9 Restoran Fast Food Paling Sukses dan Berpengaruh Di Era Globalisasi Masa Kini

Makanan fast food atau dalam bahasa Indonesia berarti makanan cepat saji adalah jenis makanan yang dikemas, mudah disajikan, praktis, atau diolah dengan cara sederhana. Makanan tersebut umumnya diproduksi oleh industri pengolahan pangan dengan teknologi tinggi dan memberikan berbagai zat aditif untuk mengawetkan dan memberikan citarasa bagi produk tersebut. Makanan cepat saji atau yang lebih populer di katakan sebagai fast food menjadi pilihan bagi orang yang tidak memiliki waktu untuk menyajikan makanannya sendiri. Hal ini terjadi di negara maju, istilah “Time is Money” menjadi bagian dari kehidupan orang-orang di kota besar. Kehadiran makanan cepat saji memang membantu bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu banyak untuk menyantap makanannya. Tidak heran, restoran cepat saji juga sangat merajalela di dunia. Berikut ini adalah ulasan seputar fast food paling laris di dunia.

1. MCDONALD’S

Perusahaan McDonald adalah salah satu restoran yang paling sukses saat ini. Restoran cepat saji itu dibangun sejak tahun 1948 dan mampu bertahan dan bertambah banyak sampai sekarang. Mcdonald dimulai pada tahun 1940, sebagai sebuah restoran yang dibuka oleh dua orang bersaudara Richard dan Maurice McDonald di San Bernardino, California. Pengenalan mereka terhadap Layanan “Speedee Sistem” membuat didirikannya prinsip-prinsip restoran cepat saji modern pada tahun 1948. Pada tahun 1954, Ray Kroc, seorang penjual mesin Multimixer milkshake, mempelajari bahwa Richard dan Maurice (Dick dan Mac) McDonald menggunakan delapan Multimixers berteknologi tinggi di restoran mereka. Rasa ingin tahunya itu terusik, dan ia pergi ke San Bernardino untuk melihat di restoran McDonalds.McDonald’s saat ini tidak menjadikan tahun 1940 sebagai tahun kelahiran restoran McDonald’s. Mereka memilih 15 April 1955, ketika Ray Kroc membeli lisensi waralaba McDonald’s dari Dick dan Mac di Des Plaines, Illinois, sebagai hari kelahirannya. Kroc kemudian membeli saham dari McDonald’s bersaudara dan memimpin perusahaan ini melakukan ekspansi ke seluruh dunia. Saham McDonald’s mulai dijual kepada publik tahun 1965. Sifat agresif yang dimiliki Kroc bertentangan dengan keinginan McDonald bersaudara. Kroc dan McDonald bersaudara bertikai untuk mengontrol bisnis ini, namun akhirnya McDonald bersaudara lah yang pergi meninggalkan perusahaan. Pertikaian ini didokumentasikan baik dalam otobiografi Kroc maupun otobiografi McDonald bersaudara. Situs di mana McDonald bersaudara pertama kali mendirikan restoran kini dijadikan monumen. Dengan ekspansi agresifnya ke seluruh penjuru dunia, McDonald’s dijadikan sebagai simbol globalisasi dan penyebar gaya hidup orang Amerika.

2. KFC

Kentucky Fried Chicken ® ini didirikan oleh Colonel Harland Sanders (lahir pada 9 September 1890) pada usia enam puluh lima. KFC ® merupakan salah satu bisnis terbesar global industri pelayanan makanan dan secara luas dikenal di seluruh dunia sebagai wajah Colonel Sanders. Restoran cepat saji lain yang berhasil meraup keuntungan besar adalah KFC. Restoran cepat saji yang didirikan oleh Harland Sanders pada tahun 1952 di Kentucky, Amerika Serikat, ini kini telah memiliki beratus outlet yang tersebar di lebih dari 100 negara di dunia. KFC sangat dikenal dengan ayam gorengnya yang begitu lezat dan menggoda. Sayangnya, setelah melakukan perjalanan 250 ribu mil setiap tahun mengunjungi restoran di seluruh dunia, Colonel Sanders meninggal karena leukemia pada 16 Desember 1980 pada usia sembilan puluh tahun. Selama bertahun-tahun, Kolonel Harland Sanders membawa formula rahasia untuk Kentucky Fried Chicken di kepalanya dan campuran rempah-rempah di mobilnya. Hari ini, resep terkunci jauh di tempat yang aman di Louisville, Kentucky. Hanya segelintir orang yang tahu, dan masing-masing berkewajiban untuk kerahasiaan ketat oleh kontrak.

3. Krispi Kreme

Sejarah Krispy Kreme berawal dari seorang yang bernama Vernon Carver Rudolf pada tanggal 13 Juli 1937, beliau dengan membawa resep rahasia donat dari seorang koki asal Perancis membangun kerajaan perdonatan pertama kali di Winston Salem, North Carolina yang dulunya bernama Old Salem dengan konsep wholesale bakery. Pada tahun 40-an Krispy Kreme membuat kue/cake dengan sebuah display. Misi beliau adalah Kualitas dan Konsisten. Dengan berkembangnya usaha beliau pada tahun 1948 dibangun pabrik mix plant dan pada tahun 1949 Departemen perlengkapan beroperasi. Pada tahun 1973 beliau meninggal dan perusahaanya dijual kepada Beatrice Foods. Pada tahun 1982 Beatrice Food menjual Krispy Kreme untuk ajang olahraga Olimpiade Tahun 1984, dan setelah itu Kripy Kreme menjadi retailer. Setelah itu Krispy Kreme memperkenalkan Doughnut Teater. Dan Krispy Kreme berkembang dengan konsep menjadi Franchise. Kerajaan ini pun mengembangkan sayapnya keluar negeri seperti Australia, Hongkong, Arab Saudi, Jepang, Korea dan berbagai Negara lainnya.

