Pesawat Tempur F-16 Yunani Jatuh Saat Take off 10 Orang Tewas

Saat akan take off di pangkalan militer NATO di Spanyol, Senin (26/1/2015) Pesawat tempur milik Yunani jatuh serta Sepuluh orang tewas dalam kecelakaan ini.

Penyebab  pesawat F-16 jatuh karena  kehilangan tenaga saat akan mengudara serta langsung jatuh dan menghantam pangkalan udara Los Llanos di Albacete. Lima pesawat lain yang sedang terparkir juga rusak akibat ditabrak F-16 tersebut.Kementerian Pertahanan Spanyol Selasa (27/1/2015).

Pesawat dengan dua awak itu sempat melakukan kesalahan manuver. Akibatnya pesawat kehilangan kendali saat akan mengudara, yang kemudian menabrak pesawat lain dan menewaskan dua awak di dalam F-16 tersebut. Selain itu korban tewas lain disebut merupakan pilot dan mekanik yang berada di area parkir pesawat.

Pangkalan ini memang ditempati oleh militer NATO dengan personel yang juga berasal dari Amerika Serikat, Denmark, Jerman, Belgia, dan Inggris.

Salah seorang pejabat Spanyol mengatakan, pesawat tempur yang jatuh itu berpartisipasi dalam program pelatihan NATO bernama Tactical Leadership Programme (TLP). Namun, program ini bukan bagian dari struktur NATO, melainkan kesepakatan antara 10 negara anggota NATO untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan.

Dalam kecelakaan  pesawat tersebut sejumlah korban luka-luka Setidaknya ada 10 orang Perancis dan 11 orang Italia, Sejauh ini, 19 orang dirawat di Rumah Sakit. Jumlah ini termasuk lima orang yang sudah dipindahkan ke unit luka bakar di sebuah rumah sakit di Madrid. Serta 10 orang  tewas seketika yaitu  8 korban diketahui berkebangsaan Perancis, dan 2 lainnya berkebangsaan Yunani.

Saat mendengar korban yang tewas Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian dikabarkan akan segera mendatangi lokasi kejadian.Serta menteri Italia juga disebut sedang dalam perjalanan ke lokasi kejadian.