Ulasan Seputar Serba- Serbi Winter solstice, Menjelang Natal

Winter solstice adalah puncak musim dingin, di mana malam jauh lebih panjang dari siang. Setiap solstice terjadi dua kali setahun: 21 Desember dan 21 Juni pada tahun 2015 ini. Winter solstice belahan bumi selatan adalah 21 Juni, dan belahan bumi Utara 21 Desember. Tahun 2015, Winter Solstice (titik balik matahari) atau puncak musim dingin di belahan bumi utara tahun ini akan terjadi pada 22 Desember. Selama ratusan tahun hari terpendek sepanjang tahun ini dirayakan di seluruh dunia. Tahun 2015, Winter Solstice (titik balik matahari) atau puncak musim dingin di belahan bumi utara tahun ini akan terjadi pada 22 Desember. Berikut beberapa ulasan menarik tentang winter solstice.

1. Jenis- jenis Solstice
Solstice adalah titik balik Matahari, yaitu titik paling utara atau selatan yang dilalui Matahari dalam peredarannya (relatif dilihat dari Bumi). Matahari mencapai titik ini dua kali dalam setahun yaitu 21 Desember dan 21 Juni pada tahun 2015 ini. Summer solstice untuk belahan bumi selatan adalah pada 21 Desember sedangkan belahan bumi Utara 21 Juni. Winter solstice belahan bumi selatan adalah 21 Juni, dan belahan bumi Utara 21 Desember. Solstice ini tidak berarti permulaan musim atau hari terpanas/terdingin. Solstice adalah puncak di mana siang/malam lebih lama di satu hari. Selisih panjang siang/malam dibanding hari sebelumnya dan sesudahnya juga tidak banyak: hanya 2-3 menit. Namun, akan jauh jika dibanding beberapa bulan sebelum. Solstice musim dingin di bumi belahan utara dirayakan berbeda-beda hari setiap tahunnya, tapi pada 2015 dan 2019 akan jatuh bersamaan di tanggal 22 Desember (tergantung zona waktu). Tetapi bagi negara-negara yang tertinggal 5 jam di UTC (Coordinated Universal Time) akan jatuh pada tanggal 21 Desember.

2. Bertepatan Dengan Hari Natal
Para astronom mempertimbangkan solstice sebagai hari pertama musim dingin, sedangankan para meteorologis menetapkannya pada 1 Desember, dimana Desember sampai Februari sebagai tiga bulan paling dingin sepanjang tahun. Di dalam kitab Injil tidak pernah dituliskan kapan tepatnya Yesus lahir ke dunia. Beberapa percaya peganut Kristen pertama memilih Solstice musim dingin paganis untuk merayakan Natal, sebuah perayaan yang melambangkan pencerahan, kelahiran kembali dan permulaan tahun.

3. Perayaan Winter solstice Di Dunia

– Saturnalia di Roma, adalah sebuah festival kuno yang dirayakan oleh orang Romawi. Berawal dari perayaan yang berlangsung selama satu hari pada tanggal 17 Desember, menjadi demikian populer hingga diperpanjang selama seminggu (17-23 Desember)

– Yalda di Tehran, Iran, merupakan perayaan setiap tanggal 21 Desember merayakan festival Yalda, tibanya musim dingin, pembaharuan matahari dan kemenangan terang atas kegelapan. Malam Yalda yang dianggap malam terpanjang dalam setahun adalah malam ketika orang Iran kuno merayakan kelahiran Mithra, dewi cahaya. Event ini memamerkan berbagai macam benda yang digunakan oleh keluarga kerajaan Iran untuk perayaan Yalda. Barang-barang milik istana Niavaran dipamerkan untuk pertama kalinya. Festival Yalda sekarang ini adalah saat ketika anggota keluarga berkumpul di rumah para sesepuh (yang dituakan) sampai lewat tengah malam. Mereka juga berlatih bibliomancy dengan puisi penyair Sufi, Hafez, yang sangat dihormati Iran.

