Mengenang Musisi Hebat Sepanjang Masa Frank Sinatra

Frank Sinatra merupakan salah satu legenda di dunia musik yang memberikan perubahan. Penyanyi serba bisa ini dianggap sebagai sosok yang selalu dikenang di ranah hiburan. Jika masih hidup, pada 12 Desember mendatang, Frank Sinatra genap berusia seabad. Frank Sinatra dilahirkan di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat pada tanggal 17 Februari 1915. Francis Albert Sinatra terkenal dengan nama populernya Frank Sinatra, adalah seorang penyanyi, aktor, sutradara dan juga penulis. Frank Sinatra disebut sebagai penyanyi terbaik sepanjang masa hingga saat ini. Album Frank Sinatra terjual lebih dari 150 juta keping di seluruh dunia. Hingga saat ini, belum ada yang memecahkan rekor Frank Sinatra. Berikut rangkupan tentang Frank Sinatra untuk mengenang kembali perjalanan hidupnya.

1. Perjalanan karir
Frank Sinatra dilahirkan di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat pada tanggal 17 Februari 1915. Sinatra menikah 4 kali – Nancy Barbato, Ava Gardner, Mia Farrow dan Barbara Marx. Dia adalah salah satu penghibur Amerika yang paling terkenal dari generasinya. Nama lengkapnya adalah Francis Albert Sinatra. Sinatra adalah anak tunggal dan orang tuanya ingin dia menjadi insinyur.Namun, Ia lebih suka atletik untuk akademisi berpartisipasi dalam berbagai olahraga, termasuk tinju. Pada usia remaja, Sinatra bekerja untuk surat kabar Observer Jersey, ia sering menulis tentang kegiatan sekolah olahraga di mana ia juga seorang peserta. Pada tahun 1938, Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya sebagai pelayan menyanyi dan pembawa acara di sebuah klub di Englewood, New Jersey. Harry James, seorang pemain terompet, setelah menonton Sinatra tampil, James merekrut Sinatra menjadi penyanyi utama dalam band-nya, Music Makers. Pada tahun 1940. Sinatra memulai karir solo dan menjadi idola yang disebut bobby-soxers. Popularitasnya menarik perhatian Hollywood, dan Sinatra tampil dalam musikal film seperti Anchors Aweigh (1945), Till the Clouds Roll By (1947), and On the Town (1949), The Manchurian Candidate (1962) dan The Detective (1968). Lagu-lagunya yang paling populer pada 1950-an yang Swing Easy (1955), In the Wee Small Hours (1955), Songs for Swingin’ Lovers (1956), Come Fly with Me (1958) and Frank Sinatra Sings for Only the Lonely (1958). Sinatra juga pernah meraih Academy Award untuk aktor pembantu terbaik 1953, lewat film FROM HERE TO ETERNITY. Tahun 1960-an, Sinatra dianggap sebagai tokoh paling terkenal dalam bisnis pertunjukan, dengan keberhasilannya menjual lebih dari 600 juta rekaman melalui sederetan lagu andalannya seperti My Way, Stranger in the Night dan The Lady is a Tramp, serta kemunculannya pada lebih dari 50 film.

2. Kisah Asmara
Pertama kali, Sinatra muda menikah dengan teman masa kanak-kanaknya, Nancy Barbatoc yang juga penyanyi terkenal. Dari Nancy, Sinatra mendapatkan tiga anak, Nancy, Frank, dan Tina. Pernikahan ini sendiri akhirnya bubar tahun 1951. Pernikahan keduanya adalah dengan aktris Ava Gardner (1966). Menurut Sinatra, pernikahannya ini adalah pernikahan yang paling kacau dan paling singkat, enam tahun. Sang istri ia nilai terlalu pencemburu. Perceraian mereka diakibatkan oleh Sinatra yang lupa menelepon Gardner ketika ia tengah show di Miami. Lepas dari Gardner, Sinatra yang saat itu berusia 50 tahun menikah dengan aktris Mia Farrow yang pada saat itu berusia 21 tahun. Mereka berpisah setahun kemudian dan bercerai tahun 1968. Saat itu, tahun 1961, Frank Sinatra muda sempat menjalin hubungan yang sangat dekat dengan Marilyn Monroe. Mereka menjadi sangat dekat setelah saling bertukar cerita. Kedekatan Marilyn dan Sinatra itu membuat Joe DiMaggio suami Marilyn Monroe saat itu meradang, menyangka mereka memiliki hubungan khusus. Lalu pada tahun 1976 Frank Sinatra menikah dengan Barbara Marx.

