Muhammad Ridzky Khalid, Anak Pertama Presenter Kawakan Farhan Meninggal Dunia Akibat Leukimia

Menjelang penghujung tahun, kabar duka masih menghantam dunia hiburan Indonesia. Kabar duka menyelimuti keluarga Muhammad Farhan atau yang akrab disapa Farhan. Anak pertama Farhan, Muhammad Ridzky Khalid, meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada hari ini, Minggu (20/12/2015). Kabar tersebut diketahui pertama kali dari sahabat Farhan, Indy Barends. Presenter senior itu menyampaikannya melalui akun media sosial. “Telah berpulang dengan tenang M Rizki / bin M Farhan , putra pertama dari sahabat kami Farhan ❤️ Semoga Kiki diberikan tempat yg layak di sisiNya ,dan Farhan sekeluarga diberi ketabahan dan kekuatan,” demikian kata-kata yang dituliskan Indy. Ridzky mengembuskan nafas terakhirnya dalam usia 16 tahun. Ucapan belasungkawa membanjiri akun Twitter Farhan, mulai dari Tora Sudiro, Soleh Solihun, hingga Ronal Suraprdaja. Berikut sederet ulasan mengenai meninggalnya anak presenter kawakan Farhan.

1. Penyebab Putra Pertama Farhan Meninggal Dunia
Muhammad Ridzky Khalid, anak pertama pasangan presenter Farhan dan istrinya, Aya, diketahui meninggal dunia pada Minggu (20/12/2015). Ridzky meninggal pada usia 16 tahun. Muhammad Ridzky Khalid lahir pada 20 Juni 1999. Sejak lahir, putra pertama Farhan divonis menderita kelainan paru-paru. Saat masih berusia 1 bulan, Ridzky harus menjalani operasi di bawah dadanya di bagian abdomen di sekitar perut.
Menurut Wahyu, kerabat Farhan, Ridzky diketahui sudah berada di rumah sakit sejak awal bulan Desember 2015. Ia diketahui menderita penyakit kanker darah (leukimia). “Meninggalnya karena leukimia,” ucap Wahyu saat ditemui awak media di kediaman ibunda Farhan di Jalan Pahlawan Raya, Rempoa, Tangerang Selatan, Minggu (20/12/2015). Wahyu menyebut kalau Ridzky sudah mendapat penanganan dokter sejak tiga minggu terakhir karena penyakit yang dideritanya. “Tiga hari terakhir ini kondisi Ridzky drop. Sampai akhirnya dapat informasi meninggal dunia pukul 10.20 WIB hari ini,” ungkap Wahyu. Kabar duka ini pun turut dibenarkan oleh manager Farhan, Heka. Ia juga menjelaskan jika kondisi Kiki sudah drop seminggu terakhir. Selain itu penyakit leukimia yang dideritanya juga baru diketahui sekitar tiga minggu lalu. Adapun upaya untuk kemoterapi pun menurut dokter sudah terlambat pasalnya Kiki sudah mengalami koma. “Seminggu terakhir dia drop. Kita baru tahu kena leukimia tiga minggu lalu. Udah stadium lanjut, jadi mau di kemo sudah gak keburu karrna sudah koma,” ujar Heka Irawan selaku manager Farhan. Manajer Farhat firasat atas kepergian Kiki sebenarnya sempat muncul saat dia dirawat di rumah sakit. Remaja yang masih berusia 16 tahun itu sempat berkata ingin pulang. Rencananya jenazah
anak Muhammad Farhan ini akan dikebumikan hari Senin, 21 Desember 2015.

2. Pesan Terakhir Anak Farhan Sebelum Meninggal
Minggu (20/12/2015) adalah hari penuh duka untuk presenter Muhammad Farhan. Anaknya pertamanya yang bernama Muhammad Ridzky Khalid telah berpulang akibat penyakit leukimia yang dideritanya. Sebagaimana diungkapkan oleh manajer Farhat, Heka Irawan, firasat atas kepergian Kiki sebenarnya sempat muncul saat dia dirawat di rumah sakit. Remaja yang masih berusia 16 tahun itu sempat berkata ingin pulang. “Beberapa hari terakhir dia (Kiki) mengeluh capek. Dia berkata pada orang tuanya bahwa dia ingin pulang karena sudah tidak tahan dengan rasa sakit yang dialaminya,” ungkap Heka Irawan saat dihubungi awak media pada Minggu (20/12/2015) lewat telepon. “Mungkin maksudnya pulang adalah itu (kembali ke pangkuan Tuhan),” ucap Erwin Parengkuan. Hal yang sama diungkapkan sahabat Farhan, Erwin Parengkuan. Menurut dia, saat berada di kamar rumah sakit, Ridzky sudah meminta kepada kedua orangtuanya, Farhan dan Aya, untuk pulang. “Mungkin maksudnya pulang adalah itu
( kembali ke pangkuan Tuhan ),” ucap Erwin Parengkuan, saat ditemui di rumah duka di kawasan Rempoa, Tangerang Selatan, Minggu (20/12/2015), malam. Diakuinya, pesan terakhir Ridzky disampaikan kepada orangtuanya sebelum koma. “Dia bilang itu sebelum tidak sadarkan diri, koma kurang lebih delapan hari,” dia menerangkan.