– Festival Queenstown, New Zealand, merupakan festival musim dingin yang pertama kali diadakan pada tahun 1975 ini berlangsung selama 10 hari penuh. Bnayak perayaan yang diadakan seperti perayaan kembang api, perlombaan olahraga air di Queenstown Bay, dan juga Winter Games NZ yang merupakan olimpiade musim dingin yang dihadiri kurang lebih 36 negara yang siap bersaing di atas gunung yang terjal, dengan beragam perlombaan mulai dari ski, snow board, alpine skiing, dan masih banyak perlombaan lainnya yang dapat anda nikmati. Selain pesta kembang api dan olahraga di musim dingin, yang paling ditunggu-tunggu adalah festival kuliner, atau yang lebih dikenal dengan Visa Wellington On a Plate dan Dunedin Midwinter Carnival, merupakan dua perayaan kuliner terbesar dalam perayaan musim dingin di Selandia Baru.

– Inti Raymi, Peru, merupakan perayaan titik balik matahari musim dingin yang berlangsung selama 9 hari, dan perayaan ini dirayakan di Cuzco, Peru. Festival matahari ini selalu diadakan pada bulan Juni untuk menandai tengah musim dingin di belahan bumi bagian selatan. Anda dapat menikmati perjamuan makan mewah, kostum meriah, musik, dan reka adegan sejarah pemujaan kaum inca. Jangan lewatkan puncak festival akan terjadi pada tanggal 24 Juni.

– Antartika Midwinter Festival, merupakan perayaan titik balik matahari musim dingin yang dilakukan oleh para peneliti karena tinggal di Antartika selama sepanjang tahun, di cuaca yang ekstrim. Biasanya perayaan ini dilakukan dengan pesta makanan, menonton film, bahkan tukar hadiah tangan.

– Dong Zhi festival, China, merupakan hari saat matahari tepat di atas garis balik 23,5 derajat Lintang Selatan, yang bertepatan dengan tanggal 22 Desember atau 21 Desember pada saat tahun kabisat. Pada saat itu di belahan bumi utara mempunyai siang hari paling pendek dan malam hari paling panjang. Pada daerah-daerah utara khatulistiwa yang mempunyai iklim subtropis dan dingin, tibalah saat musim dingin. Dōngzhì Festival atau Winter Solstice Festival (Hanzi: 冬至; pinyin: dōng Zhi; “Musim Dingin Ekstrim”) adalah salah satu festival yang paling penting dirayakan oleh Tiongkok dan Asia Timur,ketika sinar matahari yang paling lemah dan siang hari terpendek. Ada pesta adat, dan bisnis akan menutup untuk hari ini. Bola ketan yang
dikenal sebagai “tang yuan” atau kita sebut “Onde”dikonsumsi sebagai simbol persatuan dan keharmonisan keluarga pada hari ini.

4. Stonehenge, tempat populer menyaksikan winter solstice

Stonehenge di Inggris adalah tempat paling populer untuk menyaksikan keduanya, solstice musim dingin dan musim panas, ini berhubungan dengan pemujaan matahari oleh kaum Pagan yang dilakukan di tempat ini pada jaman dahulu

5. Tanggal Yang Jarang Terjadi Pada Winter Solstice
Solstice musim dingin mungkin saja muncul pada 20, 21, 22 atau 23 Desember tahun ini, meskipun kecil kemungkinan terjadi pada 20 atau 23 Desember. Solstice terakhir yang tarjadi tanggal 23 adalah tahun 1903 dan akan muncul lagi tahun 2303.

Semoga pada bagian negara yang sedang mengalami musim dingin selalu menjaga kesehatan. Bagaimanapun juga saat musim dingin adalah saat suhu ekstrim terjadi. Serta banyak badai- badai yang bisa saja mendadak datang. Jadi, kita harus antisipasi untuk persiapan musim dingin tahun ini.