Menguak 10 Misteri Terfenomenal Dalam Sejarah Yang Menggegerkan Dunia

Tidak ada kebohongan atau misteri yang bertahan lama, lambat laun pasti akan diketahui kebenarannya. Walaupun sempat jadi kontroversi dan fenomenal, akhirnya hal-hal yang menimbulkan tanda tanya besar tersebut terkuak. Berikut ini adalah beberapa kisah yang fenomenal di dunia tersebut:

1. Sutradara Top Mengaku Pembuat ‘Pendaratan Pertama di Bulan’

Sutradara Top Mengaku Pembuat 'Pendaratan Pertama di Bulan'
Pendaratan manusia pertama di Bulan pada 20 Juli 1969 masih menimbulkan pertanyaan besar hingga kini. Banyak kalangan menduga bahwa pendaratan Apollo 11 dan astronot asal Amerika Serikat Neil Amstrong di bulan adalah rekayasa. Sebuah video baru diposting di Youtube menampilkan wawancara sutradara T Patrick Murray dengan sutradara ternama Stanley Kubrick, yang mengakui bahwa pendaratan di bulan adalah palsu. Kubrick mengaku kepada Murray bahwa dia telah melakukan penipuan besar terhadap publik Amerika melalui sebuah film yang dibuatnya. “Saya melakukan sebuah penipuan besar terhadap publik Amerika, melibatkan pemerintah Amerika Serikat, NASA, bahwa pendaratan di bulan adalah palsu. Bahwa pendaratan di bulan, semua adalah rekayasa, dan bahwa saya adalah orang yang memfilmkannya,” ujarnya. Kubrick mengungkapkan bahwa dia membuat film itu dan tidak ada orang yang menyadarinya, meski mereka sudah pernah melihatnya. “Itu tidak nyata. Sebuah pendaratan bulan fiksi. Sebuah fantasi. Itu tidak nyata,” katanya. Video wawancara tersebut diduga diambil tiga hari sebelum kematian Kubrick pada 7 Maret 1999. Murray mengatakan bahwa dia diizinkan mempublikasikan video tersebut setelah 15 tahun Kubrick meninggal. Dia diduga dipaksa mendatangani 88 halaman NDA untuk menjaga konten wawancara tetap rahasia selama bertahun-tahun. Murray mengatakan, berdasarkan kontrak tersebut dalam 48 jam, dia akan mempublikasikan rekaman, yang sudah diedit secara penuh pada 11 Desember 2015.

2. Penampakan Peri

Penampakan Peri
Pada tahun 1917, jauh sebelum Photoshop dan efek canggih dalam film ditemukan, serangkaian foto menunjukkan penampakan peri. Foto-foto itu diambil di Bradford, Inggris oleh dua gadis muda Elsie Wright yang kala itu berusia 16 tahun dan Frances Griffiths yang masih 9 tahun. Gambar-gambar itu jadi ramai jadi perhatian saat penulis terkenal Sir Arthur Conan Doyle, menggunakannya sebagai ilustrasi artikelnya di The Strand Magazine edisi Natal 1920 — yang membahas soal peri. Heboh pun terjadi, sejumlah orang percaya gambar itu asli, lainnya skeptis dan menduga itu palsu. Pada tahun 1980-an, salah satu dari 2 gadis tersebut mengaku foto-foto tersebut palsu, peri-peri itu dibuat dari potongan kertas dan dipasang dengan menggunakan jepitan rambut. Meski demikian, ia bersikukuh salah satu gambar asli.

3. Otopsi Alien

Otopsi Alien
Pada 8 Juli 1947 silam, insiden menghebohkan terkait unidentified flying object (UFO) terjadi di Roswell, New Mexico. Di tengah badai besar, ditemukan sebuah pesawat berbentuk mirip piring terbang, kondisinya rusak parah. Ada tiga jasad mirip manusia berpakaian metalik di sekitarnya. Seorang pebisnis Inggris mengklaim menemukan film lawas yang diklaim merekam detik-detik kecelakaan pesawat di Roswell. Ia juga mengklaim mendapatkan rekaman otopsi jasad alien. Pada tahun 2006, si pebisnis mengaku film tersebut tidak asli, melainkan rekonstruksi rekaman yang pernah ia lihat.

