Rentetan Peristiwa Menggemparkan Sepanjang Tahun 2015

Sepanjang tahun 2015 ini banyak terdapat peristiwa-peristiwa yang membuat kita terheran-heran dan kagum, pasalnya, banyak kejadian yang aneh dan diluar dugaan kita. Seperti kejadian gelombang panas yang menimpa sebagian Negara India beberapa waktu lalu. Kejadian apa saja yang telah terjadi sepanjang tahun 2015 ini? Berikut rangkumannya:

1. Gelombang Panas di India

Gelombang Panas di India

Gelombang Panas di India

Gelombang udara panas di India sejak awal Mei hingga akhir bulan Mei lalu telah menewaskan lebih dari 1.000 orang. Namun, gangguan cuaca di Asia Selatan itu tak berpengaruh bagi Indonesia. Seperti dilaporkan oleh BBC bahwa gelombang panas tersebut menewaskan 1.118 korban jiwa di India. Tercatat suhu udara di beberapa wilayah di negeri itu sudah mendekati 50 derajat celsius. Sebagian besar korban meninggal tercatat di Negara Bagian Telangana dan Andhra Pradesh, di selatan India. Gelombang panas, yaitu periode terjadinya kenaikan suhu udara di atas normal di India, biasanya terjadi antara bulan Maret dan Juni. Bulan Mei merupakan bulan terpanas di India. Suhu rata-rata maksimum di New Delhi bisa mencapai 41 derajat celsius. Di kota-kota yang dilanda gelombang panas, warga memborong buah-buahan seperti semangka atau memadati pusat-pusat perbelanjaan berpendingin udara. Sumber air dan pancuran air dipadati pengunjung. Bahkan, ada foto yang menampilkan garis penyeberang jalan (zebra cross) meleleh di aspal.

2. Badai Matahari

Badai Matahari

Badai Matahari

Bulan Mei lalu, sebuah badai matahari terkuat di tahun 2015 telah menabrak bumi. Akibatnya, listrik di kawasan Pasifik dilaporkan padam. Namun, ilmuwan mengatakan badai itu belum seberapa dibanding badai lain yang siap menyerang bumi di masa depan. Kazunari Shibata, seorang ilmuwan astrofisika dari Universitas Kyoto, Jepang, mengungkapkan bila matahari masih berpotensi mengeluarkan badai matahari terbesar yang pernah diketahui oleh umat manusia. Shibata yakin bila kekuatan badai matahari terdahsyat itu sekitar 1000 kali lebih kuat dari badai matahari terkuat yang pernah menghampiri bumi di tahun 1859 silam. Badai Matahari adalah semburan radiasi yang kuat dari Matahari, ia melepaskan radiasi yang berpotensi membahayakan. Namun untungnya, badai Matahari pertama tahun 2015 ini tidak menghasilkan partikel bermuatan (Coronal Mass Ejection) secara signifikan. Akibat badai matahari tersebut adalah terganggunya sinyal internet dan telepon Anda serta merusak fungsi GPS untuk beberapa saat saja.

3. Badai El-Nino

Badai El-NinoMusim kemarau yang berakibat kekeringan di beberapa wilayah Indonesia, terutama bagian selatan garis khatulistiwa ini merupakan dampak dari fenomena El Nino yang terus menguat. Panjangnya musim kemarau di beberapa tempat di Indonesia dampak fenomena El Nino yang telah mencapai level moderat dan diprediksi akan menguat mulai Agustus sampai Desember tahun ini. El Nino itu bukanlah gelombang panas seperti yang dikhawatirkan terjadi di India ataupun Pakistan. Namun, El Nino merupakan kondisi meningkatnya suhu permukaan laut yang signifikan di Samudera Pasifik sekitar ekuator yang menyebabkan berkurangnya curah hujan signifikan di Indonesia. Akibatnya, membuat sejumlah wilayah, terutama di Pulau Jawa, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami krisis air. Serta mengakibatkan kebakaran hutan hebat hingga timbul bencana asap terparah sepanjang 5 tahun terakhir.

4. Berkurangnya antusias masyarakat terhadap batu akik

Berkurangnya antusias masyarakat terhadap batu akikUsai Lebaran, omzet penjualan batu akik menurun tajam. Para pembeli dan pemburu batu akik tak lagi seheboh masa-masa sebelumnya. Walhasil, banyak pedagang batu akik yang beralih profesi. Mulai dari jadi sopir angkot sampai dengan ada yang nekat menjual dvd porno dan ganja. Dampak penurunan minat masyarakat terhadap batu akik menyebabkan para pedagangnya rugi besar. Beberapa pedagang batu akik mengaku merugi sampai ratusan juta rupiah. Permintaan pembuatan cincin dari penghobi batu tahun 2015 ini mulai sepi dan jumlahnya terus berkurang. Sepanjang 2014 permintaan pembuatan cincin untuk mengikat batu akik sangat tinggi, namun memasuki 2015 berangsur mengalami penurunan dan pada dua bulan terakhir ini tergolong sepi. Sebelumnya setiap hari terdapat puluhan penggemar batu akik yang meminta dibuatkan cincin untuk mengikat batu akik dengan bahan baku perak dan swasa. Dalam kondisi ramai itu, permintaan pembuatan cincin tersebut tidak bisa dipenuhi semuanya karena pesanan banyak yang belum selesai, namun kini dalam kondisi sepi paling banyak ada lima pesanan pembuatan cincin pengikat batu akik. Sepinya permintaan pembuatan cincin dari penghobi batu akik mengakibatkan penurunan pendapatan pengrajin cincin dan perhiasan.

5. Anjloknya rupiah

Anjloknya rupiahNilai tukar rupiah terhadap dolar 2015 iniĀ  mencapai Rp14.050 per US$1 memang tak lepas dari fenomena ekonomi global dan devaluasi mata uang yuan, namun pemerintah juga harus melihat kinerja tim ekonomi dalam negeri. Dari sektor domestik, pelemahan juga disebabkan oleh isu-isu ekonomi yang relatif masih sama, yaitu bagaimana pemerintah mempercepat belanja agar infrastruktur mulai dibangun dan meyakinkan investor untuk melakukan investasi langsung. Sayangnya, upaya melakukan investasi langsung ini terhambat oleh sentimen pasar yang masih negatif terhadap Indonesia.

6. Meninggalnya Komedian Olga Syahputra

Meninggalnya Komedian Olga SyahputraKabar duka kembali menghampiri dunia hiburan Tanah Air. Olga Syahputra dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Mount Elizabeth di Singapura, Jumat (27/3/2015). Seperti diketahui, Olga Syahputra memang menderita sakit Meningitis atau radang yang menyerang otak dan sumsum tulang belakangan ini. Akibat penyakit tersebut, komedian kelahiran 8 Februari 1983 itu harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta, sejak 24 April 2014 dan berlanjut ke RS Mount Elizabeth, Singapura.

Tentunya dari kejadian- kejadian tahun ini kita dapat mengambil pelajaran dan hikmah dibalik semua itu. Tentunya kita berharap tahun depan akan menjadi tahun yang lebih baik dan terdapat perubahan yang baik entah dalam hal ekonomi, politik, peristiwa alam dan lain sebagainya.