9 Hal Menarik Yang Harus Kamu Ketahui Dari Peluncuran SIM Online

Kabar baru bagi penduduk Indonesia yang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi. Pasalnya, Polri sudah meluncurkan program SIM Online yang sangat memudahkan masyarakat. Warga yang ingin memperpanjang SIM kini tidak perlu pulang ke daerah asal atau tempat tinggal sesuai KTP, dan cukup datang ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) setempat. Berikut hal- hal yang harus kamu ketahui tentang IM Online ini:

1. Mulai 27 September 2015, Perpanjang SIM Bisa Secara Online
Kepala Seksi Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas SIM) Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Kunto Wibisono, mengatakan, perpanjangan SIM Online itu akan dilaunching saat Car Free Day pada Minggu (27/9/2015) mendatang. Prosedurnya, ucap AKBP Ipung, sama saja, yakni hanya perlu membawa SIM yang sudah diperpanjang dan KTP yang sudah memakai NIK E-KTP.ahkan, katanya, tak perlu juga datang ke Satpas SIM, perpanjangan online juga bisa dilakukan di lokasi-lokasi SIM keliling.

2. Begini Proses Perpanjangan SIM “Online”
Berkat inovasi perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) Online ini, masyarakat yang berada di luar daerah dapat memperpanjang SIM tanpa harus pulang kampung halaman. Prosesnya pun cepat hanya 3 sampai 5 menit. Petugas Pemandu Pelayanan SIM Keliling Aiptu Arwin Nasution mengatakan, pelayanan SIM Online dapat dilakukan di gerai, bus pelayanan SIM keliling, dan 45 Satuan Pelaksanaan Administrasi (Satpas), di 38 Polda di Indonesia. Dikatakan Arwin, warga yang akan memperpanjang SIM pertama kali akan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan mata, tensi darah, dan perawakan. Artinya, kondisi tubuh apakah masih cakap. Dan sudah disiapkan dokter atau petugas yang memeriksa di setiap Satpas dan pelayanan SIM Keliling.
Setelah pemeriksaan kesehatan, masyarakat diarahkan untuk pembayaran administrasi Pendapatan Asli Bukan Pajak ke Bank Rakyat Indonesia (BRI). Perpanjang SIM A biayanya Rp80 ribu. Lalu, bayar kesehatan 25 ribu. Untuk biaya kesehatan bergantung wilayah masing masing-masing. Kalau perpanjang SIM C biayanya Rp75 ribu. Kemudian, dianjurkan untuk membayar asuransi kecelakaan Rp30 ribu yang sifatnya tidak dipaksakan. Setelah melakukan pembayaran, warga diarahkan untuk mengisi formulir dan input data melalui online, baru identifikasi atau foto, dan SIM dicetak. Ini hanya memakan waktu 3 sampai 5 menit bergantung jaringan.

3. SIM Online bisa dilakukan di 45 Satpas yang tersebar di seluruh Indonesia.
Berikut 45 Satpas di Indonesia:
1. Polrestabes Medan
2. Polresta Palembang
3. Polda Metro Jaya Jl. Daan Mogot
4. Polrestro Jakarta Utara
5. Polrestro Jakarta Barat
6. Polrestro Jakarta Selatan
7. Polrestro Jakarta Pusat
8. Polrestro Jakarta Timur
9. Polresta Tanggerang
10. Polres Tanggerang Kab 1
11. Polres Tanggerang Kab 2
12. Polrestro Bekasi Kota
13. Polres Bekasi
14. Polresta Depok
15. Polresta Depok (Pasar Segar)
16. Polrestabes Bandung
17. Polrestabes Semarang
18. Polres Sleman
19. Polrestabes Surabaya
20. Polresta Denpasar
21. Polresta Pontianak
22. Polrestabes Makassar
23. Polresta Banda Aceh
24. Polresta Padang
25. Polresta Pekanbaru
26. Polresta Bandar Lampung
27. Polresta Bengkulu
28. Polresta Jambi
29. Polres Mataram
30. Polres Kupang
31. Polres Bulungan
32. Polresta Banjarmasin
33. Polres Palangkaraya
34. Polres Mamuju
35. Polresta Kendari
36. Polresta Manado
37. Polresta Palu
38. Polresta Ambon
39. Polresta Jayapura
40. Polres Manokwari
41. Polres Serang
42. Polresta Pangkal Pinang
43. Polresta Gorontalo
44. Polres Ternate
45. Polresta Balerang

