Makan Tinggi Lemak Hewani Bisa Juga Merusak Ginjal Kronik

Para peneliti di Klinik Cleveland mengamati bahwa peningkatan kadar Trimethylamine N-oksida (TMAO) dalam darah seseorang bisa membantu memprediksi apakah dia akan beresiko menderita gagal ginjal kronik atau tidak.

Dengan arti Pencernaan dalam usus yang berasal dari produk hewani tinggi lemak diketahui akan meningkatkan risiko penyakit jantung yang dapat  diketahui makanan tersebut juga dikaitkan dengan penyakit ginjal kronik.

“Ini menunjukkan kepada kita bahwa TMAO merupakan sebuah mediator penyakit kardiovaskular dan sekarang tampaknya menjadi mediator dalam pengembangan ginjal kronik,” kata Stanley Hazen, ketua departemen kedokteran molekuler di Lerner Research Institute di Cleveland Clinic.

Di lain pihak, seseorang yang menderita penyakit ginjal kronik juga beresiko tinggi menderita penyakit jantung. “Semakin buruk fungsi ginjal, semakin tinggi TMAO yang di dapat,” Uajarnya.

TMAO terbentuk ketika sistem pencernaan memetabolisme makanan seperti daging merah, daging sapi muda, dan kuning telur.Untuk penelitian selanjutnya  perubahan pola makan tertentu bisa mencegah terbentuknya TMAO dan mencegah penyakit ginjal. Penelitian sebelumnya telah mengaitkan TMAO dengan aterosklerosis atau penumpukan pak di pembuluh darah.