Guru Gemar Membaca, Anak Didiknya Pasti Juga Akan Gemar Membaca

Anies Baswedan mengungkapkan bahwa jika ingin para siswa di sekolah gemar membaca maka guru juga harus menunjukan hal yang sama.

Dalam sambutannya di depan ratusan guru se-Kota Ambon di Baileo Siwalima, Senin (26/1/2015), Anis mengungkapkan “Sulit mendapatkan siswa membaca jika gurunya tidak gemar membaca. Jadi bapak guru disini harus gemar membaca, para guru gemar membaca siswanya juga pasti gemar membaca,” .

Selain guru, Anies mengatakan orangtua juga memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong setiap anak gemar membaca.

”Kita ingin anak kita gemar membaca tapi sulit sekali mencari anaknya gemar membaca tapi orang tuanya tidak gemar membaca,” kata Anies.

Menurut dia, dengan mencontohkan sikap tersebut, maka para siswa bisa melakukannya dengan senang.

“Jangan menyuruh ‘hei Nak, kamu harus membaca’, tapi kita sendiri tidak membaca. Nanti anaknya menjawab di dalam hati ‘Ibu juga tidak pernah membaca’,” ungkap Anies disambut riuh para guru.

Karena itu, dia meminta kepada para orangtua dan guru untuk mengubah cara mendidik anak dan siswa untuk gemar membaca mulai saat ini dengan memberikan contoh yang baik.

Dia juga menambahkan “Jadi mulai dari sekarang harus diubah, kita harus gemar membaca supaya anak-anak kita ikut gemar mebaca. Membaca itu penting sekali,”.