Fakta – Fakta Menarik Tyson Fury, Sang Juara Dunia Tinju Kelas Berat 2015

Tyson Fury merupakan petinju asal Inggis yang berhasil meraih gelar juara dunia tinju kelas berat usai mengalahkan petinju Ukraina, Wladimir Klitschko. Meski sempat mendapat pengurangan nilai pada ronde ke-11, tiga juri akhirnya memberikan angka kemenangan mutlak kepada Fury, yaitu 115-112, 115-112, dan 116-111. Kini petinju Inggris itu berhak menyandang gelar WBA, IBF, IBO dan WBO. Sejak awal Fury sebenarnya tidak diunggulkan. Sebab lawannya, Klitschko selama 11 tahun tak pernah terkalahkan dan berhasil mempertahankan gelar juara dunia selama hampir sepuluh tahun. Namun, Fury berhasil mematahkan semua prediksi tersebut.

Berikut 8 fakta menarik mengenai Tyson Fury, sang juara dunia tinju kelas berat 2015 :

1. Fury dilahirkan dalam keluarga Gyspi Irlandia dimana sang ayah John Fury merupakan petinju tangan kosong di era 1980an yang mendapat julukan “Gypsy” John Fury. John sempat menjalani hukuman penjara selama 11 tahun setelah mencungkil mata seorang lawannya.

2. Fury dilahirkan secara prematur tiga bulan lebih awal dan hanya memiliki bobot 1 pon atau 0,45 kg. Dokter yang membantu kelahirannya sempat memprediksi bahwa kemungkinannya untuk terus bertahan hidup sangat kecil. Namun ayahnya, John Fury berpendapat sebaliknya, Jhon percaya anaknya akan terus hidup dan tumbuh dewasa.

3. John yakin bahwa anaknya akan menjadi juara dunia kelak. Dan itulah sebabnya, dia memberi nama Tyson kepada anak kedua dari enam bersaudara tersebut. Seperti halnya juara dunia kelas berat Mike Tyson. Saat Tyson Fury dilahirkan 12 Agustus 1988 Mike Tyson tengah berada di puncak kejayaannya.

4. Tyson sempat ditolak memperkuat Irlandia pada Olimpiade. Namun setelah silsilah keluarganya di Belfast ditelusuri, Tyson Fury akhirnya diizinkan memperkuat Inggris maupun Irlandia. Pada tahun 2008, Tyson berhasil memenangkan kejuaraan amatir ABA Championship. Setahun setelah itu Tyson baru terjun ke tinju profesional dan belum terkalahkan hingga kini.

5. Fury dan sang istri Paris telah bersama sejak umur 16 tahun. Keduanya telah menikah selama enam tahun terakhir. Dalam tradisi kaum gipsi Irlandia, Fury memegang teguh aturan dimana dia tidur di karavan sementara Paris bersama kedua orang tuanya sebelum mereka resmi menikah.

6. Petinju 27 tahun itu telah memiliki dua anak perempuan dari pernikahannya dengan Paris Fury. Anak pertama bernama Venezuela dan yang kedua Prince. Sebelum pertarungan, ayah dari Venezuela dan Prince itu memang ingin mendedikasikan kemenangan untuk Paris yang tengah mengandung anak ketiga. Tyson akan memiliki anak ketiga sekitar akhir tahun.

7. Seorang penggemar Manchester United, Fury menyatakan bahwa Roy Keane dan Eric Cantona menginspirasinya untuk menjadi lebih agresif serta menonjol dibanding orang lain.

8. Tyson Fury, menolak untuk meminum air mineral yang disediakan panitia usai mengalahkan Wladimir Klitschko dalam laga perebutan gelar jaura kelas berat di Esprit Arena. Fury mengaku khawatir ada oknum yang berniat buruk terhadap dirinya. Takut diracuni, ia memutuskan untuk tidak minum air mineral di ruang ganti dan tak menyentuh barang apapun di sana.

Dengan hasil ini, rekor Klitschko menjadi 64-4. Kekalahan oleh Fury merupakan yang pertama dialaminya sejak April 2004. Adapun Fury menjaga rekor tak pernah kalah sepanjang kariernya. Dari 25 pertarungan yang dimenanginya, 18 di antaranya dimenangi dengan KO.