Smartphone Samsung Terkalahkan Apple Sebagai Produsen Terbesar

Apple kini telah menjadi pabrikan smartphone terbesar di dunia, “menyalip” Samsung yang sebelumnya memegang predikat smartphone terbesar, Apple mempunyai¬† angka penjualan ponsel pintar iPhone sebanyak 74,5 juta unit dalam laporan keuangan kuartal pertama tahun fiskal 2015 yang berakhir Desember tahun lalu.

Dengan laba sebesar 18 miliar dollar AS lebih besar dibandingkan jumlah smartphone yang dijual Samsung dalam periode tersebut. Apple memakai istilah “terjual” (sold) untuk iPhone sebanyak 74,5 juta.

Istilah “sold” yang dipakai Apple sedikit menyesatkan karena sebenarnya mengacu pada angka pengkapalan produk, bukan jumlah yang sampai ke tangan konsumen. Sedangkan Samsung memakai istilah “pengkapalan” (shipment) yang berarti angka penjualan sebenarnya mungkin lebih rendah.

Perusahaan asal Korsel itu mengungkapkan bahwa dari 95 juta perangkat mobile bikinannya yang dikapalkan pada kuartal yang sama, 70 persen (sekitar 67 juta unit) merupakan smartphone.

Banyak berubah dari tahun sebelumnya, di mana Samsung menjual 86 juta unit smartphone sementara Apple terpaut cukup jauh dengan angka penjualan 51 juta unit.