3. Farhan Tak Tahu Anaknya Idap Leukemia
Muhammad Ridzky Khalid, putra presenter Farhan, semula hanya mengeluh tak enak badan dan sakit. Sebagai orangtua yang sigap dan tanggap dengan anaknya, Farhan pun membawa Ridzky ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan dokter. Menurut Eka, manajer Farhan, presenter 45 tahun itu tak tahu jika anaknya mengidap penyakit mematikan. Ia baru mengetahui hal tersebut saat proses pemeriksaan kesehatan Ridzky diperoleh dokter. Bak petir di siang bolong, Farhan pun tertegun mengetahui hasil pemeriksaan dokter menyebut Ridzky terkena leukemia. “Langsung drop Mas Farhan ketika itu. Dia waktu dengar itu lagi di rumah,” tutur Eka. Berdasarkan pemeriksaan dokter, kanker darah yang menyerang Ridzky tak bisa dibilang ringan. “Begitu terdeteksi, sudah (stadium) lanjut,” kata dia. Ridzky pun akhirnya menyerah melawan penyakitnya. Ridzky dipastikan meninggal dunia di usia 16 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada pukul 13.40 WIB, Minggu (20/12/2015).

4. Duka Farhan Anak Pertamanya Meninggal Dunia
Setiap orangtua pasti bangga akan anaknya. Begitu juga dengan presenter Farhan. Meski anak pertamanya, Muhammad Ridzky Khalid anak berkebutuhan khusus, namun Farhan mengatakan kalau sang buah hati adalah sosok anak yang kuat. Dikatakan Farhan, Ridzky sama sekali tidak pernah mengeluh sekalipun tengah sakit. “Dia itu sangat luar biasa dan sangat kuat. Dia tidak pernah mengeluh meski dia adalah anak berkebutuhan khusus tapi dia sangat ceria,” cerita Farhan saat berhasil ditemui awak media, Senin (21/12/2015). Meski terlihat sangat tegar, namun Farhan tetap tidak bisa menyembunyikan kesedihan karena Ridzky telah dipanggil Sang Maha Kuasa. “Saya ingat dulu waktu kita (Farhan dan Ridzky) mengisi acara 2014 di depan Ibu Ani Yudhoyono. Kita bercanda sama-sama. Dia itu anak yang paling ceria di keluarga,” urai Farhan lagi. Muhammad Ridzky Khalid merupakan anak pertama dari pernikahan Farhan dan Aryatri. Ridzky lahir pada 20 Juni 1999 silam. Selain Ridzky, Farhan juga punya satu putra lagi bernama Muhammad Bisma Wibisana yang lahir pada 11 Juni 2001.

5. Farhan Merasa Kehilangan Harapan saat Anaknya Meninggal
Farhan masih terlihat masih tak percaya dengan takdir Tuhan soal singkatnya waktu bersama sang putra, Muhammad Ridzky Khalid. Ia tak menyangka harus berpisah dengan anaknya yang masih terbilang muda. “Saya sampai sekarang ini enggak punya firasat kalau Kiki (panggilan Ridzky) akan pergi,” ucap Farhan saat menggelar jumpa pers di rumah duka di kawasan Rempoa, Tangerang Selatan, Minggu (20/12/2015) malam. “Malah sebetulnya saya khawatir saya yang kena risiko kematian duluan. Karena kerjaan saya banyak travelling, di tempat-tempat ekstrem. Enggak kepikiran kalau dia yang akan mendahului,” ucap presenter 45 tahun itu. Bagi Farhan, anak adalah segala-galanya dalam hidup. Kehilangan anak dianggapnya sebagai kehilangan terbesar untuk orang-orang yang dicintainya. “Siapa pun akan kuat kehilangan orang-orang yang dicintainya. Tapi kalau kehilangan anak, itu kita seperti kehilangan harapan. Ada cahaya yang tiba-tiba redup,” curhat Farhan mengeluarkan kesedihan hatinya. Putra Farhan diketahui meninggal dunia karena penyakit kanker darah atau leukimia. Penyakit tersebut membuat kondisi kesehatan Ridzky menurun hingga akhirnya tutup usia.

Semoga amal dan ibadah Muhammad Ridzky Khalid, putra presenter Farhat tersebut dapat di terima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Semoga, ini juga dapat menjadikan pelajaran bahwa kesehatan sangatlah penting. Pemeriksaan dini tubuh walaupun tidak dalam sakit itu pun sangat perlu. Karena kita tidak tahu bagaimana kondisi tubuh kita sebenarnya.