4. Layanan SIM Oline tidak berlaku untuk SIM yang masaberlakunya sudah habis.
Pelayanan perpanjangan SIM online hanya berlaku bagi SIM akan habis masa berlakunya pada beberapa hari mendatang. Atau maksimal dua hari setelah masa berlaku SIM habis. Artinya untuk SIM yang telah habis masa berlakunya lebih yang disebutkan tadi, tak bisa lagi melakukan perpanjangan via online. “Namun kalau SIM-nya sudah habis tidak bisa lagi. Harus masih berlaku. Kecuali kalau baru 1 atau 2 hari habis masih bolehlah. Tapi kalau sudah sampai 3 bulan tak berlakunya ya tak bisa perpanjangan online,” kata AKBP Ipung.

5. Layanan SIM Kini Terintegrasi Online, Penerbitan Bisa Lebih Cepat
Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan bahwa layanan SIM online saat ini berbeda dengan dengan yang dahulu. Layanan SIM online iniĀ  mulai dikembangkan pada pertengahan tahun 2015 dan kini sudah saling terkoneksi. pelayanan SIM online dulu perangkat dan sistemnya berbeda -beda di masing-masing Polda. Pelayanan di Samsatpun tidak terkoneksi satu sama lain. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Condro Kirono pun menambahkan, saat ini data pemilik SIM terdistribusi langsung ke Korlantas dan saat ini sudah terintegrasi dengan Kemendagri lewat penggunaan E-KTP untuk pembuatan SIM online ini. Selain itu, terintegrasi juga dengan Kementerian Keuangan untuk soal pembayarannya.

6. SIM Online cara berantas calo dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi yang mewakili Presiden Joko Widodo mengatakan, SIM Online yang diluncurkan oleh Mabes Polri merupakan terobosan kreatif untuk meningkatkan pelayanan. Dia pun mengapresiasi langkah kepolisian tersebut. “Melalui kebijakan SIM Online, tidak saja mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat, tetapi juga terbangun transparansi dan akuntabilitas dalam hal pelayanan Polri, salah satunya penerbitan SIM,” kata Yuddy. Melalui pemanfaatan teknologi informasi, yaitu pelayanan berbasis online, akan dapat meminimalisasi potensi penyimpangan, seperti praktik percaloan yang menimbulkan dampak terjadinya peningkatan biaya pelayanan serta memangkas birokrasi yang rumit dan berbelit-belit. SIM Online salah satu upaya serius dan komprehensif menurunkan angka kecelakaan. “Salah satu upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas adalah dengan meningkatkan kompetensi pengemudi melalui perbaikan sistem penerbitan SIM yang lebih tertib, mudah berkualitas. Diharapkan, dengan telah dilaksanakannya SIM Online, perpanjangan SIM akan lebih mudah dilakukan, karena kerumitan prosedural mengenai domisili warga dan kepemilikan KTP sudah tidak lagi menjadi hambatan,” beber Yuddy.

