Serba-serbi dan berita seputar Liverpool FC di Premier League musim ini

Dengan pelatihan dari Jurgen Klopp, Liverpool semakin baik. Dan berikut 12 kabar yang menarik dari  Si Merah dibawah asuhan Kloop selama akhir tahun ini:

1. Manchester City secara mengejutkan dipermalukan Liverpool
Premier League 2015-2016 dipekan ke-13 pada Minggu (22/11/2015) dini hari WIB dalam laga yang dihelat di Etihad Stadium City kemarin takluk dari tamunya dengan skor 1-4. Salah satu pencetak gol Liverpool tadi malam adalah sang playmaker, Philippe Coutinho. Sumbangan satu gol Coutinho rupanya tak hanya memberikan kemenangan untuk timnya, melainkan juga mencatatkan torehan emas untuk dirinya sendiri. Diyakini juga dengan kemenangan atas City, membawa dampak besar bagi kepercayaan diri para pemain The Reds. Kemenangan ini membawa si merah mengoleksi 20 poin hasil dari lima kemenangan, lima imbang, dan tiga kali kalah.

2. Firmino Menunjukkan Kelasnya
Gelandang Liverpool asal Brasil, Roberto Firmino menunjukkan kelasnya dengan mencetak satu gol dan satu assist dalam pertandingan melawan Manchester City. Firmino memaksa Eliquim Mangala melakukan gol bunuh diri pada menit ketujuh, kemudian mantan gelandang Hoffenheim tersebut memberikan assist kepada  Coutinho dan mencetak namanya di papan skor. Klopp menilai bahwa Firmino mampu lebih bagus lagi jika ia dapat memanfaatkan satu peluang emas yang didapatkannya.

3. Dibawah asuhan klopp, kepercayaan diri Liverpool tinggi
Dejan Lovren sangat antusias terhadap atmosfer timnya saat ini. The Reds di bawah asuhan Jurgen Klopp bisa meraih prestasi apik di akhir musim. Liverpool secara mengejutkan membantai Manchester City dengan skor 1-4. Padahal, di matchday sebelumnya Jordan Henderson dan kawan-kawan takluk oleh Crystal Palace dengan 1-2 di Anfield. Kemenangan atas City membuat Liverpool hanya berjarak delapan angka dari sang pemuncak klasemen sementara, Leicester City.

4. Gerrard Kembali ke Liverpool
Dikonfirmasi mantan pemain The Reds Steven Gerrard akan kembali membela Liverpool pada Januari 2016. Namun bukan untuk kompetisi Premier League, malainkan hanya melakukan pertandingan persahabatan antar legenda yang diselenggarakan di Sydney, Australia. Mantan pemilik nomor delapan Liverpool itu akan bergabung dengan legenda The Reds lainnya untuk menghadapi legenda Australia pada 7 Januari 2016. Dikabarkan bintang-bintang terkenal The Reds seperti Jamie Carragher, Ian Rush, John Arne Riise, dan Didi Hamann akan turut ambil bagian pada laga tersebut.

5. Daniel Sturridge diturunkan melawan Bordeaux
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp memutuskan menurunkan bomber lincah Liverpool dalam pertandingan Europe League melawan Bordeaux, Jumat 27 November 2015. Sturridge absen sejak bulan lalu karena mengalami cedera lutut kronis. Setelah menjalani proses latihan sekira satu minggu, Klopp memberikan kesempatan baginya untuk keluar dari duduk dibangku cadangan dan kembali merumput di anfield.

6. Liverpool Siap Datangkan Isco
Gelandang Real Madrid, Francisco Roman Alarcon Suarez atau biasa dikenal dengan nama Isco dikabarkan akan digoyong Liverpool. Mahir bermain sebagai gelandang menyerang, Isco juka dikenal fasih beroperasi di sisi sayap. Nah, Klopp diyakini ingin memanfaatkan situasi pemain Timnas Spanyol itu yang dikabarkan sudah tak kerasan merumput di Santiago Bernabeu. Liverpool sendiri dipastikan takkan mudah mendapatkan tanda tangan Isco.Karena setelah hengkang dari Los Merengues, klub-klub besar Eropa macam Juventus, Chelsea, dan Arsenal, dikabarkan sudah antre untuk mendapatkan jasa eks bintang Malaga tersebut.

