6 Hal Yang Harus Kamu Tahu, Dalam Pertandingan Sengit Barcelona VS Valencia

Liga Spanyol kembali manyajikan pertandingan sengit yang mempertemukan Juara La Liga Barcelona menghadapi pertandingan sulit melawan Valencia di Stadion Mestalla pada hari minggu 6 Desember 2015 dengan Valencia menjadi tuan rumah untuk pertandingan ini.

1. Hasil Pertandingan Valencia vs Barcelona
Valencia Vs Barcelona dalam pertandingan lanjutan Liga Spanyol pada Minggu dinihari berakir Imbang. Barcelona sempat unggul terlebuh dahulu melalui Striker asal Uruguay, Luiz Suarez. Namun Valencia mampu menyamakannya melalui Santi Mina. Barcelona terus menekan hingga menit akhir, tetap kedisiplinan Valencia memaksa mereka untuk bungkam dan bermain imbang hingga bubaran.

2. Jalannya pertandingan
Barcelona memulai babak pertama dengan langsung menekan ke pertahanan Valencia. Namun, Barca kerap kesulitan menerobos pertahanan lawan yang bermain sangat rapat. Lionel Messi hampir saja memberi keunggulan buat timnya di menit ke-25. Namun sayang tembakannya dari jarak dekat berhasil diblok kiper Jaume. Blaugrana berupaya keras untuk mencetak gol. Beberapa peluang didapat melalui aksi Messi, Ivan Rakitic, Luis Suarez dan juga Neymar namun tidak mampu dikonversi menjadi gol. Barca hampir saja kecolongan lewat serangan balik cepat yang dilancarkan Valencia, namun semua upaya itu selalu terbentur lini pertahanan Barca yang solid. Laga pun berakhir tanpa gol di babak pertama. Keluar dari kamar ganti Barcelona sama sekali tak mengubah permainan. Pasukan Luis Enrique terus menggempur pertahanan Valencia yang terbilang sangat rapat. Di menit ke-59 melalui Luis Suarez meski sedikit berbau offside berhasil merobek gawang Los Che setelah melakukan kerja sama dengan Messi. Valencia tak patah arang hingga akhirnya berhasil membalas lewat Mina Lorenzo. Mendapat umpan dari Zakaria Bakkali, Paco Alcacer memberikannya kepada Mina dan menghasilkan gol keseimbangan antara dua kubu. Saling terlibat jual beli serangan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga, tak ada tambahan gol tercipta.

3. Fans Valencia total dukung Gary Neville
Stadion Valencia, Mestalla, terisi penuh selama menjamu Barcelona dalam pertandingan La Liga pada Minggu (6/12/2015) dini hari WIB. Los Che mengeluarkan pengumuman resmi untuk mengucapkan terima kasih kepada semua pendukungnya atas reaksi positif mereka dalam momen penting klub seperti saat ini. Valencia CF ingin mengucapkan terima kasih atas respon dari para pendukung menjelang laga akhir pekan La Liga melawan FC Barcelona dengan semua tiket pertandingan yang sudah terjual habis. Sekali lagi, pendukung kami telah menunjukkan keyakinan mereka, kompromi, dan dorongan untuk tim dalam momen penting klub di musim ini. Setelah ditinggalkan pelatih Nuno Espirito Santo, Valencia kini akan ditangani oleh manajer baru, yaitu Gary Neville. Legenda Manchester United itu memiliki tugas untuk mempersatukan kembali hubungan antara fans dan klub.

4. Trio MSN terhenti
Hasil imbang 1-1 Liga Spanyol antara Valencia vs Barcelona menjadikan skor Barca vs Valencia menghentikan laju pasukan Luis Enrique. Klub Catalan tinggal berjarak dua poin dari Atletico dan empatĀ  angka dari Real Madrid. Trio MSN yang sempat belum terhentikan hingga jornada 13, akhirnya ditahan Valencia. Los Che yang enggan menjadi korban mereka berikutnya setelah Real Madrid, AS Roma, dan Real Sociedad. Bahkan meski Barcelona diuntungkan dengan hilangnya delapan pemain inti Valencia yang cedera. Sepanjang paruh pertama, klub Catalan tampil ekstra dominan. Setidaknya mereka punya lima peluang emas, yang semuanya gagal berbuah gol.

5. Pertandingan telan satu korban tewas
Kabar duka menyelimuti Valencia usai laga lawan Barcelona, Sabtu (5/12/2015). Pasalnya salah seorang fans Los Che tutup usia dalam laga yang digelar di Mestalla Stadium itu. Pihak Valencia belum mengonfirmasi nama seorang fans yang meninggal dunia ini. Namun pria berusia 43 tahun itu tiba-tiba pingsan setelah merayakan gol penyeimbang Valencia yang dicetak Santiago Mina. Dokter sudah memberikan pertolongan semaksimal mungkin pada fans naas itu, tapi nyawanya tidak terselamatkan dan meninggal dunia pada pukul 11 malam waktu setempat. “Valencia sangat bersedih mengetahui ada fans yang meninggal dunia setelah laga di Mestalla pada Sabtu malam. Kami mengucapkan duka cita yang mendalam dan berharap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” bunyi pernyataan resmi klub.

6. Luis Suarez menginjak kaki Abdennour
Dalam laga antara Valencia vs Barcelona dinihari tadi, Luis Suarez kembali menjadi pemberitaan utama usai ia menginjak kaki Abdennour. Para pemain Valencia memprotes keputusan wasit dalam kejadian tersebut yang tak memberikan kartu kepada Luis Suarez. Kejadian itu berawal saat Luis Suarez sedang menanti bola dan Abdennour yang sepanjang laga bertugas mengawal Suarez saling berdempetan. Suarez tampak menginjak kaki Abdennour, alhasil bek Valencia ini terjatuh, Suarez yang terganjal badan Abdennour sempat sedikit menginjak tangan Abdennour dan alhasil kehilangan keseimbangan menimpa bek Valencia tersebut. Bila ditilik dari rekaman video di bawah ini, mungkin keputusan wasit benar adanya, tampak Luis Suarez tak sengaja menginjak Abdennour. Dan Suarez pun telah meminta maaf usai kejadian tersebut secara langsung. Namun pemain Valencia menuntut kartu merah diberikan kepada Suarez.

Hasil imbang ini masih belum menggoyahkan posisi Barcelona di puncak klasemen La Liga dengan 34 poin. Sedangkan Valencia berada di peringkat tujuh dengan 20 poin. Valencia yang menjadi tuan rumah pada pertandingan nanti, akan mencoba merusak hagemoni Barcelona dan Barcelona yang tampil cemerlang akan kembali mengincar kemenangan untuk mempertahankan posisi puncak klasemen Liga Spanyol musim ini.