4. Wendy’s

Wendy’s adalah makanan cepat saji yang populer untuk hamburger, sandwich, menu sarapan salad dan dessert. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 oleh Dave Thomas di Ohio. Wendy’s paling terkenal dengan burger daging sapi dan sandwich klasik. Wendy’s menjadi kompetitor Burger King dan Mc Donald’s.Dave yang menjadi pendiri jaringan restoran Wendy’s. Dave Thomas bekerjasama dengan Kentucky Fried Chicken. Kolonel Harland Sanders bersedia menjadi mitra dalam bisnis waralaba KFC-nya tersebut bertemu dengan Dave yang bekerja di Hobby House Restaurant. Dave Thomas terlibat dalam berbagai proyek KFC. Ia melakukan usaha pengenalan merek pada konsumen dan memberikan saran-saran berharga pada perkembangan waralaba KFC. Di akhir dekade 1960-an, Thomas memutuskan menjual sahamnya di KFC dan memulai bisnis barunya, Wendy’s. Dave Thomas meninggal di Fort Lauderdale, Florida di tahun 2002. Ia meninggal setelah bertahun-tahun harus melawan penderitaan akibat kanker hati. Dave Thomas dimakamkan di Pemakaman Union di Columbus, Ohio. Di akhir hidupnya, Dave Thomas telah berhasil mendirikan 6.000 lebih gerai Wendy’s di Amerika Utara.

5. Dunkin’ Donuts

Dunkin’ Donuts pertama kali didirikan oleh William Rosenberg tahun 1950. Dia membuka sebuah gerai donut dengan nama Open Kettle di kota Boston, Quincy – Massachusetts, Amerika Serikat. Tak disangka gerai donut miliknya itu tumbuh dengan pesat. Hal ini terbukti dari makin bertambah banyaknya jumlah pelanggan yang berkunjung ke gerai tersebut. Melihat perkembangan usahanya yang terus berkembang, tahun 1950 Rosenberg pun memutuskan mengubah nama Open Kettle menjadi nama lain. Setelah melalui proses yang panjang, terpilihlah nama baru yaitu Dunkin’ Donuts. Bersamaan dengan perubahan nama tersebut, dirintislah sistem franchise (waralaba) untuk perusahaan ini. Sekarang ini Dunkin’ Donuts telah memiliki lebih dari 11.000 restoran siap saji di 33 negara.

6. Taco Bell

Taco Bell adalah rumah makan berantai siap saji dengan konsep restoran keluarga yang menyediakan tacos, pizza, dan lain-lain. Taco Bell didirikan pada tahun 1962 di Downey, California oleh Glen Bell. Rumah makan ini mulai menjadi rumah makan waralaba sejak tahun 1978, dan selanjutnya membuka cabang di seluruh dunia. Hingga saat ini, Taco Bell memiliki rumah makan diseluruh Dunia. Taco Bell didirikan oleh Glen Bell yang pertama kali membuka stand hot dog disebut yang disebut Bell Drive-In di San Bernardino, California pada tahun 1946 ketika ia berusia 23 tahun. Enam tahun kemudian, dia menjual stand-nya dan membuka yang baru dua tahun kemudian, saat ini ia menjual taco dengan nama Taco-Tia. Selama beberapa tahun berikutnya Bell dimiliki dan dioperasikan sejumlah restoran di California selatan termasuk empat diantaranya disebut El Taco. Bell menjual Tacos El untuk bermitra dan membangun Taco Bell pertama di Downey pada tahun 1962. Pada tahun 1962, ia menjual Taco-Tia. Kermit Becky, Los Angeles mantan perwira polisi, membeli waralaba Taco Bell pertama dari Glen Bell pada tahun 1964, dan terletak dalam Torrance. Perusahaan tumbuh dengan cepat, dan pada tahun 1967, restoran 100 dibuka di 400 South Brookhurst di Anaheim. Pada tahun 1970, Taco Bell go public dengan 325 restoran. Pada tahun 1978, PepsiCo membeli Taco Bell dari Glen Bell.

7. Burger King

Sering disingkat BK, adalah rantai global restoran hamburger cepat saji yang berkantor pusat di Miami-Dade County sama operasi, Florida, Amerika Serikat. Burger King Holdings adalah perusahaan induk dari Burger King, di Amerika Serikat, beroperasi di bawah judul Nama Burger King sedangkan internasional itu beroperasi di bawah bendera Burger King Corporation. restoran cepat saji yang didirkan di Florida pada tahun 1953 ini telah beroperasi di lebih dari 70 negara. Burger King menawarkan berbagai makanan lezat seperti sandwich Whopper, burger kecu, smoothies dan frappes, kentang goreng dan potongan ayam.

8. Subway

Subway adalah waralaba restoran Amerika yang terkenal dengan submarine sandwich dan salad yang diisi dengan berbagai daging, sayuran, saus dan topping tambahan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1965 oleh Fred DeLuca dan Peter Buck dan sudah beroperasi di lebih dari 100 lokasi di seluruh dunia.

9. Nandos

Nandos adalah makanan cepat saji di Afrika Selatan dengan tema Portugis yang beroperasi di lebih dari 30 lokasi internasional. Nandos didirikan pada tahun 1987 oleh Fernando Duarte dan Robert Brozin di Johannesburg. Resto tersebut terkenal dengan ayam panggang dan saus pedas. Selain ayam, Nandos juga menawarkan burger, kentang goreng dan salad. Yang unik dari restoran ini adalah bahwa Nandos menyediakan semua item dalam tiga rasa – tidak pedas, panas dan sangat pedas.