Press "Enter" to skip to content

7 Aksi Bom Bunuh Diri Terdahsyat 2015 Yang Menggemparkan Dunia

Comments

Aksi bom bunuh diri, akhir-akhir ini semakin sering terjadi. Terorisme dengan menggunakan metode bom bunuh diri menjadi fenomena mencolok dalam satu tahun terakhir ini. Bom bunuh diri bukanlah tindakan yang dimotivasi ajaran agama tertentu, tetapi justru disebabkan oleh faktor nasionalisme. Bom bunuh diri sering dibalut dengan unsur jihad dan syahid dalam interpretasi radikal. Berikut aksi bom bunuh diri terdasyat 2015 yang menggemparkan dunia :

1. Aksi bom bunuh diri di Beirut, Lebanon

Aksi bom bunuh diri di Beirut, Lebanon
Sedikitnya 43 orang tewas dan lebih dari 200 orang mengalami luka – luka dalam dua bom yang meledak berdekatan di sebuah kawasan pemukiman di wilayah selatan Beirut, Lebanon. ISIS mengklaim atas kedua bom yang meledak di kawasan pemukiman Burj al Barajneh yang banyak dihuni umat Syiah, Hizbullah. Serangan ini merupakan yang paling mematikan dengan jumlah korban jiwa terbesar di Beirut sejak berakhirnya perang saudara di Lebanon 25 tahun lalu. Diduga kuat, tindakan ini adalah serangan balasan karena kelompok Syiah mendukung pemerintah Presiden Suriah, Bashar al-Assad. Dalam beberapa pekan belakangan, Hizbullah mengerahkan penambahan pasukan ke Suriah untuk mendukung pemerintah pimpinan Presiden l-Asssad.

2. Aksi Bom Bunuh Diri di Kamerun

Aksi Bom Bunuh Diri di Kamerun
Aksi ini telah merenggut 8 nyawa dan 21 orang lainnya terluka akibat aksi bom bunuh diri yang diduga dilakukan oleh anggota Boko Haram di wilayah Far North, Kamerun. Kejadian bom bunuh diri ini hanya berselang satu minggu setelah pasukan Kamerun menyerang markas kelompok militan itu dan membebaskan 900 sandera. Dalam serangan itu, 100 anggota kelompok Boko Haram tewas. Kelompok yang berafiliasi dengan ISIS ini adalah kelompok pemberontak di Nigeria yang ingin mendirikan negara Islam di wilayah timur laut negara itu. Kamerun dan sejumlah negara yang berada di wilayah Danau Chad seperti Nigeria, Chad, dan Niger kerap menjadi sasaran aksi teror kelompok teroris Boko Haram. Sebelumnya juga telah terjadi aksi bom bunuh diri yang mengakibatkan sejumlah warga sipil tewas.

3. Aksi bom bunuh diri di Ankara, Turki

Aksi bom bunuh diri di Ankara, Turki
Dua bom kembar meledak di kawasan persimpangan jalan di dekat stasiun kereta api di Ankara, Turki. Stasiun kereta api yang berdekatan dengan lokasi ledakan dikenal sebagai stasiun kereta api tersibuk di Turki. Saban harinya, stasiun itu melayani 181 kereta api. Menteri Kesehatan Turki, Mehmet Muezzinoglu menyatakan, 86 orang tewas dalam kejadian tersebut. Sedangkan jumlah korban luka mencapai 186 orang, termasuk 28 orang yang kini tengah menjalani perawatan intensif. Sebelumya aksi bom bunuh dini ini juag pernah terjadi di Antalya yang mengakibatkan 4 anggota polisi mengalami luka.