4. Rumah Horor Amityville

Rumah Horor Amityville
Sebuah tempat tinggal menjadi TKP pembunuhan massal. Pemilik rumah, Ronald DeFeo, Jr menembak mati 6 anggota keluarganya. Bangunan itu lalu jadi rumah kosong. Lalu, 13 bulan kemudian, George Lutz dan keluarganya pindah ke rumah yang beralamat di 112 Ocean Avenue, Amityville itu pada tahun 1976. Mereka hanya bertahan 28 hari, konon karena diteror serangkaian peristiwa aneh: pintu depan yang tiba-tiba terbanting sendiri, tempat tidur anak-anak bergerak naik dan turun secara misterius. Lalu, sebuah buku yang mengklaim berdasarkan kisah nyata beredar. Tentang rumah hantu itu. Judulnya, ‘The Amityville Horror – A True Story’. Pada tahun 1979, pengacara lokal muncul mengaku sebagai pihak yang mengarang cerita-cerita itu, dengan bayaran beberapa botol anggur.

5. John Titor Manusia Tahun 2036

John Titor Manusia Tahun 2036
Jhon titor membuat heboh dalam sebuah forum internet pada tahun 2000, pria yang mengaku berasal dari masa depan ini mengatakan bahwa kedatangannya ke masa sekarang adalah untuk menjalankan misi mengambil perangkap komputer IBM yang menurutnya bahasa unix dalam PC tersebut tidak ada pada masanya. Berikut beberapa pengakuan Jhon titur kepada publik lewat internet adalah dia mengaku lahir tahun 1998 di florida, dia mengemban tugas dari tahun 2036 untuk ke pergi ke tahun 1975 dengan misi mengambil PC IBM 5100, yg menurutnya PCitu terdapat bahasa unix yang dapat memecahkan beragam bahasa unix. menurut dia teknologi di pc itu hanya seglintir orang saja yang tahu, terutama karyawan IBM dan teknologi itu tidak pernah lagi di pasang di pc generasi selanjut nya hingga 2036. Menurut dia semua sistem unix akan menghadapi time error di tahun 2036, oleh sebab itu IBM 5100 sangat penting untuk memulihkan kondisi error seperti kesediakala. Yang mengejutkan hal ini langsung di akui oleh pihak IBM , dan mereka kaget, karena hanya 5 org yg mengetahui hal itu, dan itu pun terjadi pada tahun 1975. Terang saja hal ini semakin menguatkan eksistensi John Titor. Namun ada juga sebagian orang yang menuding IBM ada dibalik isu ini untuk mengangkat nama perusahaan mereka yang mulai tenggelam akibat persaingan. John mengaku mesin waktu yg di pakainya adalah C204 yang dapat memuat sampai 3 org mesin ini dimiliki oleh militer amerika di tahun 2036, dan mesin waktu bukan barang yang aneh di masa dimana ia hidup, Mesin waktu tersebut juga memiliki batasan. Mesin ini hanya mampu membawa penumpangnya maksium 60 tahun ke masa silam dgn kecepatan 10 tahun per jam. Namun di salah satu pernyataan, John mengatakan bila Olimpiade 2004 adalah olimpiade terakhir, olimpiade selanjutnya dilaksanakan tahun 2040. Namun kenyataannya olimpiade Beijing berlangsung lancar tahun 2008. Melalui fakta-fakta tersebut dapat disimpulkan cerita mengenai John Titor itu hanya kebohongan belaka. Sebenarnya dia sudah menyebutkan prediksi-prediksi lainnya mengenai masa depan mengenai perang dunia tahun 2015 dan bencana lainnya berada di seri Naked Science. Alasan mereka berbuat begitu adalah bukan hanya pencarian sensasi, tetapi juga motif ekonomi. Lihat saja di website John Titor sendiri, dijual „John Titor The Time Traveler’s Tale“ seharga 100 dollar, “John Titor Graviti Distortion Gear”, sampai John Titor Bumper Sticker and Mugs.

