Press "Enter" to skip to content

6 fakta yang menyertai kabar Kobe Bryant pensiun di akhir musim 2015-2016

Comments

Kabar mengejutkan datang dari bintang LA Lakers, Kobe Bryant mengenai masa depannya di olahraga basket. Pebasket ternama NBA ini pada Senin (30/11/2015) pagi WIB mengumumkan akan pensiun akhir musim nanti. Musim 2015-2016 menjadi pengabdian terakhir Bryant bersama Los Angeles Lakers.

Namun ada beberapa hal menarik yang menyertai kabar mengejutkan pensiunnya Kobe Bryant, seperti dibawah ini:

1. Alasan dari mundurnya pebasket ini karena ia menilai bahwa kondisi fisiknya sudah tidak sebaik dari sebelumnya. Sehingga pemain yang kini berusia 34 tahun tersebut terlihat legawa untuk memberikan tempatnya kepada pemain muda berbakat. Isyarat yang diberikan Bryant ini dilakukan sebelum ia melakukan pembicaraan dengan Lakers terkait masalah perpanjangan kontrak yang sudah dipersiapkan oleh tim tersebut. Hal itu merupakan wujud kecintaannya terhadap klub bahwa keputusannya itu memberikan kejelasan bagi Lakers agar bisa bergerak maju (tampil kompetitif) ke depannya. “Saya menempatkan tubuh saya agar selalu siap melewati setiap pertandingannya. Tetapi itu tidak mudah untuk melihat hal yang sama sekarang. Saya hanya membutuhkan lebih banyak komitmen,” terang pemain LA Lakers ini seperti dilansir NBA.com, Selasa (2/4/2013).

2. Pengumuman pensiun Kobe disampaikan lewat sebuah puisi berjudul, “Dear Basketball” yang diposting di situs the players tribune.com. Bersamaan puisi tersebut Kobe mencurahkan kecintaannya terhadap basket serta Lakers sejak masih kanak-kanak. Dan dia menyebut bahwa kini sudah saatnya berpisah dengan olahraga yang telah membesarkannya itu. “Musim ini saya akan memberikan semua yang tersisa. Jantung saya masih terus berdetak, pikiran saya masih tetap berputar, tapi tubuh saya tahu ini saatnya mengucap selamat tinggal,” tulis salah satu bait puisi Kobe dikutip NYtimes.

6 fakta yang menyertai kabar Kobe Bryant pensiun di akhir musim 2015-2016
3. Megabintang yang telah lima kali membawa Lakers meraih cincin juara, yang juga pernah terpilih sebagai MVP – baik MVP Season maupun MVP NBA Finals ini pensiun setelah absen selama sembilan bulan untuk pemulihan cedera bahu. Dengan demikian, kemungkinan besar Bryant tak akan lagi memperkuat Lakers sampai kompetisi NBA musim ini selesai bergulir. Namun, Pelatih Lakers, Byron Scott, mengaku yakin Bryant dapat segera pulih dan kembali ke lapangan sebelum kompetisi musim ini habis.
“Yang ada di pikiran saya, dia akan segera kembali bersama kami. Kecuali, dia menyatakan sesuatu yang berbeda (pensiun). Kabar itu terdengar sangat menyakitkan, dan dia butuh waktu cukup lama untuk pemulihan,” ujar Pelatih Lakers, seperti dilansir Sportmole.

4. Profesi Kobe Bryant Setelah Pensiun dari Basket. Kobe smengaku dirinya tak bisa selamanya bermain basket. Dia sedikit bercerita bahwa manusia tak bisa selamanya berkutat dalam satu hal dan terus berkuasa. “Saya ingin memperlihatkan kepada atlet lain bahwa mereka bisa memberikan sesuatu yang lebih dari potensinya. Saya ingin mereka bisa melakukan sesuatu yang lebih dari sekadar basket dan tak menjadi budak sebuah industri dan brand,” ungkap Megabintang LA Lakers ini. Hal ini jelas menarik. Kobe memang terkenal sebagai salah satu pebasket yang pintar dan luar biasa dalam berbicara. Dia pun mengaku ingin menjadi sosok pembicara yang bisa memotivasi.
“Saya sangat suka konsep story-telling. Saya ingin menginspirasi dan memotivasi banyak orang agar mereka bisa mencapai potensi terbaiknya. Saya sendiri ingin jadi motivator setelah pensiun sebagai pebasket nanti. Menjadi motivator lewat seni bercerita akan sangat baik,” urainya.

6 fakta yang menyertai kabar Kobe Bryant pensiun di akhir musim 2015-2016
5. Keputusan Kobe pensiun mengundang simpati banyak pihak. Tak hanya dari kalangan pebasket, pemain dan klub sepak bola banyak yang memberikan penghormatan kepada Bryant. Seperti David Beckahm yang melalui Instagram mengunggah foto Kobe dengan tulisan “Heroes come and go, but legends are forever.”. Kemudian dari legenda AC Milan Franco Baresi memlalui twitter. “Thank you for all the great emotions you have us. All-Time Legend @kobebryant,”. Barcelona pun juga memamerkan foto kebersamaan Kobe bersama skuat mereka dengan memegang jersey klub bernomor punggung 24. Milan juga tak lupa mengunggah foto Kobe tengah memakai jersey Rossoneri. “Everybody wants to be a Champion, you are a true LEGEND! All the best @kobebryant! #weareacmilan #KobeBryant “. Begitu juga dengan mantan bintang NBA, Shaquille O’Neal, menyarankan bintang Los Angeles Lakers, Kobe Bryant, untuk menunda rencana pensiun sebagai pemain pada musim 2015-2016 ini.

6. Rencana pensiun Kobe Bryant pun menjadi perhatian para penggemar Kobe. Lewat hashtag #ThankYouKobe para penggemar Kobe mengucapkan salam perpisahan di media sosial, Twitter. Hanya satu jam setelah ia mengumumkan gantung sepatu, nama “Kobe” pun melesat menjadi topik paling tren di dunia nomer dua. Tak lupa para penggemar Kobe pun mengunggah foto-foto Kobe Bryant yang sangat menginspirasi mereka.

Setelah bermain selama 18 musim di kompetisi basket terbesar dunia dan beberapa gelar juara berhasil ia sumbangkan pada musim 2000, 2001, 2002, 2009 dan 2010, dengan satu kostum yaitu ungu-emas khas Lakers. Karena sejak musim lalu, faktor usia membuat Bryant dihajar cedera bertubi-tubi. Maka keputusan pensiunnya saat ini bukanlah hal yang mengejutkan.