Bakteri Listeria yang Mematikan Terdapat pada Apel Import Amerika

Negara Amerika  sendiri memberikan peringatan terhadap warganya untuk tidak mengonsumsi  jenis apel Granny Smith dan Gala  yang diduga tercemar bakteri listeria monocytogenes yang sudah memakan korban jiwa akibat infeksi listerosis.

Bakterilisteria monocytogenes  jika masuk ke dalam tubuh  yang daya tahan tubuhnya lemah, maka ia akan mudah menyerang sistem saraf pusat. Akibatnya orang tersebut berisiko mengalami meningitis atau infeksi otak.

Untuk gejala  diawali dengan  demam, nyeri otot, mual serta diare. Apabila makin parah dan pengobatan yang dilakukan tak memadai, penderita bisa mengalami sakit kepala karena infeksi yang menjalar ke saraf pusat.

Sehingga   keseimbangan tubuh akan hilang, bingung, leher kaku, serta beberapa kasus mengalami kejang-kejang.Serta  gejala tersebut dapat berlangsung 3-70 hari setelah bakteri Listeria menginfeksi.

Di Indonesia Jenis  infeksi listerosis akibat bakteri listeria monocytogenes belum terjadi sehingga untuk  Mencegah  agar tidak dulu mengkonsumsi apel Import dari Amerika tersebut.

Apalagi bakteri listeria monocytogenes sangat rentan dialami oleh anak-anak, ibu hamil, manula, orang dengan HIV-AIDS, orang sakit,  daya tahan tubuhnya sedang lemah, bahkan orang normal sekalipun.