6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Dibalik Pemadaman Listrik di DKI Jakarta

Pemadaman listrik di wilayah Jakarta dan sekitarnya sampai saat ini masih terus dipersoalkan. PT PLN (Persero) menilai, mati lampu sering terjadi karena mengurus kelistrikkan di Indonesia tidaklah mudah. Banyak persoalan – persoalan yang belum bisa diatasi. Berikut 6 hal yang harus kamu ketahui dibalik pemadaman listrik di sejumlah wilayah Jakarta :

1. Dalam beberapa hari terakhir ini, DKI Jakarta sering mengalami pemadaman listrik. Penyebabnya karena banyak infrastruktur listrik seperti kabel, trafo, transmisi, hingga gardu yang selama bertahun-tahun tidak diperbaiki.

2. Gardu induk di daerah Jabodetabek saat ini sudah memiliki beban berlebih. Kerusakan infrastruktur itu telah terjadi sejak sekitar enam tahun lalu dan sulit ditangani karena terbentur berbagai persoalan. infrastruktur PLN yang harus diperbaiki meliputi trafo, gardu induk, dan penggunaan listrik yang tidak melebihi batas. Sedangkan persoalan yang menyulitkan pembenahannya adalah tidak adanya izin untuk PLN membangun gardu baru atau memasang kabel transmisi di atas dan di bawah permukiman warga.

3. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah memerintahkan kepada para staf untuk memprioritaskan jalur-jalur kabel PLN, gardu PLN, penggantian trafo, diperbolehkan pinjam tanah pemda, BUMN, TNI, tanah pemerintah. Pasalnya, satu gardu induk membutuhkan sekitar 4-6 lokasi. Perhitungannya, satu lokasi diperkirakan membutuhkan lahan sekitar 10-20 hektare.

4.  PT PLN (Persero) akan meresmikan Kapal Pembangkit Listrik kapasitas 120 megawatt (MW) yang didatangkan dari Turki. Penggunaan Kapal listrik ini merupakan cara paling cepat mengatasi kekurangan atau krisis pasokan listrik di sejumlah daerah di Indonesia khususnya di ibukota negara.

5. PT PLN mulai awal 2016 akan membangun puluhan gardu induk untuk mengatasi pemadaman listrik di wilayah Jakarta Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek)

6. PLN baru saja menaikkan tarif listrik sebesar 11 persen pada awal Desember ini. Namun, pemadaman sampai saat ini masih sering terjadi di berbagai daerah Indonesia. Kenaikan tarif listrik ini tidak sesuai dengan pelayanan yang diberikan pihak PLN.

Dengan demikian, PLN secara bertahap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dalam hal kualitas maupun kuantitas. Selama ini PLN sangat tidak efisien dalam memberikan pelayanan, semoga dengan kejadian ini persoalan akan teratasi dan tidak terjadi pemadaman lagi.