Deretan Fakta Menarik Legenda Penyanyi Country Lawas Yang Masih Eksis Dolly Parton

Dolly Parton adalah salah satu legenda penyanyi country yang masih eksis sampai saat ini. Dolly tidak hanya dikenal sebagai penyanyi country, penulis lagu dan juga aktris film. Dolly Parton adalah penyanyi Amerika yang berhasil menghapus batas antara musik country dengan musik pop lewat lagu hitnya ” I always love you ” dan ” here you come again “. Begitu pula dengan kemampuan aktingnya, sudah tak diragukan lagi. Dolly sudah berakting di banyak film walau cuma sekadar bintang tamu atau comeo yang sekadar numpang lewat. Berikut sederet fakta yang menyertai perjalanan karirnya.

Profil Dolly Parton
Artis yang mempunyai nama asli Dolly Rebecca Parton dan lebih dikenal dengan nama Dolly Parton, lahir di Sevierville, Tennesse, Amerika Serikat, pada tanggal 19 Januari 1946. Dia anak ke 4 dari 12 bersaudara, ayahnya bernama Robert Lee Parton adalah seorang petani dan pekerja konstruksi, ibunya bernama Avie Lee, dia dilahirkan ditengah-tengah keluarga yang sangat miskin. Setelah kepindahannya ke Nashville,bersama degan pamannya Bill Parton, ia mulai menciptakan lagu, baik untuk dirinya sendiri juga untuk penyanyi lain. Saat itu jenis musik yang dipilihnya masih belum terfokus pada music country. Penyanyi terkenal seperti Skeeter Davis, dan Hank Williams, ikut membawakan lagu-lagu ciptaannya.

Perjalanan Karir
Selain sebagai penyanyi, dia juga berprofesi sebagai seorang aktris, penulis lagu, produser, musisi dan eksekutif bisnis. Warna musiknya bergenre country, country pop, pop, blue grass dan gospel. Pernah membintangi beberapa film diantaranya adalah Joy Ful Noise, Steel Magnolias, Rhines Stone, Gnomeo & Yuliet dan Frank Mc Klusky C1. Dolly Parton memulai karirnya sebagai pembawa acara anak di Cas Walker, di acara radio, kemudian menginjak usia 13 tahun sudah berhasil merekam single komersial pertamanya dengan menulis lagu untuk Bill Phillips dan Kitty Wells. Dia menjadi terkenal sejak tampil diacara program sindikasi TV mingguan pada tahun 1967 sebagai penyanyi Porter Wagoner. Baru pada tahun 1967, sejak ia meluncurkan album singlenya “Dumb Blonde”, yang masuk ke jajaran Top 40 saat itu, ia mulai dikenal sebagai penyanyi countrry. Kesuksesannya membuat ia meluncurkan album berikutnya “Something Fishy”, yang juga masuk deretan Top 40, bahkan dalam urutan tangga yang lebih baik lagi. Tahun itu pula merupakan tonggak awal kesuksesannya. Dolly Parton menggantikan Norma Jean, seorang penyanyi country senior, untuk mengisi acara The Porter Wagoner Show, sebuah acara yang dibawakan oleh Porter Wagoner yang menyajikan music country mingguan. Norma Jean yang baru menikah ingin berhenti secara bertahap dari acara ini. Layaknya bintang pengganti, penonton lebih menyukai penampilan Norma Jean. Namun sebagai bintang pengganti Dolly Parton, berpeluang untuk melakukan rekaman duet dengan Wagoner, dibawah label RCA.Tahun 1968, album duetnya dengan Wagoner “The Last Thing on My Mind”, meraih posisi Top 10. Bersama Wagoner, Dolly Parton meraih beberapa penghargaan, dan sukses hingga tahun 1976. Kesuksesan Parton di dunia menyanyi juga diikuti kesuksesannya di panggung layar lebar. Karirnya diawali lewat acara vaerety show, Dolly!, yang kemudian mengantarkan dirinya membintangi film 9 TO 5 (1980). Menyusul kemudian film-filmnya yang lain seperti, THE BEST LITTLE WHOREHOUSE IN TEXAS (1982), STRAIGHT TALK (1992) dan beberapa kesempatan turun mendukung sejumlah serial TV. Dia juga terus mengembangkan usahanya diluar musik, seperti Dolly Wood Theme Park yang dibuka tahun 1986 diPigeon Forge, Tennesse. Tahun 1989, Dolly Parton mulai fokus merekam country “White limozeen” sehingga memunculkan 2 single hit berjudul “Why’d you come in here lookin like that” dan “Yellow roses”. Kemudian pada tahun 1990 dia mulai kembali ke genre country klasik (Blue grass).

