Kawah Gunung Api Soputan Luncurkan Lava Pijar Sejauh 500 meter

Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, memuntahkan lava pijar  yang mengeluarkan  material pijar dan membuat luncuran lava sejauh 500 meter ke arah barat daya.

Berdasarkan pengamatan dari Desa Silian, Kecamatan Silian, sejak Senin (2/2/2015) malam hingga Selasa (3/2/2015) pagi, Lava pijar dapat diamati  dari beberapa desa yang berada di dekat kaki Gunung Soputan yang menyemburkan lava pijar.

Petugas pos pengamatan Gunung Api Soputan, Asep, menkonfirmasi, sejak pukul 00.00 – 06.00 masih tampak sinar api yang meluncur  dan  menyemburkan kolom letusan setinggi 3.500 meter ke udara. Dengan catatan  tremor 5 hingga 10 kali dengan adanya gempa vulkanis dan gempa embusan.

Gunung Soputan  mengalami erupsi dua kali, serta ada enam kecamatan yang rawan bencana dampak letusan Soputan Kecamatan Tombatu, Tombatu Utara, Tombatu Timur, Silian, Touluaan, dan Pasan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra, Yopi Mokodaser, menegaskan bahwa  untuk  warga yang bermukim dalam radius 6,5 kilometer dari kawah agar menahan diri dulu untuk tidak beraktivitas.