6 Fenomena Alam Misterius Menakjubkan Yang Terjadi Sepanjang Tahun 2015

Alam semesta merupakan lukisan Tuhan yang indah, dan di balik ke indahannya tersimpan fenomena-fenomena alam yang menakjubkan. Tak jarang, bila fenomena tersebut pada akhirnya meninggalkan decak kagum, yang terekam yang pernah menghiasi langit Bumi. Alam menyimpan sejuta misteri yang mungkin saja belum mampu terungkap oleh akal. Berbagai macam fenomena alam terjadi sebagai bukti dari kekuasaan Tuhan yang tak bisa ditandingi oleh manusia. Tak jarang fenomena-fenomena tersebut terjadi secara dahsyat sehingga membuat kita merasa takjub, takut dan berpikir bahwa ini adalah tanda akhir zaman. Berbagai spekulasi muncul namun tentu saja fenomena alam ini tetaplah sebuah kekuatan dari Sang Pencipta. Berikut rangkuman fenomena alam misterius yang terjadi sepanjang taun 2015.

1. Suara Mirip Terompet Sangkakala Di Langit AS Hingga Jerman

Suara yang menyerupai suara terompet yang terdengar di penjuru Amerika Serikat hingga Jerman beberapa waktu lalu. Suara yang diyakini berasal dari langit tersebut membuat siapapun yang mendengarnya akan merasakan takut dan ngeri. Tidak hanya satu atau dua negara saja yang warganya mendengar suara seperti terompet dari langit. Suara yang memekakkan telinga tersebut juga didengar di sejumlah negara dan sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Hal tersebut setidaknya dibuktikan dari sejumlah video yang diunggah ke situs media sosial. Meski dengan judul yang berbeda -beda, namun suara yang terdengar itu mirip antara di satu negara dengan di negara lainnya. Sementara itu, menurut laporan, para ilmuwan di Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat percaya bahwa kebisingan tersebut secara potensial bisa merupakan “background noise” bumi. “Jika manusia memiliki antena radio, dan bukan telinga, kita akan mendengar sebuah simfoni luar biasa dari suara-suara aneh yang datang dari planet kita sendiri,” juru bicara dari NASA menjelaskan. NASA mengatakan bahwa suara itu dapat dibandingkan dengan musik latar belakang yang biasanya dapat didengar di film fiksi ilmiah klasik. Namun, para pakar menekankan bahwa suara yang datang dari bumi bukanlah fiksi ilmiah. Emisi-emisi radio alami dari planet ini begitu nyata, menurut NASA. Sementara kebanyakan orang tidak menyadari fenomena ini, suara-suara ini terjadi di sekitar kita sepanjang waktu.

2. Fenomena Misterius Sungai Pasir di Gurun Tandus Arab

Fenomena aneh sekaligus unik terjadi di sebuah padang gurun Timur Tengah: aliran deras sungai pasir bercampur es seukuran kelereng. Padahal penampakan tersebut tak lazim, apalagi di area padang tandus seperti itu. Namun seperti dikutip dari The Weather Network, Rabu (18/11/2015), penduduk setempat terlihat terkejut ketika menyaksikan kejadian tersebut. Saat butiran pasir bercampur butiran es mengalir di Empty Quarter yang terletak di Arab Saudi, salah satu gurun terbesar di Bumi. Empty Quarter Desert atau Rub’al Khali adalah gurun abadi terluas di dunia. Ukurannya mencapai 650.000 km persegi. Merupakan perbatasan 4 negara: Arab Saudi, Yaman, Oman dan Uni Emirat Arab. Reaksi tersebut diabadikan dalam sebuah rekaman yang beredar di dunia maya, tertanggal 11 November 2015 ketika pertama kali diunggah di sebuah situs berbagi video. Beberapa orang meyakini, itu diakibatkan oleh banjir bandang. Diduga pula ada aliran air di bawah pasir tersebut. Namun tak ada yang tahu
pasti apa penyebab fenomena itu. Perubahan cuaca yang tengah terjadi di Timur Tengah tahun ini, menyebabkan pola yang tidak biasa, termasuk timbul hujan es. Hujan deras selama beberapa minggu terakhir bahkan telah memicu banjir yang menewaskan puluhan orang di Irak, dan menyebabkan kerusakan luas di Mesir, Israel, Yordania dan Arab Saudi.

3. Formasi Horor Wajah Putin dari Kawanan Burung di Langit New York

Fenomena aneh terlihat di langit New York, Ribuan burung yang terbang bersama membentuk wajah Vladimir Putin. Sheryl Gilbert menangkap kawanan bergelombang burung bergerak melintasi langit, saat ia menyeberangi Jembatan Williamsburg di Brooklyn beberapa waktu lalu. Dengan jembatan Manhattan terlihat sebagai latar belakangnya, wajah pemimpin Rusia ini terlihat hanya sepersekian detik dalam klip singkat yang direkam dari bus wisata. Beberapa orang mengomentari itu adalah sosok Steve Jobs dan Robin Williams. Sementara lainnya merasa ngeri melihat potongan klip tersebut. Sejak diunggah pada beberapa bulan lalu klip berdurasi 11 detik itu sudah dillihat lebih dari 1 juta nitizen. Banyak yang berkomentar itu adalah video palsu. Sedangkan orang-orang dari Rusia berkomentar penampakan itu mirip wajah Presiden mereka. Belum diketahui apa sebenarnya yang terjadi pada burung-burung itu. Namun, diduga itu hanyalah fenomena Pareidolia. Di mana penderitanya seringkali melihat gambar atau suara menyerupai sesuatu yang dianggap penting.