7. Bursa transfer musim dingin pada Januari 2016
Jelang dibukanya jendela bursa transfer musim dingin pada Januari 2016, manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengungkapkan bahwa klubnya akan mendatangkan pemain baru jika situasi memungkinkan. Dan sasu kabar mengejutkan lagi dari Liverpool adalah manajemen The Reds disebut-sebut bakal segera melego salah satu penyerang terbaik mereka, yakni Daniel Sturridge dalam waktu dekat ini. Jamie Carragher melontarkan pernyataan tersebut dengan alasan bek legendaries Liverpool itu memiliki pandangan tersebut lantaran ia berkeyakinan bahwa manajemen The Kop sudah mulai bosan dengan rentannya Sturridge terhadap cedera. Sedangkan Mamadou Sakho, AS Roma dikabarkan tertarik untuk mengimpor bek Liverpool tersebut. Roma tertarik datangkan Sakho untuk memperbaiki lini belakang mereka. Namun hal itu dipastikan sulit, karena Klopp memiliki banyak keyakinan terhadap Sakho. Dan raksasa La Liga Real Madrid juga sudah mulai bergerilya mencari pemain baru, salah satunya yaitu pemain bertahan Liverpool, Alberto Moreno.

8. Liverpool Paling Sering Dihadiahi Penalti
Pemain Liverpool, James Milner, berhasil membawa The Reds unggul saat menghadapi Swansea City melalui titik putih. Penalti tersebut membuat Liverpool mencatat rekor sebagai klub yang paling banyak mendapat penalti di sepanjang sejarah Premier League. Menurut catatan Opta, sejuh ini Liverpool sudah mendapat 135 penalti sepanjang sejarah Premier League. Hasil tersebut menjadi yang terbanyak jika dibandingkan dengan peserta Premier League lainnya.

9. Klopp Mengaku Sulit Lupakan Kekalahan Kontra Crystal Palace
Jurgen Klopp yang mengambil alih kursi kepelatihan Liverpool dari Brendan Rodgers sejak delapan Oktober, Klopp benar-benar membawa perubahan bagi klub yang bermarkas di Anfield tersebut. Pelatih asal Jerman itu mampu memberikan enam kemenangan dari 10 pertandingan Liverpool di semua kompetisi. Namun, ada masa yang membuat hati Jurgen Klopp tidak tenang. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu belum bisa melupakan kelahan 1-2 atas Crystal Palace di Anfield pada 8 November 2015.

10. Bidikan anyar Jurgen Klopp serta lampu hijau untuk Reus dan Hummels
CEO Borussia Dortmund, Hans-Joachim Watzke, memberikan lampu hijau untuk Liverpool jika ingin membawa pemain mereka ke Anfield. Klopp memang tertarik mendatangkan dua mantan anak asuhnya di Dortmund yakni, Marco Reus serta Mats Hummels. Watzke sangat terkesan dengan dampak yang diberikan Klopp selama melatih dua bulan di Anfield. Sampai saat ini, Liverpool sudah menghasilkan 11 poin dari kemungkinan 18 poin yang diraih di Premier League. James Milner dkk juga berhasil melaju ke babak selanjutnya di kompetisi Europa League dan masih berada di babak delapan besar League Cup. Sedangkan untuk mengarungi kerasnya Premier League musim ini. Pelatih berdarah Jerman itu pun sudah menyiapkan satu nama untuk memperkuat lini belakang The Reds. Klopp jatuh kepada sosok bek kanan Barcelona yang musim ini dipinjamkan ke Inter Milan yakni Martin Montoya.

11. Tundukkan Swansea City
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, berhasil meraih kemenangan pertama Premier League di Stadion Anfield usai menundukkan Swansea City, 1-0. Gol Liverpool dicetak oleh James Milner melalui titik putih usai pemain Swansea melakukan hand ball di daerah terlarang. Gol Milner menjadi gol satu-satunya pada pertandingan tersebut. Menanggapi hasil itu, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku tetap puas. Menurutnya laga melawan Swansea adalah laga yang berat. Dengan kemenangan ini Liverpool berada di posisi enam dengan raihan 23 poin hasil dari enam kali menang dan lima kali seri.

12. Liverpool hadapi Southampton
Liverpool dipastikan akan kembali diperkuat oleh Daniel Sturridge serta Jordan Henderson ketika menghadapi Southampton di Capital One Cup babak perempat final pada Rabu (3/12). Henderson dan Sturridge sukses untuk kembali bermain sebagai pemain pengganti ketika Liverpool mengalahkan Swansea City 1-0 di Premier League. Dan hasilnya Daniel Sturridge, mencetak dua gol saat membawa klubnya mengalahkan Southampton dengan skor 6-1 dalam lanjutan perempatfinal Capital One Cup 2015–2016. Pemain lainnya yang berhasil mencetak gol di  St. Mary’s Stadium tersebut adalah Divock Origi dan Jordon Ibe. Kemenangan atas Southampton membuat Liverpool melaju ke babak semifinal. Di babak empat besar, The Reds sudah ditunggu Stoke City.

Liverpool melakoni pertandingan di babak perempatfinal Capital One Cup melawan Southampton, Kamis 3 Desember 2015 dini hari WIB itu menjadi pertandingan pertama bagi The Reds yang akan melakoni empat laga dalam 12 hari.