6 Hal Tergila Menyambut Harbolnas 2015

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015, berbagai situs belanja online pun berlomba menarik para pengunjungnya dengan menyiapkan iklan yang menawarkan diskon di masing-masing situs belanja tersebut. Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) digelar selama 3 hari berturut – turut yakni tanggal 10, 11, dan 12 Desember 2015 telah banyak memikat masyarakat untuk berbelanja online mengingat banyaknya diskon yang ditawarkan. Berikut 6 hal tergila menyambut  Harbolnas 2015:

1. Mataharimall baru mengikuti Harbolnas yang pertama kalinya. Di hari pertama Harbolnas, MatahariMall.com, salah satu e-commerce yang turut menawarkan pesta diskon dengan tema “SuperBol” yang memberikan diskon hingga 99 persen berhasil meraup transaksi hingga 10 kali lipat dibanding pada kunjungan ke situs tersebut di hari-hari baisa.

2. Peningkatan traffic yang signifikan tersebut mengakibatkan adanya gangguan pada website. Beberapa konsumen mengeluhkan website tak bisa dibuka untuk beberapa saat di hari pertama. Padahal sebelumnya MatahariMall mengatakan akan menyiapkan server lebih banyak untuk mengantisipasi meledaknya traffic.

3. Salah satu cara untuk memberikan kemudahan dari pihak Mataharimall, untuk masalah sistem transaksinya, pihak MatahariMall akan bekerja sama dengan pihak dari PT Pos Indonesia dengan memperkuat pada O2O. O2O yang dimaksud adalah fitur Online-to-Offline. Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk mengambil, mengembalikan, dan membayar barang yang sudah dipesan secara online agar bisa juga dilakukan secara offline. Langkah MatahariMall menggandeng Pos Indonesia (Posindo) semakin memperkuat posisi strategis portal marketplace tersebut sebagai penyedia layanan O2O terbesar di Asia Tenggara.

4. Bos laman Bukalapak.com meminta maaf kepada para CEO dan seluruh pimpinan perusahaan di Indonesia. Permintaan maaf tersebut disampaikan dalam iklan untuk menyambut Hari Belanja Online (Harbolnas) 2015. Sementara itu, catatan dari laman Bukalapak.com menunjukkan bahwa situs marketplace itu menggelar diskon bertajuk “The Biggest Deal in This Year”. Dobel diskon akan diberikan hingga 80 persen + 12 persen + 12 persen kepada semua pembeli di laman tersebut pada 10 Desember 2015 hingga 12 Desember 2015. Zaky, bos laman Bukalapak.com meminta maaf kepada para pemimpin perusahaan, karena telah menyebabkan kinerja  karyawan menurun, lantaran diskon yang ditawarkan selama Harbolnas begitu besar. “Para CEO dan seluruh pimpinan perusahaan di Indonesia, saya ingin minta maaf jika karyawan anda tidak bekerja dengan produktif di hari belanja online nasional Bukalapak, karena diskon yang tidak masuk akal dari saya dan para pelapak,” sebut Zaky di iklan tersebut. Seperti diketahui menyambut Harbolnas 2015, Bukalapak.com menghadirkan diskon tidak masuk akal hingga 80% + 12% + 12% pada tanggal 10, 11 dan 12 Desember 2015 dengan menggunakan voucher diskon BL1212.

5. Toko online Zalora mengklaim alami peningkatan jumlah pesanan hingga 9 kali lipat selama Hari Belanja Online Nasional 2015 (Harbolnas) berlangsung. Produk paling laris dibeli sejak hari pertama Harbolnas adalah brand lokal. Menurut Anthony Fung, CEO Zalora Indonesia, pelanggan sudah tidak lagi memikirkan merk ternama. “Mereka lebih pada kualitas produk, dan selama ini produk lokal di Zalora mampu bersaing dan harganya kompetitif dengan merk internasional,” ujar Anthony.

6. Menyambut hari belanja online nasional (harbolnas), bilna.com, situs e-commerce nomor satu, memberikan promosi yang sangat menggiurkan. Tidak tanggung-tanggung, promosi yang diberikan bukanlah sekadar diskon besar-besaran, tapi promosi belanja gratis. “Kami ingin memberikan apresiasi untuk konsumen setia kami serta ingin mengedukasi para konsumen baru yang masih ragu untuk belajar online. Kami men-trigger mereka mencoba belanja di Bilna. Semuanya dijamin aman,” ujar Ferry Tenka, Co Founder sekaligus CEO bilna.com. Menurut Ferry, promosi yang ditawarkan bilna.com dari tanggal 10-12 Desember 2015 adalah belanja gratis kepada partner yang mendukung berjalannya Harbolnas 2015 ini, seperti Telkomsel dengan menukarkan 12 Telkomsel poin customer bisa mendapatkan voucher 120.000 minimum 120.000. Untuk pengguna kartu kredit dan debit online Mandiri bisa memanfaatkan potongan 120.000 minimum 120.000. Demikian halnya untuk pengguna kartu kredit BCA mereka dapat menikmati penawaran sama yakni voucher 120.000 dengan minimal pembelian 120.000. Tidak hanya itu, untuk pengguna Baidu juga dapat menikmati potongan 50.000 dengan minimum pembelanjaan 50.000. Semua promosi ini dapat digunakan 10-12 Desember 2015. Spesial di tanggal 12.12.15, semua customer Bilna dapat memanfaatkan promosi potongan 100.000 dengan minimum 100.000, demikian juga untuk pengguna LINE shopping.

Harbolnas adalah saat yang tepat untuk kamu jadikan sebagai hari di mana kamu berbelanja online untuk memenuhi kebutuhanmu. Harbolnas adalah event tahunan, hanya sekali dalam satu tahun. Kamu tidak akan menemui event ini selain tanggal 12 Desember. Marketplace berlomba-lomba memberikan penawaran yang menggiurkan dengan memberikan diskon akhir tahun yang besar untuk barang-barangnya.