3. Pernah tersangkut kegiatan Mafia
Keterkaitannya dengan mafia dan politik memang sempat menjadi buah bibir di mana-mana. Ini dikarenakan, Sinatra cukup dekat dengan beberapa gembong mafia dan dia juga merupakan teman dekat presiden John F Kennedy. Ketika itu terbetik kabar bahwa kemenangan Kennedy dikarenakan adanya dukungan dana yang luar biasa dari para mafioso dan Sinatra lah yang menjadi penghubungnya. Di tahun 1970, Sinatra sempat diperiksa oleh kejaksaan karena keterlibatannya dengan mafia. Meski akhirnya tak terbukti, nama Sinatra sempat tercoreng masuk dunia hitam. Karier menyanyi yang kemudian mengembalikan nama besar Sinatra. Dan tahun lalu, Sinatra dianugerahi gelar sebagai warga teladan Amerika oleh kongres Amerika bersama aktor John Wayne dan beberapa tokoh lain. Ini membuat nama Sinatra menjadi bersih kembali.

4. Kabar kematian Frank Sinatra
Kabar ia meninggal memang kurang bergema, karena saat itu, 14 Mei 1998, Jakarta dan beberapa kota lain dilanda kerusuhan. Namun, buat sebagian orang, nama Frank Sinatra adalah bukti dedikasi, semangat, dan daya hidup seorang seniman. Banyak artis Hollywood dikaruniai umur panjang. Namun, Frank Sinatra terbilang istimewa. Karier lengkap sebagai penyanyi, aktor, dan entertainer serba bisa, dilaluinya hingga usia 82 tahun. Drama kehidupan dan ketokohannya dikisahkan secara teliti oleh Nancy, putri sulungnya, dalam Frank Sinatra, My Father (1985). Dunia hiburan sedih ketika Sinatra meninggal. Sebagai peringatan, Nancy merilis ulang album duet bersama ayahnya, Somethin’ Stupid, yang 31 tahun lalu menduduki peringkat teratas tangga lagu-lagu di AS. Produk berupa CD yang kembali laris itu tak cuma berisi lagu duet seperti Feelin’ Kinda Sunday, atau lagu ungkapan kasih It’s for My Dad (1977), namun juga berisi perbincangan Nancy dengan ayahnya di sela-sela rekaman. “Semua penghasilan album For My Dad ini akan dimasukkan ke dalam kas Yayasan Frank Sinatra,” kata Nancy. Sebagai penyanyi, ia telah menghasilkan 100 album dan hampir 2000 rekaman individual, berpuncak pada lagu New York, New York. Penghargaan jumlahnya lusinan, baik di kancah musik, seni peran, sosial, bahkan ilmu pengetahuan. Tak hanya dari dalam negeri, termasuk beberapa versi penghargaan prestasi seumur hidup, tetapi juga dari presiden Prancis Charles de Gaulle (1965), Pemerintah Israel (1972), Pemerintah Austria juga memberinya penghargaan tertinggi bagi warga sipil, Medali Kehormatan Kelas I untuk Ilmu Pengetahuan dan Kesenian (1984).

5. Film dokumenter tentang Frank Sinatra
Memperingati 100 tahun kelahirannya, film dokumenter mengenai Frank Sinatra pun dibuat. Perjalanan hidup hingga karier Frank Sinatra, termasuk detik-detik terakhir penyanyi legendaris di tahun 1998 akan ditayangkan di stasiun televisi HBO. Film dokumenter bertajuk All Or Nothing akan mengupas tuntas warna-warna dalam hidup Frank Sinatra dalam empat jam penuh. Tayangan ini diharapkan bisa menggali kembali akan sosok Frank Sinatra, serta mengenalkan ke generasi baru. Salah satu hal yang akan ditampilkan adalah perjalanan konser Frank Sinatra yang belum pernah dilihat sebelumnya. Selain itu, dokumentasi dari berbagai sumber saat Frank Sinatra diwawancarai menjadi suguhan menarik di film dokumenter ini. Demi pembuatan film dokumenter, istri pertama Frank Sinatra bernama Nancy Barbato dan kedua anaknya juga ikut terlibat. Beberapa pembuatan klipnya juga dilakukan di kediaman Frank Sinatra.

6. Musisi gelar konser perayaan ulang tahun Frank Sinatra ke-100
Para musisi internasional seperti John Legend, Usher, Carrie Underwood menggelar sebuah konser khusus untuk mengenang perjalanan penyanyi legendaris Frank Sinatra yang ke 100 tahun. Konser bertajuk “Sinatra 100 – An All-Star GRAMMY Concert” ini didukung sepenuhnya oleh CBS, The Recording Academy and AEG Ehrlich Ventures, Alicia Keys, Tony Bennett dan Garth Brooks. Selama acara berlangsung konser ini akan menghadirkan sebuah penampilan dari Don Costa, Gordon Jenkins, Quincy Jones dan Nelson Riddle.

Kita tentunya tidak dapat melupakan semua hasil karya Frank Sinatra. Alangkah baiknya kita selalu mengenang karya- karyanya dan ikut menjaga serta mendoakan segala yang terbaik baik untuk dirinya. Sebagai generasi baru ia sebagai salah satu penyanyi terbaik sepanjang masa dapat kita jadikan inspirasi, bagaiman ia memulai perjalanan karir dari nol hingga menjadi legenda musik dunia.