6. Foto Monster Loch Ness

Foto Monster Loch Ness
Legenda kuno Skotlandia bercerita tentang ular laut raksasa yang hidup di perairan Loch Ness. Pada tahun 1934, Kolonel Robert Wilson, yang sangat terhormat (ahli bedah Inggris), mengatakan bahwa ia melihat sesuatu bergerak di dalam air dan mengambil gambar itu. Gambar yang dihasilkan menunjukkan leher naik seekor ular keluar dari Loch. Foto kemudian dikenal sebagai “Foto pembedahan” dan selama beberapa dekade itu dianggap fakta nyata ular raksasa. Tidak sampai tahun 1994, sebelum kematiannya, Spurling Kristen (pada usia 90), mengaku ia terlibat dalam komplotan, bersama Wetherell dan Kolonel Wilson, untuk menciptakan foto yang sensasional. Rupanya motif Wetherell adalah balas dendam, karena tahun sebelumnya ia merasa malu ketika jejak kaki raksasa yang ia temukan hanyalah jejak kuda nil .

7. Misteri Batu Berjalan di Racetrack Playa

Misteri Batu Berjalan di Racetrack Playa
Batu berjalan menjadi salah satu misteri yang paling menarik dari Death Valley National Park, tepatnya di danau kering Racetrack Playa, California-AS. Batu berjalan itu dapat ditemukan dengan mudah di permukaan Playa dengan jejak panjang di belakangnya. Bagaimana mereka dapat bergerak atau berpindah masih menjadi misteri besar di benak para peneliti. Pasalnya, batu yang berjalan tidak hanya batu kecil yang mudah tertiup oleh angin. Tapi ada beberapa batu besar dengan berat ratusan kilogram yang juga turut “jalan-jalan”. Tapi pada Desember 2013, Richard Norris, penulis penelitian, serta sepupu Norris, Jim Norris, datang ke ‘Lembah Kematian’. Kala itu mereka menemukan danau, yang juga disebut Playa itu, sedang tertutup air dengan ketinggian sekitar tujuh sentimeter. Tak lama setelah itu, mereka melihat sebuah keajaiban, batu-batu di hadapan mereka bergerak. “Ilmu pengetahuan kadang-kadang memiliki unsur-unsur keberuntungan,” kata Norris. Fenomena ini telah membalikkan teori-teori yang sebelumnya banyak bermunculan, seperti kekuatan badai, setan debu, alga licin, atau lembaran es yang tebal, yang mempengaruhi pergerakan batu itu. Sebaliknya, batu-batu itu bergerak di bawah angin spoi-spoi, yang berhembus 3 hingga 6 meter perdetik dan didorong dengan es yang tebalnya hanya 3 hingga 5 milimeter saja. Ukuran yang sangat mustahil untuk mengangkat batu-batu besar. Namun ternyata, es tipis itu justru telah mengurangi gesekan dengan permukaan tanah. Menurut pengamatan, batu-batu itu bergerak lamban, hanya sekitar 2 hingga 6 meter per menit. Sebuah pergerakan yang nyaris tak bisa dilihat dari kejauhan. Namun para ilmuwan itu belum pernah melihat batu-batu besar bergerak dengan mekanisme seperti yang ditemui di Lembah Kematian ini.

8. Kebohongan Drama Penembakan Osama Bin Laden

Kebohongan Drama Penembakan Osama Bin Laden
Seorang wartawan AS pemenang hadiah Pulitzer, Seymour Hersh, membuat tudingan menghebohkan terkait operasi militer AS yang menewaskan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden. Pemerintah AS, ujar Hersh, menipu dunia soal kematian Bin Laden sehingga pemerintahan Presiden Barack Obama bisa mengklaim kemenangan perang melawan Al Qaeda. Hersh menuding, pemerintah AS sebenarnya sudah mengetahui posisi Bin Laden, yang diyakini sebagai dalang selangan 11 September di New York, di kota Abottabad, Pakistan. Di kota itu, Bin Laden selama bertahun-tahun tinggal di sebuah rumah besar yang berlokasi tak jauh dari sebuah akademi militer Pakistan. Abottabad memang dikenal sebagai kota militer Pakistan. Kemudian Dinas Intelijen AS (CIA) mengetahui posisi Bin Laden setelah seorang pejabat tinggi intelijen Pakistan memberikan informasi itu kepada CIA dengan harapan mendapatkan hadiah uang sebesar 25 juta dolar AS. Berdasarkan investigasinya, Hersh menyebut pemerintahan Obama sudah melakukan negosiasi dengan pemerintah Pakistan dan dinas intelijen negeri itu, ISI, sebelum menyerbu kediaman Bin Laden di Abottabad. Namun, kemudian pemerintahan Obama mengatakan operasi penyerbuan ke Abottabad itu adalah sebuah operasi infiltrasi rahasia. Dengan mengutip seorang sumber anonim, Hersh mengatakan ISI mematikan aliran listrik ke kediaman Bin Laden sebelum pasukan elite Navy SEAL menyerbu rumah itu demi mencegah intervensi militer Pakistan. Menurut sejumlah laporan yang dikutip Hersh, tak ada baku tembak dalam penggerebekan itu dan satu-satunya peluru yang dilepaskan adalah yang memutus nyawa Osama bin Laden. Presiden Obama menyembunyikan kebenaran di balik operasi ini menjelang pemilihan demi meningkatkan popularitas pemerintahannya. Demikian klaim Hersh.

