Press "Enter" to skip to content

10 Fakta Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2016 Di Prancis 10 Juni 2016 Mendatang

Comments

Drawing Euro 2016 digelar oleh UEFA di Palais des Congrès de la Porte Maillot yang ada Paris pada Sabtu, 12 Desember 2015. Pembagian pot undian Piala Eropa 2016 akan tetap memasang tim-tim unggulan untuk tidak saling bertemu di penyisihan grup. Namun, taukah anda tentang fakta – fakta dari Piala Eropa 2016 ini, berikut faktanya:

1. Pembagian Pot Undian Piala Eropa 2016, Spanyol Unggulan Pertama
Ada empat pot dalam drawing Euro 2016. Dan pot pertama, terdiri dari Prancis, Spanyol, Jerman, Inggris, Portugal, dan Belgia. Spanyol akan menjadi tim pertama dalam pot 1 yang diundi, meskipun Jerman adalah tim dengan koefisien tertinggi (40.236, berbanding dengan 37.962). Ini terjadi karena Spanyol adalah juara bertahan, pemenang Euro 2012. Spanyol sang juara bertahan Euro dua kali beruntun berjumpa Republik Ceko, Turki, dan Kroasia di Grup D.

2. Euro 2016 nanti, diperkirakan tidak akan terlalu menarik, ini disebabkan karena perubahan sistem kejuaraan Eropa (Euro) yang diubah oleh sang presiden UEFA, Michel Platini. Peserta finalis yang diekspansi dari 16 menjadi 24 tim adalah satu keputusan yang ternyata memiliki efek domino. Buah dari peraturan baru ini berarti setiap juara dan runner-up dari sembilan grup kualifikasi berhak otomatis melaju ke babak final. Menurut Platini, hal ini ia lakukan agar pelaksanaan pesta empat tahunan sepakbola negara Eropa ini semakin meriah dan juga meningkatkan kualitas turnamen. Kompetisi anak bawang Liga Champions ini hampir tidak mendapatkan perhatian sebelum mereka tiba pada fase knock-out di setengah akhir musim. Kompetisi ini terlalu banyak menyajikan pertandingan tim-tim kelas “nanggung”, ada 481 pertandingan, 276 di antaranya adalah babak kualifikasi (sebelum masuk ke fase grup). Jika dibandingkan dua dekade yang lalu ketika nama mereka masih Piala UEFA, mereka hanya memiliki total sekitar 126 pertandingan dan tentunya dengan kualitas yang lebih baik dari Liga Europa. Namun, keputusan Platini ini tentunya disambut hangat oleh banyak tim kecil, karena probabilitas mereka untuk lolos tentunya akan semakin lebih besar: dari 53 total peserta UEFA, 23 di antaranya akan lolos (satu jatah otomatis lolos bagi tuan rumah). Babak final Euro 2016 nanti akan memiliki sistem babak final yang kacau karena ada 4 tim dalam satu grup, tim yang lolos otomatis ada dua, sedangkan peringkat tiga bisa lolos, bisa juga tidak. Maka, kengototan pun akan semakin menurun. Tim tidak perlu bermain baik, toh peringkat dua pun bisa lolos, bahkan peringkat tiga juga insyabola bisa lolos. Prasyarat yang lebih terlihat kacau sepertinya.

3. Albania, Islandia, Irlandia Utara dan Wales merupakan pertama kalinya tampil di Piala Eropa.

4. Drawing Piala Eropa akan dihadiri Gullit (Belanda, 1988) dan Bixente Lizarazu (Prancis, 2000); Oliver Bierhoff (Jerman, 1996), Angelos Charisteas (Yunani, 2004), Antonín Panenka (Cekoslovakia, 1976), David Trezeguet (Perancis, 2000) dan Vicente del Bosque (pelatih Spanyol, 2012).

5. Bakal hadir perang saudara antara Inggris dan Wales di Grup B, sementara Italia masuk kelompok ketat bersama Belgia, Republik Irlandia, dan Swedia. Undian untuk fase grup Euro 2016 baru saja tuntas digelar di Paris, dan hasil drawing relatif merata, dan salah satu yang paling seru adalah bakal terciptanya ‘perang saudara’ antara Inggris dan Wales di Grup B, dengan Rusia dan Slovakia melengkapi kelompok ini.

6. Pengundian Piala Eropa 2015, menggunakan urutan ranking koefisien UEFA. Negara-negara yang rankingnya tertinggi akan berada di pot teratas, dan demikian seterusnya, hingga pot terakhir atau pot 4. Khusus Prancis, meskipun masuk dalam pot unggulan, mereka bukanlah tim terundi. Prancis sudah pasti masuk ke dalam Grup A, sebagai A1 (tim pertama di Grup A). Ini terjadi karena dalam peraturan UEFA, semua tuan rumah akan masuk di Grup A. Sebagai catatan, ini terakhir kalinya ada negara yang jadi tuan rumah tunggal Euro, karena Euro 2020 akan sangat berbeda. Prancis berada di satu grup dengan Rumania, Albania, dan Swiss. Di antara ketiga nama ini, tidak ada yang seimbang dengan Les Bleus. Rumania masih jauh dari era para legenda mereka. Swiss, bukan kategori unggulan sementara Albania baru menjalani debut di Piala Eropa tahun depan.

7. Jadwal undian Euro 2016 menunggu hasil play off kualifikasi Piala Eropa 2016 yang melibatkan delapan tim: Bosnia-Herzegovina, Ukraina, Republik Irlandia, Slovenia, Hungaria, Swedia, Norwegia, Denmark.

8. Grup C diisi oleh juara Piala Dunia 2014, Jerman. Seperti Inggris, belum apa-apa Die Mannschaft sudah harus menguras tenaga kontra tetangga sebelah Polandia. Ukraina dan Irlandia Utara bisa saja merepotkan Jerman.

9. Azzurri yang ada di pot 2 saat pengundian terjebak di Grup E bersama Belgia, Republik Irlandia, dan Swedia.

10. Grup F ada Portugal yang ditemani Islandia, Austria, dan Hungaria.

Hasil drawing Euro 2016 ini memastikan Inggris, Jerman, dan Italia masuk dalam grup ‘maut’. Akan halnya tuan rumah Prancis yang tergabung di Grup A dalam pembagian grup Piala Eropa 2016, berpeluang melaju ke 16 besar dengan mulus karena menghadapi lawan-lawan mudah. Turnamen bakal dibuka dengan partai antara Prancis melawan Rumania di Stade de France, 10 Juni 2016. Stadion yang sama juga bakal menjadi arena laga final pada 10 Juli.