7. Apa Perbedaan SIM Online dengan SIM Keliling?
Apa perbedaan layanan SIM keliling dengan SIM online?
Kasubdit Regiden Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Maulana mengatakan, sama seperti layanan SIM keliling yang sudah ada, SIM online juga bisa digunakan untuk memperpanjang SIM. Bedanya, perpanjangan tidak lagi bersifat kedaerahan. “Karena ini sistemnya sudah online, SIM dari Polda manapun bisa diperpanjang di sini, jadi sudah nasional,” kata dia di saat dijumpai di lokasi SIM Online, Minggu pagi. Dengan kata lain, layanan SIM keliling saat ini sudah diubah menjadi SIM online. Sebab, sistem yang digunakan pada SIM keliling sudah online.

8. Keunggulan SIM Online
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melakukan Joint Development Program dan Grand Launching pengembangan SIM Online. “Tantangan perbankan di masa depan adalah kepemilikan teknologi yang handal. Dalam hal ini, Bank BRI sangat percaya diri dalam memaksimalkan layanan SIM Online. Kami memiliki hardware berupa 3 (tiga) data center yang terintegrasi dan saling mirroring. Di pertengahan 2016 nanti, hardware kami akan semakin lengkap dengan diluncurkannya satelit milik BRI, yakni BRIsat. Untuk software, kami mengimplementasikan digital technology architecture yang mencakup mobile technology, big data, serta seluruh operasional BRI dilakukan secara paperless baik untuk nasabah maupun untuk kepentingan internal. Dan sebagai brainware, kami memiliki tenaga IT yang sangat handal dan professional, kata Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga Amijarsodi Jakarta, Minggu (6/12). Dengan kapasitas dan kehandalan teknologi yang sudah teruji, Bank BRI membangun sistem yang sanggup mensinkronkan beberapa sistem yang berbeda yakni antara Server Data Polri dengan Server Data Kementerian Dalam Negeri dalam hal pengelolaan. Selanjutnya, Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Server Data Direktorat Jenderal Anggaran terkait dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui Modul Penerimaan Negara (MPN) Generasi 2 dengan sistem Online, Centralized, dan Integrated. Program SIM Online juga memproses pembuatan SIM menjadi paperless. Pengisian formulir registrasi pembuatan dan perpanjangan SIM dilakukan secara computerized, sehingga masyarakat tidak perlu lagi melakukan pengisian formulir secara hard copy. Proses lebih terukur, karena program SIM Online ini memberikan kemudahan kepada Polri untuk melakukan kegiatan Monitoring dan Reporting. Layanan pembayaran SIM dapat dilakukan melalui Teller Bank di Unit Kerja Bank BRI di seluruh Indonesia. Rekonsiliasi data bisa dilakukan secara dual system. Dan dapat meminimalisir adanya potensi selisih yang sebelumnya sering terjadi. Sistem ini juga sangat mendukung transparansi dan akuntabilitas layanan SIM yang dilakukan Polri.

9. Peluncuran SIM Online
Parade Motor Besar dan Taman Lalu Lintas Ramaikan Launching SIM Online. Event peluncuran yang berlansung di Parkir Timur, Senayan, Jakarta Pusat, pada hari ini, Minggu, 6 Desember, sangat meriah. Salah satu acara yang sangat menarik adalah pengerahan jajaran Korlantas Polri seperti layanan dan kekuatan milik Polisi Lalu lintas. Di antaranya Mobil Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Mobil SIM keliling, mobil dan motor gede (moge) pengawalan atau patroli, serta Taman Lalu Lintas. Masyarakat yang hadir juga bisa langsung melakukan perpanjangan SIM di mobil SIM keliling yang telah disediakan dan anak-anak di bawah usia tiga tahun mendapatkan pengetahuan melalui Taman Lalu Lintas. Adanya integrasi item acara di lokasi Grand Launching SIM Online hari ini, menjadikan acara Grand Launching SIM Online jadi zona edukasi keselamatan dalam berlalu lintas.

Layanan ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk melakukan perpanjangan SIM. Perpanjangan SIM Online dapat dilakukan di Satpas Polres, bahkan SIM Keliling dan SIM Corner sudah ada di sejumlah mall dan pusat perbelanjaan.