Menguak 8 Fakta Dari Figur Google Doodle, Ludwig van Beethoven Sang Komposer Dunia

Potret Ludwig van Beethoven hiasi laman Google dengan Doodle unik, didesain oleh desainer Leon Hong, seniman Nate Swinehart, dan insinyur Jonathan Shneier dan Jordan Thompson untuk merayakan ulang tahunnya ke-245. Konsep yang diusungnya adalah mengambil bentuk teka-teki musikal dengan animasi, yang mendokumentasikan perjalanan Ludwig ke balai simfoni. Meski kapan komposer terkenal asal Jerman ini lahir tidak diketahui secara pasti, namun 17 Desember diketahui sebagai tanggal pembaptisan Beethoven. Jadi salah satu komposer paling berpengaruh, Beethoven dikenal baik melalui Ninth Symphony. Berikut fakta menarik dari Ludwig van Beethoven :
Ludwig van Beethoven
1. Ludwig van Beethoven terlahir dari pasangan Maria Magdalena Keverich dan Johann van Beethoven. Ayahnya, Johann van Beethoven, adalah guru musik pertamanya, yang merupakan seorang penyanyi. Legenda mengatakan bahwa dia adalah seorang instruktur yang keras, dan ketikan Ludwig van Beethoven masih kecil sering dibuat menangis.

2. Pada usia sepuluh tahun, ayahnya menarik ia keluar dari sekolah dengan harapan menghasilkan uang dari bakat Beethoven. Akibatnya, tulisan tangannya sangat buruk, dan karena itu pula ia berjuang keras untuk membuat keaslian dan kekhasan tanda tangannya.

3. Ketika Ludwig berusia 16 tahun, sang ibu meninggal dunia, Ludwig harus membesarkan kedua adik laki-lakinya. Musik sudah jadi napas utama di keluarga Beethoven. Namun, sang ayah berusaha menjual talenta musik ketiga putranya, termasuk Ludwig, dengan cara-cara yang tidak seharusnya.

4. Hubungan percintaan yang tidak berbalas pernah membuat Ludwig gila. Ia jatuh cinta dengan seorang perempuan bangsawan. Hanya orang biasa, Beethoven tidak pernah punya cukup materi untuk meminang sang pujaan hati. Akhirnya, Ludwig tidak pernah menikah.

5. Karir yang gemilang telah ia peroleh, hampir semua karya komposer terkenal asal Jerman tersebut bisa diterima masyarakat dunia dengan cara terbaik yang bisa didapatkan seorang komposer. Sepanjang masa, Ninth Symphony hampir selalu hadirkan tepuk tangan meriah. Semasa hidupnya Ludwig van Beethoven memberikan pengaruh yang besar pada musik klasik. Selain itu Ludwig juga tercatat sebagai komponis yang berhasil melakukan transisi yang apik antara musik klasik dan romantis ke dalam musik barat modern. Salah satu karyanya yang terkenal Simponi 5 (fifth symphony) menjadi master piece yang selalu dimainkan dalam setiap konser musik klasik di seluruh dunia. Hubungan percintaan yang tidak berbalas, hal itu justru memberinya amunisi emosional bagi beberapa karya terbesarnya, seperti ‘Für Elise’ dan ‘Moonlight Sonata’.

6. Seperti yang kita ketahui karya-karya Beethoven seperti Fifth Symphony, Fur Elise, Moonlight Sonata dan Ode To Joy cukup dikenal baik oleh penikmat musik dunia. Salah satu karyanya yang selalu dipakai dalam liturgi gereja Katolik adalah Missa Solemnis dan opera Fidelio, sebuah karya klasik tentang kesetiaan pada iman dengan overture yang menakjubkan sekaligus menggetarkan para penonton.

7. Ketika berusia 26 tahun, Ludwig mulai tersiksa akibat pendengaran yang berkurang dan dipuncak kariernya, Ludwig mulai kehilangan pendengaran(tuli) sehingga pergelaran konser dan berbaur dengan lingkungan sosial pun kian sulit dirasakannya. Ia juga memiliki denyut jantung tidak teratur, yang juga diyakini telah mengilhami sebagian karyanya. Kendati demikian, musik Ludwig van Beethoven memang unggul dan ia memainkan peran penting dalam transisi antara era Klasik dan Romantik dalam dunia musik Barat.

8. Hembuskan napas terakhir pada 26 Maret 1827, kelainan di organ hati diduga jadi awal mula pemicu penyakit yang berujung pada kematian Ludwig van Beethoven. Kabarnya, sirosis yang menjalar ke sipilis, kemudian berakibat pada keracunan yang berasal dari obat pemberian dokter jadi penyebab sang komposer dunia harus menutup usia.

Semoga setelah menjadi Google Doodle masyarakat dunia kenal dan tidak lupa terhadap sosok Ludwig van Beethoven. Google memang sangat kreatif dalam pembuatan Doodle dilaman utamanya sebagai peringatan event tertentu.