4. Aksi bom bunuh diri di Masjid, Arab Saudi

Aksi bom bunuh diri di Masjid, Arab Saudi
Arab Saudi kembali diguncang aksi bom bunuh diri. Kali ini terjadi di sebuah masjid di barat daya Arab Saudi, Kamis (6/8/2015) waktu setempat. Bom bunuh diri itu dilakukan oleh seseorang tidak di kenal dan menewaskan sedikitnya 15 orang. Kementerian Dalam Negeri Saudi menjelaskan jika kemungkinan aksi itu dilakukan oleh ISIS. Aksi bom bunuh diri itu dilakukan saat jamaah masjid di Markas Special Emergency Force di Abha, Provinsi Asir tengah salat. Sebanyak 12 orang yang tewas adalah anggota kepolisian dan pekerja di komplek badan keamanan tersebut. Mei lalu serangan bom buuh diri mengguncang Masjid Syiah di Arab Saudi. Pertama di masjid di Qatif menyebabkan 21 orang meninggal dunia, dan sepekan kemudian bom bunuh diri meledak di masjid di Damman membunuh 4 korban. Otoritas Arab Saudi telah menahan 431 tersangka anggota ISIS. Mereka diduga telah diplot untuk melakukan serangan ke pasukan keamanan dan masjid di berbagai wilayah negara tersebut.

5. Bom bunuh diri dan penembakan di Paris, Perancis

Bom bunuh diri dan penembakan di Paris, Perancis
Serangan di Paris, Perancis, pada Jumat (13/11/2015) terjadi secara serempak di sejumlah tempat. Serangan tersebut berupa penembakan dan bom bunuh diri. Pejabat Perancis menyatakan, sedikitnya 153 orang tewas dalam penembakan dan pengeboman tersebut. Lokasi kejadian tepatnya di Stadium State de France, Gedung Konser Bataclan, Rue Bichat, Av. de la Republique, Bd. Voltaire, Rue Charonne, Bld Beaumarchais. Serangan yang memakan jumlah korban jiwa terbesar terjadi di gedung Konser Bataclan. Sedikitnya, 112 orang tewas dan 100 orang disandera.

6. Aksi Bom Bunuh Diri di Bangkok

Aksi Bom Bunuh Diri di Bangkok
Sebuah aksi bom bunuh diri menghantam ibukota Thailand, Bangkok. Menurut kepolisian setempat, bom bunuh diri dengan menggunakan sepeda motor itu terjadi di depan sebuah kuil Hindu di Distrik Chidlom yang menewaskan 12 orang dan melukai puluhan lainnya. Lokasi ini merupakan kuil terkenal dan berlokasi di sisi sebuah hotel berbintang lima. Lokasi ledakan di perempatan Rajprasong yang merupakan pusat demonstrasi politik dalam beberapa tahun terakhir.

7. Aksi Bom Bunuh Diri di Yaman

Aksi Bom Bunuh Diri di Yaman
Serangan terorisme keji menimpa umat Islam yang menggelar salat Idul Adha di Masjid Al Balili, Ibu Kota Sana’a, Yaman. Bom bunuh diri tersebut menyebabkan 29 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Masjid Al Bilaili sehari-hari dipenuhi warga yang bersimpati pada pasukan pemberontak Houthi. Militan Syiah itu sekarang menguasai Sana’a setelah menggulingkan Presiden Abdurabuh Mansyur Hadi awal tahun ini. Ada dua ledakan bom yang terjadi di Masjid Al Balili. Setelah ledakan pertama di dalam masjid dan Ledakan kedua itu terjadi di dekat pintu masuk masjid. Dua ledakan itu sontak menggegerkan seluruh jamaah yang sedang melaksanakan salat Idul Adha. Para jamaah tersebut langsung berlarian keluar masjid. Sebelumnya peristiwa pengeboman yang dilakukan ISIS juga pernah terjadi pada 20 Maret 2015. Ketika itu, sebanyak 137 orang tewas saat sedang melaksanakan salat Jumat di dua masjid Yaman, di Kota Sanaa.

Masih banyak lagi kasus aksi bom bunuh diri yang memakan banyak korban di berbagai negara. Semoga aksi tersebut dapat menjadi pelajaran dan pelaku kejahatan ISIS dapat berhenti serta pemerintah lebih memperketat dan memperkuat keamanan negara masing – masing.