4. Misteri Penampakan Kota Melayang di Langit China

Warga Jiangxi dan Foshan ternganga tak percaya saat menyaksikan penampakan aneh di langit. Mereka seakan melihat jajaran gedung pencakar langit yang muncul dari balik awan. “Penampakan tersebut, yang disaksikan ratusan warga yang kaget bukan kepalang, hanya bertahan selama beberapa menit. Kemudian hilang sama sekali,” demikian keterangan yang menyertai video, yang diunggah Paranormal Crucible, seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (17/10/2015). Orang pun bertanya-tanya, apa gerangan penampakan tersebut. Fenomena kota melayang tersebut memicu teori konspirasi. Sejumlah orang berpendapat, itu adalah bukti bahwa alam semesta paralel (multiverse), ada jumlah yang tidak terhingga dari alam semesta. Sementara Paranormal Crucible mengklaim, itu adalah dampak dari ‘Project Blue Beam’, di mana NASA juga PBB dituding mensimulasikan invasi alien atau bangkitnya kembali Yesus Kristus menggunakan hologram, untuk menciptakan apa yang disebut Tatanan Dunia Baru (The New World Order). Teori itu disampaikan kali pertama oleh Serge Monast, dari Kanada. Ia memprediksi, NASA akan menggunakannya pada 1983, 1996, atau 2000. Namun, faktanya, tahun demi tahun itu berlalu tanpa kejadian. Masih dari Paranormal Crucible, dugaan lainnya, China telah mencapai kemajuan ‘teknologi rahasia holografik’ dan mengeteskan di khalayak. Apapun teori yang berkembang liar soal penampakan tersebut, ilmuwan punya penjelasan: fatamorgana. Fatamorgana merupakan sebuah fenomena di mana optik yang biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es, juga lautan. Fatamorgana adalah pembiasan cahaya melalui kepadatan yang berbeda, sehingga bisa membuat sesuatu yang tidak ada menjadi seolah ada.

5. Ilmuwan Temukan Fenomena Benda Langit Bentuk Formasi Wajah Tersenyum

Astronom terkejut ketika mereka sedang mengamati galaksi tiba-tiba melihat seolah benda langit itu sedang tersenyum. Sekumpulan galaksi berbentuk ekspresi wajah tersenyum ditemukan oleh para ilmuwan baru-baru ini. Wajah tersenyum itu sebenarnya hanya terdiri dari dua kelompok galaksi yang jaraknya sekitar 4,6 miliar tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini terdistorsi oleh efek gravitasi. Dilansir dari Dailymail, Kamis (26/11), galaksi tersebut berbentuk bulatan wajah dengan kedua mata dan seulas senyum. Kedua mata merupakan galaksi yang saling mendahului satu sama lain dengan kecepatan 482.803 kilometer/jam. Para ilmuwan juga menemukan bahwa mata kiri wajah mengandung lubang hitam supermasif aktif di pusat galaksi. Sekitar satu miliar tahun mendatang, kedua galaksi ini diperkirakan akan bertabrakan. Kumpulan galaksi yang ‘tersenyum’ ini dinamakan Cheshire Cat. Nama ini merujuk kepada salah satu karakter kucing dalam kisah Alice in Wonderland. Mata terbentuk dari dua galaksi eliptical yang sangat terang. Galaksi yang lebih redup, kecil dan berada di dekat keduanya seolah menjadi bentuk hidung. Busur wajah melingkar terbuat dari efek lensa gravitasi empat galaksi yang berbeda dan letaknya berada di balik galaksi mata. Saat ini, para ilmuwan sedang mempelajari lebih lanjut beberapa galaksi yang masuk dalam kelompok Chesire Cat. Penelitian yang dilakukan para ahli dibantu dengan sinar X Chandra dan teleskop antariksa Hubble dari observatorium NASA.

6. Awan Tsunami di Langit Australia

Sebuah badai berkekuatan besar tengah terbentuk di Sydney, Australia menciptakan awan spektakular seperti ‘tsunami’ di Pantai Bondi, pada Jumat (6/11/2015), seperti dikutip dari BBC. Kebetulan, di pantai itu sedang diadakan pameran patung tahunan. Tak pelak, banyak orang di pantai itu menjadi saksi betapa mengerikan sekaligus indahnya awan itu. Hujan deras lalu jatuh di seluruh kota selama hampir 3 jam. Kendati menyeramkan, awan itu tak mematikan. Demikian pula dengan badainya. Menurut para ahli cuaca, fenomena itu terjadi karena udara lembab bercampur dengan angin yang dingin. Hampir sebagian besar wilayah Australia tengah menghadapi berbagai cuaca buruk beberapa bulan terakhir ini. Menurut Biro Meteorologi Australia, beberapa badai mengancam di beberapa wilayah.

Dari peristiwa- peristiwa tersebut kita harus lebih bersyukur dengan kebesaran Tuhan. Dari kejadian tersebut mungkin kita juga diberi peringkatan agar selalu menjaga alam semesta agar nantinya dapat dinikmati anak cucu kita di masa yang akan datang.