Gara – gara Bekerja Mahasiswa WNI di Tahan 12 Hari di Kairo

Aparat Keamanan Mesir telah menahan Pria  asal Jawa Timur yang berinisial ME di Sharm El Sheikh, kota wisata pesisir Laut Merah, 500 kilometer timur Kairo, Selama 12 hari karena tidak memiliki izin tinggal.Namun saat ini ME yang merupakan mahasiswa tersebut Sudah dibebaskan setelah KBRI Kairo melakukan pendekatan dengan pihak-pihak terkait di Mesir.

“ME dibebaskan setelah membuat surat pernyataan bahwa dia akan konsentrasi kuliah di Universitas Al Azhar, dan berjanji tidak akan melakukan perbuatan yang melanggar hukum,” .

Akibat ME ditahan karena menyalahi dua aturan di Mesir. Pertama, visa atau masa izin tinggal kedaluwarsa sejak setahun lalu. Kedua, dia bekerja sebagai pengantar turis (travel guide).Karena semua mahasiswa asing di Mesir dilarang bekerja yang tercatat di dalam di paspor.

Pihak KBRI Kairo  Nugroho mengatakan  bahwa banyak WNI di Mesir tidak memiliki izin tinggal karena masa berlaku visa telah habis.Maka dari itu KBRI sudah berulang kali menyuruh  kepada semua WNI, terutama mahasiswa yang masa berlaku visanya sudah habis agar segera memperbarui agar tidak melakukan pelanggaran lagi diNegara lain.