Pengahrgaan yang diraih
Single “9 to 5”, merupakan sebuah single dengan string hit pop-country dari fim “9 to 5” berhasil menjadi hit dan sukses besar dipertengahan tahun 1980 an. Di film itu Dolly Parton bermain bersama dengan  Jane Fonda dan Lily Tomlin. Dolly Parton berhasil memenangkan Grammy Award untuk Best Female Country Vocal Performance melalui album “Here you come again”, yang menghasilkan lagu-lagu hit seperti “Heart breaker” (1978), “Baby I’m Burning” (1979), “You’re the only one” (1979). Lagu-lagu ini berhasil masuk di Top pop 40 dan ranking pertama country chart. Sukses secara komersial berhasil diraihnya pada tahun 1980, dengan 3 kali berturut-turut menduduki peringkat pertama untuk “The Donna Summer” dan telah menulis single “Starting over again”, “Old Flames can’t hold a candled to you” dan “9 to 5”, dan berhasil menduduki puncak tangga country dan pop charts pada awal tahun 1981. Tahun 1987 merilis “Trio”, dan berhasil memenangkan Grammy Award Best Performance Country Duo atau Grup dengan vocal dan masuk nominasi untuk album “Of The year”, serta dilanjutkan dengan keberhasilan pop “Rainbow” dan “Theriver unbroken”. Dolly Parton juga sukses berduet dengan beberapa penyanyi, diantaranya adalah :
– “Rockin” berduet dengan Ricky Van Shelton tahun 1991, berhasil menduduki peringkat pertama tangga lagu.
– I will always love you” berduet dengan Vince Gill, berhasil memenangkan Music Association Country Vocal Event of the year Award.
– “The day I fall in love” berduet dengan James Ingram untuk fitur film “Bethoven 2, masuk nominasi Academy Award untuk Best original song.
– “Island in the stream” berduet dengan Kenny Roger, lagu ini berhasil bertahan dipuncak tangga lagu selama 2 minggu, dan berhasil masuk puncak US pop dan country single chart.
“Hongky tonk angel” dirilis awal musim gugur tahun 1993 bersama dengan Loretta Lynn dan Tammy Loynetts berhasil mendapatkan sertifikat emas dari Asosiasi industri rekaman Amerika. Sampai saat ini Dolly Parton merupakan penyanyi wanita yang dihormati sepanjang masa karena telah  berhasil membuat 3000 lagu dan telah mendapatkan 25 RIAA bersertifikat emas, platinum dan multi platinum, mempunyai 25 lagu yang menduduki peringkat 1 ditangga lagu Billboard untuk rekor artis wanita, mempunyai 41 album  yang masuk top 10 country album dan penjualan single, album serta hit koleksinya mencapai 100 juta kopi diseluruh dunia. Dia juga telah berhasil mendapatkan 8 Grammy Award, 2 Academy Awards nominasi, 10 Country Music Association Awards, 7 Academy of Country Music Award, 3 American Music Award, dan merupakan salah satu dari 7 artis wanita yang memenangkan The Country Music Association’s Entertainer of the year Award.

Artis Hollywood Kontroversial
Selain memiliki segudang prestasi penyanyi country ini juga banyak mengundang kritikan akibat tindakan- tindakan operasi plastik yang dilakukannya. Penyanyi lagu country, Dolly Parton dikabarkan melakukan banyak penambahan pada payudaranya sehingga ukurannya sangat besar. Terkait isu tersebut ia pun menjawabnya dengan diplomatis. “Saya hidup di dunia hiburan. Saya memandang payudara saya seperti kuda dan anjing dalam sebuah pertunjukan yang harus selalu diurus,” kata Parton. Ia juga menyarankan untuk melakukan operasi plastik pada dokter yang berlisensi dengan prosedur aman. Wanita kelahiran 1946 ini, juga dikabarkan melakukan operasi pengangkatan alis dan kelopak mata agar tampak lebih muda. Selain itu face lift juga dilakukannya dan tidak hanya satu kali tetapi berkali-kali. Ia tampak tidak malu mengakui banyak melakukan operasi plastik. Operasi pengangkatan payudara juga dijalaninya, dan secara teratur Parton melakukan peeling dan suntik kolagen untuk menutupi keriput. Di usia 20 dia melakukan operasi pembesaran buah dada untuk pertama kalinya. Sepuluh tahun kemudian Dolly melakukan tindakan pembesaran kembali ketika berusia 30 tahun. Ukuran buah dadanya pun mencapai DD dan tak sebanding dengan tinggi tubuhnya yang cuma 152 cm. Dolly pun masuk jajaran artis yang terseksi. Selain itu Dolly adalah ibu Baptis dari penyanyi kontroversial Miley Cyrus. Dolly sudah berkarir di dunia musik sejak kecil. Ia jadi penyanyi cilik pada tahun 1950. Setelah itu, dirinya bermetamorfosis jadi penyanyi muda yang dicap kontroversial. Hal serupa bisa kita lihat dalam sensasi Miley sekarang ini. Makanya, Dolly sangat memahami aksi raunchy penyanyi Wrecking Ball tersebut.

Begitu banyak artis- artis yang sudah berusia namun masih berprestasi hingga sekarang. Sepatutnya kita dapat menjadikan tersebut motivasi dalam berkarir, bahwa umur tidak menghalangi kesuksesan jika kita berusaha sekuat tenaga.