7 Tragedi Sinkhole Mengerikan Ditahun 2015 Yang Muncul Tiba – Tiba, Hebohkan Dunia

Peristiwa sinkhole memang sering terjadi di berbagai negara belahan dunia. Penyebabnya terjadinya sinkhole sendiri masih belum pasti. Namun akibat insiden tersebut merugikan banyak warga bahkan terdapat korban luka – luka. Berikut tragedi sinkhole yang meuncul secara tiba – tiba :

1. Sinkhole yang terjadi di Meridian, Mississippi

Sinkhole yang terjadi di Meridian, Mississippi
Sebuah sinkhole besar terjadi di depan restoran IHOP di Meridian, Mississippi pada Sabtu 7 November 2015 waktu setempat. Kejadian itu membuat para pengunjung dan karyawan terkejut bukan main. Penyebab timbulnya sinkhole belum diketahui pasti, tapi curah hujan cukup tinggi di daerah itu kemungkinan berkontribusi membuat lubang besar itu. Lubang itu kira-kira selebar 50 kaki atau sekitar 15 meter, memanjang dari depan restoran ke Sowashee Creek dengan kedalaman hampir 600 kaki atau setara 182 meter dan menelan kurang lebih 15 kendaraan dalam sekejap.

2. Sinkhole yang terjadi di Inggris

Sinkhole yang terjadi di Inggris
Sinkhole besar tiba-tiba muncul di jalanan perumahan di St Albans, Inggris. Evakuasi warga yang berada di dekat lokasi lubang raksasa itu sempat dilakukan. Lubang yang diperkirakan berdiameter 65 kaki atau sekitar 20 meter itu berada di depan taman dan jalan di Fontmell Close. Dalamnya kira-kira 33 kaki atau 10 meter. Sinkhole tersebut membuat saluran gas dan pasokan listrik lebih dari 50 properti terputus, dan 58 rumah di daerah itu saat ini tanpa gas, listrik dan air, termasuk warga di dekatnya di Bridal Close.

3. Sinkhole yang terjadi di Queensland, Australia.

Sinkhole yang terjadi di Queensland, Australia.
Sinkhole besar tiba-tiba muncul di Semenanjung Queensland, Australia. Kemunculan lubang besar itu pun menuai kekhawatiran. “Sinkhole yang menelan hampir 200 meter dari tepi pantai indah itu bisa menelan semuanya,” imbau seorang insinyur teknis. Sekitar 300 orang yang tengah berkemah ketakutan dan dievakuasi dari Inskip Point dekat Rainbow Beach, Sabtu (26/9/2015). Tidak lama setelah sinkhole itu terbentuk di dekat pantai dan menelan mobil, van, tenda, dan trailer milik orang yang berkemah. Para ahli kemudian mempersenjatai diri menggunakan radar penembus tanah untuk menilai daerah dekat sinkhole, tepat di sebelah selatan Pulau Fraser di Queensland tenggara. Kemudian insinyur geoteknik, Allison Golsby, menyampaikan laporan mengejutkan bahwa diperkirakan seluruh semenanjung bisa tersedot dan hilang. Menurut Golsby, area itu memang memiliki sejarah terbentuknya sinkhole dan harus dimonitor secara saksama. Pihak berwenang mengatakan, sinkhole sedalam 3 meter itu menelan sedikit bagian area berkemah MV Beagle. Beruntung semua orang yang tengah berkemah saat liburan sekolah di tempat wisata populer itu berhasil melarikan diri tanpa cedera ketika sinkhole terjadi. Queensland Department of National Parks, Sport and Racing kemudian mendesak orang-orang untuk menghindari daerah Inskip Point, mengamati lalu lintas di sana dan mengeluarkan peringatan. Departemen itu mengatakan, area kamping MV Beale dan bagian timur wilayah MV Sarawak ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut. kejadian ini bukan pertama kali terjadi pada tahun 2011 juga pernah muncul sinkhole.

4.  Sinkhole yang terjadi di Amerika Serikat

Sinkhole yang terjadi di Amerika Serikat
Sebuah sinkhole besar terbentuk di Madison Wisconsin, Amerika Serikat. 3 Mobil dilaporkan tertelan lubang besar tersebut. Sekitar 300 warga diungsikan dari sebuah kompleks apartemen di Madison setelah pipa air pecah dan timbulnya sinkhole mengerikan itu. Sejauh ini, warga di 4 bangunan dekat sinkhole terbentuk diungsikan pihak berwenang karena khawatir terjadi kebocoran gas. Ada laporan 2 bangunan terputus aliran listrik dan air. Para pejabat mengatakan warga mungkin perlu untuk menghabiskan malam di tempat lain, hingga pemberitahuan lokasi itu aman. Lubang besar atau sinkhole raksasa sebelumnya di AS muncul di persimpangan Brooklyn, New York. Besarnya lubang runtuhan, membuat sebagian jalan tertelan akibatnya. Sinkhole besar juga pernah terjadi di Governors Stadium, lapangan sepak bola di Austin Peay State University, Tennessee, AS.

5. Sinkhole yang terjadi di Colorado

Sinkhole yang terjadi di Colorado
Sinkhole atau lubang besar di Jalan Oxford Avenue, Kota Sheridan, Colorado menelan kendaraan dinas jenis SUV milik seorang petugas kepolisian Denver. Sersan Greg Miller mengatakan “Saya sadar telah tercebur ke dalam lubang. Hanya terlihat tanah di sekeliling saya”. Menurut Miller, kejadian itu datang mendadak ketika ia sedang bertugas sekitar jam 02.00 dini hari dekat pertokoan River Point. Lalu tiba-tiba mobil SUV yang ditumpanginya terasa tenggelam semakin dalam, sehingga diperlukan alat berat untuk segera mengeluarkannya.

6. Sinkhole yang terjadi di Korea Selatan

Sinkhole yang terjadi di Korea Selatan
Insiden terbentuknya lubang secara tiba-tiba atau sinkhole dilaporkan terjadi Seoul, Korea Selatan. Dua orang penumpang kereta yang baru turun menjadi korban munculnya lubang di trotoar dekat stasiun kereta api di kawasan Yongsan. Beruntung keduanya selamat, meski mengalami luka ringan akibat terjatuh di lubang sedalam 3 meter.

7. Sinkhole yang terjadi di China

Sinkhole yang terjadi di China
Sinkhole besar di China dilaporkan menelan 5 pengguna jalan yang tengah menunggu di halte bus. Adegan dramatis saat kelimanya tersedot ke dalam lubang besar itu, terekam dalam kamera CCTV di sekitarnya. Dalam rekama tersebut terlihat para pejalan kaki itu tengah berjalan di trotoar ketika tiba-tiba terjebak ke dalam sinkhole. Tiga orang jatuh ke dalam lubang besar itu, sementara seorang wanita tersangkut pada pipa yang berada di bawah trotoar. Orang lain yang berdiri di tepi, juga jatuh ke sisi lubang tersebut. Akibat insiden tersebut empat orang luka-luka. Diketahui sinkhole tersebut memiliki kedalaman dua meter.

Sinkhole biasanya terjadi di daerah di mana batuan di bawah permukaan tanah yang biasanya terbuat dari batu kapur, batu pasir dan batu lunak lainnya. Air menumpuk di batu, kadang-kadang karena pipa air pecah, hujan deras atau air tanah yang secara bertahap mengikis lapisannya yang menyebabkan sinkhole.