Rakyat Jepang Berduka Terpenggalnya Wartawan Kenji Goto Oleh ISIS

Rakyat Jepang berduka atas kematian Kenji Goto wartawan Jepang yang dipenggal kepalanya oleh ISIS pada Sabtu 31/1/2015, Sedangan Upacara berkabung Keluarga dilangsungkan di Tokyo hari Minggu (1/2/2015) .

Dalam proses memenggal Kenji Goto dibuat video eksekusi yang mengerikan  kemudian dipasang di internet. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebut pembunuhan itu “tidak berperikemanusiaan dan merupakan tindakan teroris yang hina”, serta bersumpah tidak akan pernah melupakan para pembunuh.

 

Kenji Goto tadinya selalu dikaitkan dengan pilot pesawat tempur Yordania, Muath al-Kaseasbeh, tetapi video pemenggalan kepala yang dipasang ISIS di internet tidak menunjukkan atau menyebut keberadaan Kaseasbeh, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan nasibnya.

Beberapa jam setelah sebuah video memperlihatkan Kenji Goto berlutut disamping seorang laki-laki yang mengenakan penutup kepala dan memegang pisau di leher Goto. Sama seperti video pemenggalan kepala yang sebelumnya dipasang di internet, video itu diakhiri dengan gambar tubuh yang sudah dimutilasi.

Beberapa analis yakin pelaku eksekusi memiliki logat Inggris yang sama dengan pembunuh yang ada dalam beberapa video eksekusi ISIS sebelumnya.

Sementara rakyat Jepang berduka atas kematian wartawan Jepang, Serta kerabat pilot pesawat tempur Yordania Muath al-Kasaesbeh meminta pemerintah di Amman agar lebih terbuka tentang negosiasi untuk membebaskan pilot itu dari militan.