9. Kebohongan Sejarah Manusia Purba

Kebohongan Sejarah Manusia Purba
Pada tahun 1912 seorang ahli palaentologi amatir bernama Charles Dawson mengklaim bahwa dia telah menemukan sebuah tulang rahang dan fragmen tengkorak di sebuah lubang dekat Piltdown, Inggris. Tulang itu mirip tulang rahang hewan namun gigi dan tengkoraknya seperti milik manusia. Spesimen ini dinamakan Manusia Piltdown dan diduga berumur 500.000 tahun. Rekonstruksi terhadap manusia Piltdown dilakukan dan setelah dipajang di berbagai mueium sebagai bukti nyata evolusi manusia. Selama lebih dari 40 tahun sejumlah penafsiran dan gambar dibuat. Banyak artikel ilmiyah tentang manusia piltdown ini, termasuk 500 tesis doktor tentangnya. Namun pada tahun 1953, hasil pengujian secara menyeluruh terhadap fosil tersebut menunjukkan kepalsuannya. Tengkorak tersebut berasal dari manusia yang hidup beberapa ribu tahun yang lalu, sedangkan tulang rahangnya berasal dari bangkai kera yang baru terkubur beberapa tahun. Gigi-giginya ditambahkan kemudian agar terlihat mirip manusia lalu persendiannya disumpal. Setelah itu seluruh fosil diwarnai dengan potasium dokromat agar tampak kuno.

10. Siaran Radio The war of the Worlds.

Siaran Radio The war of the Worlds.
Ini mungkin dianggap sebagai hoax paling terkenal di dunia entertainment, di tahun 1938 sebuah stasiun radio menyiarkan versi dari HG Wells, War of the Worlds namun buntutnya adalah histeria massal dan kepanikan bagi para pendengarnya, siaran tersebut dibacakan oleh Orson Welles pada malam Halloween. Kisah ini ditampilkan seolah-olah seperti sebuah laporan berita yang kemudian disela oleh sebuah laporan cuaca, yang menyebabkan banyak orang percaya siaran berita radio tersebut tentang invasi dari Mars ke bumi benar-benar terjadi. Sekitar 6 juta orang mendengarkan acara radio tersebut yang menyebabkan kantor-kantor polisi dibanjiri oleh panggilan bahaya, di sebuah kota kecil di Washington siaran tersebut bertepatan dengan kegagalan pada daya pembangkit listrik yang aneh untuk kota tersebut yang menyebabkan orang-orang dikota tersebut mempersenjatai diri mereka dengan senjata dan melarikan diri ke pegunungan. Serangan balasan dari media lainnya atas siaran radio tersebut cukup banyak sebenarnya, dan stasiun radio CBS yang menyiarkan hal yang sebenarnya narasi dari sebuah novel namun dikemas seperti sebuah pembacaan berita,berjanji untuk tidak pernah melakukan lagi hal serupa seperti itu.

Begitulah kebohongan-kebohongan terfenomenal yang akhirnya terkuak. Adapula salah satu hoax terbesar dalam sejarah Amerika yakni raksasa dari Cardiff, fosil manusia tersebut hanya sebuah kebohongan dan hanya merupakan sebuah patung buatan terbuat dari gipsum.