut pun menjadi viral di internet hingga menyaingi meme “Sudah Kuduga” yang sebelumnya sempat menjadi perbincangan para onliner.

10. Meme Aku Tuh Ga Bisa Diginiin

Meme Aku Tuh Ga Bisa Diginiin
Publik khususnya para pengguna jejaring sosial menyoroti sosok penyanyi dangdut Nassar Fahad Ahmad Sungkar atau dikenal dengan Nassar KDI. Twitter, Path dan Instagram pernah diramaikan dengan beredarnya gambar Nassar yang menjadi objek para sosmed dalam banyolannya. Dalam meme tersebut nampak ekspresi sedih Nassar saat menangis sambil mengusap mata sebelah kirinya itu dijadikan lelucon dengan berbagai meme yang dibuat para anonim sosmed. Bahkan meme-meme yang berisi editan foto itu memiliki kata-kata khasnya yang berbunyi “Aku tuh gak bisa diginiin”. Kalimat itu juga menjadi pelengkap gambar Nassar yang diplesetkan secara humor, nyeleneh, menyindir hingga bikin ngakak.

Merebaknya fenomena meme, memang menjadi tren tersendiri di kalangan pengguna sosial media. Di penghujung tahun ini, meme Lebih Baik Kejebak Macet juga sedang hangat dibicirakan di media masa. Di Indonesia, Path, Twitter dan Instagram menjadi wadah bagi para anonim untuk mengupload karyanya, ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan karya-karya yang membuat mereka tertawa. Namun, meme-meme yang dibuat para anonim sosmed tersebut hanya sekedar lelucon saja.