Rambut Kering dan Rapuh Karena Cuaca serta Perubahan Hormon

Setiap orang  memiliki karakteristik rambutnya masing-masing. Namun yang perlu diketahui, rambut yang kering bukanlah salah satu tipe rambut.

Masalah rambut kering dapat diselesaikan jika  mengetahui apa penyebabnya, beberapa penyebab rambut kering dan  ada di bawah ini, sehinga hal kecil pun yang tidak diketahui bisa membuat ramput kita menjadi kering rapuh serta rontok.

Dengan pergantian cuaca saat ini bukan masalah kulit saja yang bisa berubah-rubah tetapi rambut seperti penjelasan di bawah ini beberapa yang dapat merusak rambut :

 Cuaca Cuaca musim panas termasuk terlalu lama terpapar matahari, berenang, dan produk-produk yang mengandung alkohol dapat membuat rambut menjadi kering. Hidup di daerah yang mengalami musim dingin pun dapat mengalami masalah rambut kering karena suhu ruangan yang terlalu hangat,” ujar Richard Marin, seorang penata rambut selebriti di Remington.
Perubahan hormon Menurut Vaught, mengonsumsi pil kontrasepsi, keadaan saat melahirkan maupun menopause selalu memberikan dampak psikologis pada tubuh yang juga mempengaruhi kondisi rambut, baik rapuh maupun kering. “Saya rekomendasikan untuk menemui dokter untuk mendiskusikan opsi perawatan,” imbuh Vaught.
 Perawatan meluruskan rambut Melakukan perawatan pelurusan rambut (smoothing) memang dapat membuat rambut menjadi halus dan mudah diatur. Namun, jenis perawatan rambut ini juga berpotensi menyebabkan rambut kering. “Perawatan ini bekerja efektif menghaluskan rambut dan menjadikannya indah, namun jika dilakukan terlalu sering maka rambut akan menjadi rapuh,” jelas Sylvia Vaught, yang juga berprofesi sebagai seorang penata rambut dari Los Angeles, Amerika Serikat.
Menyisir rambut saat masih basah. Vaught memperingatkan bahwa rambut sangat mudah rontok ketika dalam keadaan basah. Menyisir rambut saat masih basah tidak membuat rambut jadi kering, namun akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan rontok hingga ke akarnya. Ketimbang menyisir rambut saat masih basah, lebih baik menyisir dengan sisir yang sudah dibaluri cairan pelembut rambut (conditioner leave in).
Menata rambut dengan alat yang menghasilkan panas. Sebelum berangkat kerja, pasti ada di antara Anda yang menata rambut dengan alat pengering atau pelurus rambut. Bila kebiasaan ini dilakukan setiap hari, maka rambut akan kehilangan kelembabannya. “Ini akan menyebabkan kerusakan rambut yang sebetulnya tidak perlu terjadi,” tambah Vaught.
Menggunakan sampo yang salah. Tidak semua sampo cocok bagi rambut Anda. Apabila suatu hari sampo Anda habis, Vaught menyarankan untuk tidak keramas dengan sampo yang bukan milik Anda. “Lebih baik Anda membilas rambut dengan air untuk menghilangkan minyak daripada menggunakan sampo yang tidak sesuai untuk rambut Anda,” ungkap Vaught.