Press "Enter" to skip to content

Michelle Obama Berkunjung ke Arab Tanpa Kerudung Menimbulkan Kontroversi

Comments

Ibu negara Amerika Serikat, Michelle Barrack Obama sepertinya lalai mengikuti hukum berpakaian di tempat umum bagi kaum wanita di Arab Saudi. Hal ini lantaran penampilannya saat menemani sang suami, Barack Obama, saat berkunjung ke negara Arab kemarin, Selasa (27/1) waktu setempat.

 Ibu Negara Michelle  Obama   hadir dengan memakai baju longgar yang menutupi seluruh badannya, namun dia tidak mengenakan kerudung atau hijab.

Sebuah komentar dengan berbahasa Arab yang bila diterjemahkan berbunyi “Michelle Obama tanpa kerudung” atau “Michelle Obama tidak sopan” ternyata di-tweet sebanyak 2.500 kali—bukan angka yang kecil—tetapi bukan jumlah yang besar untuk negara yang penduduknya sangat menggemari Twitter.

Menelusuri kritik terhadap Michelle Obama sebagian besar warga Arab yang berkicau mengenai “Michelle Obama tanpa kerudung” bahkan bergurau tentang situasi tersebut terkait peraturan Saudi yang konservatif.

Beberapa pengguna berbagi foto Michelle Obama yang mengenakan kerudung selama kunjungannya ke Malaysia pada 2010, sementara pengguna lain menyerukan untuk lebih banyak kebebasan dalam Kerajaan Saudi.

Norma budaya  Timur Tengah kadang-kadang sulit diikuti oleh orang barat jika menyangkut kaum perempuan, namun dalam beberapa kasus tak terlalu menjadi masalah.