6 Hal Menarik Dari Sosok Di Google Doodle, BKS Iyengar Sang Guru Yoga Legendaris Dunia

Google kerap kali membuat doodle khusus untuk memperingati momen-momen berkesan, seperti yang tengah dipajang di halaman utamanya hari Senin (14/12/2015), yakni sosok animasi seorang guru yoga legendaris dunia, BKS Iyengar. Hari ini adalah hari kelahiran sang pionir di ranah yoga modern, dan secara spesial Google membuatkan doodle animasi yang memperlihatkan gerakan-gerakan khas dari yoga ciptaan Iyengar. Berikut hal menarik dari sosok di Google Doodle, BKS Iyengar :

BKS Iyengar Sang Guru Yoga Legendaris Dunia

1. Kelahiran dan Kematian BKS Iyengar
BKS Iyengar bernama lengkap Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar lahir pada 14 Desember 1918 di Belur, Karnataka, India. Pada saat itu wilayah setempat terserang wabah penyakit flu. Bahkan, sang ibu pun turut terjangkit flu ketika melahirkan Iyengar. Karena kondisi sang ibu dan wilayah tidak sehat, sang guru yoga dunia tersebut lahir dengan kondisi terbilang lemah. Iyengar meninggal dunia pada tanggal 20 Agustus 2014 lalu dalam usia 95 tahun, karena gagal jantung dan gagal ginjal. Kepergiannya meninggalkan simpati luas dari masyarakat dunia. Bahkan Perdana Menteri India, Narendra Modi, berujar bahwa generasi penerus akan senantiasa mengingat Iyengar sebagai seorang guru yang baik, ilmuwan hebat, dan sosok yang berhasil memperkenalkan yoga ke seluruh dunia.

2. Kehidupan BKS Iyengar
BKS Iyengar tumbuh di keluarga miskin, Iyengar merupakan anak kesebalas dari tiga belas bersaudara dari pasangan Sheshamma dan Sri Krishnamachar. Karena sejak lahir kondisi tubuh Iyengar sangat lemah, tidak heran jika saat beranjak remaja pun Iyengar kerap jadi korban sederet penyakit “khas” India, yakni malaria, tipus, dan TBC. Saat Iyengar berumur 5 tahun keluarganya pindah ke Bangalore, namun kurun waktu 4 tahun, ayahnya meninggal karena usus buntu. Ketika Iyengar berusia 15 tahun, seorang kerabatnya bernama Sri Tirumalai Krishnamacharya, memperkenalkannya tentang olah raga yoga sebagai usaha untuk membangun ketahanan tubuh terhadap penyakit. Iyengar diminta datang ke Mysore untuk belajar dan latihan disana, yang terus menerus dilakukan untuk memperbaiki kesehatannya. Kemudian pada saat usia 18 tahun, dengan dorongan Krishnamacharya Iyengar pindah ke Pune untuk berlatih yoga dan mengajarkan teknik-tekniknya kepada orang lain.

3. Karir BKS Iyengar
Iyengar menciptakan aliran yoga sendiri, yang disebut “Iyengar Yoga” dan mendirikan studio yoga di 72 negara di seluruh dunia, di mana para praktisi yoga diajarkan cara untuk meningkatkan pernapasan, konsentrasi dan meditasi. Pada pertengahan 1950-an, Iyengar Yoga menyebar ke wilayah Eropa, di mana ia mulai mengajari banyak orang baru, termasuk pemain biola Yehudi Menuhin dan penulis Aldous Huxley. Karir Iyengar sebagai praktisi yoga dimulai setelah ia lulus dari sebuah sekolah yoga di Kota Pune, India, pada tahun 1973 silam. Saat itu, ia mulai mengembangkan praktek yoga menggunakan beberapa alat bantu, seperti tali, ikat pinggang, dan lain sebagainya, guna membuatnnya mudah dilakukan oleh khalayak luas. Berkat pelatihannya dengan Krishnamacharya, Iyengar pun berhasil menorehkan prestasi-prestasi besar salah satunya sebagai guru yoga terbaik di dunia.

4. Karya BKS Iyengar semasa hidupnya
Semasa hidup, BKS Iyengar aktif menulis tentang praktik yoga dan filosofi hidup. Beberapa karya mendiang berupa buku yang berjudul Light on Yoga, Light on Pranayama, dan Light on the Yoga Sutras of Patanjali. Buku panduan yoga berjudul “Light on Yoga” yang telah diterjemahkan ke dalam 17 bahasa dan laku puluhan juta copy, membuatnya menjadi rujukan utama bagi perkembangan praktek yoga di seluruh dunia.

5. Penghargaan yang diraih BKS Iyengar
Ketika sukses sudah digenggam, maka sederet penghargaan pun kerap dibawa pulang oleh BKS Iyengar. Laki-laki yang menghembuskan napas terakhir pada 20 Agustus 2014 lalu ini sempat menerima penghargaan Padma Shri di tahun 1991, Padma Bhushan pada 2002, dan 2014 untuk Padma Vibhusan. Bahkan, Iyengar pun dinobatkan sebagai 100 orang paling berpengaruh di dunia oleh majalah Time 11 tahun silam.

6. Keluarga BKS Iyengar
BKS Iyengar menikah dengan Ramamani Iyengar. Mereka memiliki enam anak, yaitu Geeta Iyengar, Prashant Iyengar, Sunita Iyengar, Vanita Iyengar, Savita Iyengar, dan Suchita Iyengar.

Kali ini, laman Google khusus menyuguhkan animasi seorang guru yoga legendaris yoga modern, BKS Iyengar. Hal ini di dedikasikan untuk merayakan ulang tahun BKS Iyengar yang ke-97 (14/12/2015). Selain itu Google juga memiliki tujuan agar masyarakat mengenal dan mengenang sosok guru yoga legendaris dunia tersebut.